Skip to main content

TUGAS SENI BUDAYA

Nama          :
Kelas          :
No. Absen  :

SOAL KHUSUS ABSEN 1-10
  1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing mengenai alat apa saja yang digunakan kelompokmu dalam penyajian musik ansambel, kategorikan alat musik tersebut berdasarkan sumber bunyinya dan cara memainkannya ! (sebagai contoh : drum merupakan jenis membranophone dan teknik memainkannya dengan cara dipukul)
  2. Apakah yang dimaksud dengan alat musik ritmis? (berikan contoh sesuai dengan alat musik yang digunakan kelompokmu)
  3. Lihat gambar A1 dibawah dan sebutkan nama alat musiknya !
  4. Apakah perbedaan antara musik ansambel sekolah dan musik ansambel kolaborasi?
  5. Alat musik apakah yang paling kalian sukai? Mengapa?

 SOAL KHUSUS ABSEN 11-20
  1. Jelaskan menurut pendapatmu permasalahan yang menjadi suatu kendala di kelompokmu dalam proses berlatih ! (buat dalam bentuk deskripsi minimal 1 paragraf) !
  2. Apakah yang dimaksud dengan alat musik melodis? (berikan contoh sesuai dengan alat musik yang digunakan kelompokmu)
  3. Lihat gambar A2 dibawah dan sebutkan nama alat musiknya !
  4. Apakah perbedaan antara musik ansambel modern dan musik ansambel tradisional?
  5. Alat musik apakah yang paling kalian sukai? Mengapa?

 SOAL KHUSUS ABSEN 21-31
  1. Jelaskan kembali konsep musik yang kelompok kalian sajikan pada saat penilaian musik ansambel (buat dalam bentuk deskripsi minimal 1 paragraf) !
  2. Apakah yang dimaksud dengan alat musik harmonis? (berikan contoh yang sesuai dengan alat musik yang digunakan delompokmu jika ada)
  3. Lihat gambar A3 dibawah dan sebutkan nama alat musiknya !
  4. Kelompok kalian termasuk dalam kategori kelompok musik ansambel apa? Jelaskan! (musik ansambel modern,tradisional,sekolah atau kolaborasi)
  5. Alat musik apakah yang paling kalian sukai? Mengapa?

GAMBAR TUGAS
paket-30juta-anggasandjaka28-blogspot-com-as
GAMBAR A1
danmshbnyklagi
GAMBAR A2
alat-music-daerah-indonesia
GAMBAR A3
SELAMAT MENGERJAKAN 

Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

MEMBUAT SCRAP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Scrap card adalah kartu kreatif yang dibuat menggunakan berbagai bahan dan elemen dekoratif, seperti potongan kertas, stiker, pita, kain, dan aksesori lainnya. Scrap card biasanya digunakan untuk memberikan sentuhan personal pada kartu ucapan, undangan, atau karya seni. Konsepnya berasal dari teknik scrapbooking , yaitu menghias halaman album atau karya seni menggunakan bahan-bahan dekoratif yang beragam. Karakteristik Scrap Card: Kreativitas Tinggi : Dibuat dengan desain unik dan personal, mencerminkan tema atau pesan yang ingin disampaikan. Material Beragam : Menggunakan bahan-bahan seperti kertas karton, kertas berpola, kain, pita, tombol, dan stiker. Dimensi : Dapat bersifat 2D atau 3D, tergantung pada dekorasi yang digunakan. Fungsi Personal dan Emosional : Cocok untuk ucapan selamat ulang tahun, ucapan terima kasih, undangan pernikahan, atau sekadar hadiah untuk seseorang. Cara Membuat Scrap Card: Persiapkan Bahan: Karton atau kertas tebal untuk dasar kartu. Gunting, lem, dan al...

MENENTUKAN JENIS DAN MACAM PERMAINAN TRADISIONAL TERKAIT REVITALISASI

BIASAKAN MEMBACA SAMPAI AHIR !!! Sebelum membahas lebih jauh tentang menentukan jenis dan macam permainan tradisionla, ada hal yang perlu dilakukan yaitu: Siswa membentuk kelompok berjumlah 5 sampai 6 anggota  Anggota Kelompok terdiri dari siswa heterogen (siswa putra & putri) Dalam 1 kelas berjumlah 6 kelompok Siswa dalam 1 kelompok duduk dikursi dengan posisi melingkar dan ada meja di tengah TUGAS INDIVIDU!!! Panduan mengerjakan: Soal dan jawaban ditulis di kertas Setiap siswa menulis dan menjawab soal Apa yang dimaksud dengan revitalisasi permainan tradisional? Permainan tradisional apa yang paling potensial untuk direvitalisasi di Indonesia? Mengapa? Bagaimana cara memodifikasi permainan tradisional agar tetap menarik bagi generasi muda tanpa menghilangkan nilai tradisionalnya? Peran apa yang dapat dimainkan oleh pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam upaya revitalisasi permainan tradisional? Bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung revitalisasi permainan t...