Skip to main content

Seni Budaya - MENYUSUN GERAK TARI BERDASARKAN RUANG, WAKTU, DAN TENAGA

Materi PJJ SENI BUDAYA

MENYUSUN GERAK TARI  BERDASARKAN RUANG, WAKTU,  DAN TENAGA


PEMETAAN KOMPETENSI 

Kompetensi Dasar  

3.2 Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan 

4.2 Memperagakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan


Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.1 Mengidentifikasi karakteristik gerak tari di dalam ruang, waktu, dan tenaga 

4.2.2 Menyusun gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan  

4.2.1 Membuat gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan 

4.2.2 Menyusun gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan


TUJUAN PEMBELAJARAN 

1. Dengan membaca deskripsi tari dan mengamati beberapa gambar/ video tari, Ananda dapat membedakan pengolahan unsur gerak pada tari tunggal dan tari kelompok dengan benar. 

2. Setelahmenganalisisbeberapagambar/videotariberdasarkan ruang, waktu, dan tenaga, Ananda dapat merumuskan karakteristik gerak tari di dalam ruang, waktu, dan tenaga dengan tepat. 

3. Setelah mengkaji beberapa gambar/video tari, Ananda dapat menentukan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan dengan tepat. 

4. Setelah mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga, Ananda dapat menganalisis ruang, waktu, dan tenaga yang digunakan dalam gerak tari dengan benar


AKTIVITAS 1 

MERUMUSKAN KARAKTERISTIK GERAK TARI BERDASARKAN RUANG, WAKTU, DAN TENAGA

Setiap hari Ananda pasti melakukan gerak. Gerak yang Ananda lakukan itu mengisi ruang, membutuhkan waktu, dan memerlukan tenaga. Ketiga hal tersebut merupakan kesatuan yang utuh. Seorang penari harus mampu mengolah ruang,waktu,dan tenaga sehingga gerak yang dilakukan terlihat dinamis. Pengolahan unsur gerakpada taritunggalberbedadengan tariberpasangan dan juga tari berkelompok. Pada tari tunggal kemampuan individu lebih menonjol, sedangkan pada tari berpasangan dibutuhkan kemampuan saling mengisi gerak, kerjasama, dan kekompakan. 

1. Tari Gambir Anom 

Tautan Tari Gambir Anom: 

Tari Gambir Anom Youtube



Gambir Anom adalah Tari yang berasal dari Jawa Tengah dan sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam. Tarian ini mengisahkan tentang anak Arjuna yang tengah dimabuk cinta. Tari Gambir Anom dimainkan oleh seorang pria berbusana khusus dengan gaya yang lemah lembut dan selama pementasan tarian akan diiringi musik khas Jawa yang sedikit rancak


2.Tari Jaipong 

Tautan Tari Jaipong Tunggal:

Tari Jaipong Tautan Tari Jaipong Tunggal:

Tari Jaipong Youtube


Tari ini berasal dari daerah Parahiyangan. Tari ini dibawakan oleh seorang penari wanita yang menggunakan kain kebaya. Hal ini dimaksudkan agar penonton dapat menyimak gerakan-gerakan lengkung yang dihasilkan si penari tetap terkesan lembut dan feminin. Tari ini diiringi oleh seperangkat alat musik gamelan Sunda yang berkesan dinamis


3. Tari Serampang Dua Belas 

Tautan Tari serampang 12

Tari Serampangan 12 YT


TariSerampang DuaBelas adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang dimainkan oleh beberapa penari pria dan wanita secara berpasangan. Selain kaya akan nilaiseni, tarian ini juga kaya akan makna dan nilai-nilai kehidupan di dalamnya


4. Tari Pakarena 

Tautan Tari Pakarena : Tradisi Dari Gowa Sul-Sel (1951) 

Youtube


Tari Pakarena merupakan tarian tradisional dari Sulawesi Selatan yang diiringi oleh 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrument alatsemacamsuling (puik -puik).Selain tari pakarena yang selama ini dimainkan oleh maestro tari pakarena MaccoppongDaengRannu (alm) di kabupatenGowa, juga ada jenis taripakarenalainyangberasaldariKabupatenKepulauanSelayar yaitu Tari Pakarena Gantarang.


5. Tari Gantar 

Tautan Tari Gantar 

https://www.youtube.com/watch?v=qUXV6B6GMUA



Tari Gantar merupakan jenis tarian pergaulan antara muda mudi yang berasal dari Suku Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Tarian ini melambangkan kegembiraan dan juga keramah tamahan suku Dayak dalam menyambut tamu yang datang berkunjung, baik sebagaiwisatawan,investor,atauparatamuyangdihormati.Tamu -tamu bahkan diajak ikut menari bersama para penari. Setelah Ananda mengamati beberapa tarian maka Ananda akan merasakan adanya perbedaan berupa gerak maupun iringannya. Setiap tarianmemiliki karakteristik gerak di dalamruang,waktu, dan tenaga yang berbeda. 

Beberapa karakteristik gerak di dalam ruang, waktu, dan tenaga yang harus diperhatikan ketika melakukan pengolahan gerak tari, antara lain: 1) Menggunakan tubuh manusia sebagai instrumen dan gerak sebagai mediumnya, 2) Terkait dengan ruang, tenaga, dan waktu, 3) Terkait denganritme, 4) Mempunyai bentuk dan gaya, 5) Alat komunikasinonverbal, 6) Mengungkapkan emosi atau perasaan dan pikiran manusia, 7) Terkait denganbudaya. Jadi, ketika seseorang melakukan gerak, ketujuh hal tersebut muncul secara bersamaan. Inilah pentingnya mengolah gerak karena merupakan bahasa komunikasi nonverbal yang memiliki makna dan menyampaikan pesan. 



Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

TEMA KEARIFAN LOKAL TOPIK PERMAINAN TRADISIONAL           Kearifan lokal merupakan suatu bentuk kearifan lingkungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat berupa tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan tempat atau daerah hidupnya. Sebagai salah satu bentuk perilaku manusia, kearifan lokal bukanlah suatu hal yang statis, melainkan berubah sejalan dengan waktu atau dinamis, tergantung dari tatanan dan ikatan sosial budaya yang ada di masyarakat.           Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah 34 provinsi yang kaya dengan keberagaman budaya seperti kesenian, rumah adat, senjata perang, pakaian tradisional, hingga permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki kaitan erat dengan masyarakat. Permainan tradisional juga memiliki kandungan filosofi dan nilai-nilai sejarah tertentu tergantung masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Beragam c...

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

CILACAP BERCAHAYA Cilacap bercahaya, sesanti kita semua. Pembangkit semangat juang, bangun daerah kita. Bersih dan elok, rapi, ceria dan hijau, serta aman dan jaya. Pasti berkilau. Landasan pancasila,.membangun etos kerja. Berisi nur Illahi, disanubari Bangun terus daerah kita, menuju sejahtera. Untuk seluruh rakyat cilacap tercinta