DAFTAR KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA


DAFTAR KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA
SMP ______________


PETUNJUK PENGISIAN


Instrumen ini bukalah sebuah tes atau pun ujian, melainkan sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan masalah siswa pada bidang pribadi, sosial, belajar dan karir yang disesuaikan dengan delapan tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP/MTs
Sebelum mengisi Anda diharapkan membaca kemudian menjawab dengan jujur dan sungguh-sungguh, agar dapat dipergunakan dengan sepenuhnya untuk membantu mengatasi  permasalahan yang sedang Anda hadapi dan dapat dipergunakan untuk memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling secara tepat.
Anda diminta untuk menjawab langsung dengan memberi check list (V) pada kolom yang tersedia. Jawablah semua pernyataan tanpa ada yang terlewatkan, jawaban Anda tidak akan mempengaruhi prestasi belajar. Jangan lupa menuliskan identitas Anda. Semua jawaban yang Anda berikan akan di rahasiakan.
Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengisi daftar kebutihan dan masalah siswa ini.

                                                                                                       Godean,     Juli  2014
                                                                                                       Hormat Kami


                                                                                                       _________________













A.      Berilah tanda Check List  (Ñ´) pada kolom “Ya”  jika pernyataan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan masalah Anda. Dan berilah check list (V)  pada kolom Tidak” jika pernyataan tersebut tidak  sesuai denga kebutuhan dan masalah Anda.

NO
PERTANYAAN/ PERNYATAAN
YA
TDK
1
Saya ingin mengenal struktur kurikulum yang berlaku saat ini


2
Saya ingin mengetahui tentang cara-cara belajar di SMP


3
Saya belum mengerti teknik belajar yang sesuai dengan diri saya


4
Saya ingin mengetahui sarana prasarana belajar disekolah


5
Saya tidak mempunyai ruang belajar di rumah


6
Saya ingin mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar


7
Saya belum dapat belajar secara rutin


8
Saya belajarnya jika akan ada ulangan atau ujian saja


9
Saya merasa kesulitan dalam memahami pelajaran


10
Saya tidak ada semangat belajar karena fasilitas tidak memadai


11
Orang tua kurang peduli dengan kegiatan belajar saya


12
Saya ingin mengetahui dampak menyontek


13
Saya tidak tahu bagaimana menumbuhkan motivasi belajar


14
Saya belum tahu bagaimana cara belajar efektif dan efisien


15
Saya ingin mengetahui syarat-syarat kenaikan kelas


16
Saya ingin mengetahui cara meningkatkan konsentrasi belajar


17
Saya membutuhkan informasi cara belajar kelompok


18
Saya kurang mengenal fasilitas yang mendukung proses belajar


19
Saya membutuhkan informasi syarat-syarat kelulusan


20
Saya ingin mengetahui kiat sukses dalam menghadapi Ujian


21
Kurang semangat dalam belajar karena orang tua belum memenuhi permintaan saya


22
Saya kesulitan dalam menyusun jadwal belajar di rumah


23
Saya tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah


24
Saya membutuhkan informasi tentang kesehatan reproduksi


25
Saya mempunyai masalah dengan teman di sekolah


26
Saya sedang mempunyai masalah dengan pacar


27
Saya senang menghabiskan waktu dengan main game on line


28
Orang tua tidak pernah memberi uang  saku kepada saya


29
Saya ingin mengetahui bagaimana cara memperoleh beasiswa


30
Saya ingin mengetahui cara  memutuskan hubungan dengan pacar









NO
PERTANYAAN/ PERNYATAAN
YA
TDK
31
Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua


32
Saya belum bisa rutin dalam menjalankan ibadah


33
Saya sulit mencintai orang lain karena pernah patah hati


34
Kondisi keluarga saya sedang tidak harmonis


35
Saya sering lupa waktu jika sedang bermain/membuka sosial media (Facebook, WeChat, Line, WhatsApp,Tweeter, Path, Instagram dll)


36
Saya tidak betah tinggal di rumah


37
Saya merasa malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis


38
Cinta saya tidak ditanggapi oleh orang yang saya cintai


39
Saya mempunyai masalah dengan anggauta keluarga di rumah


40
Saya jarang mengucapkan terima kasih ketika diberi orang lain


41
Saya kurang percaya diri jika berbicara di depan orang banyak


42
Saya kurang dapat bersyukur atas karunia Tuhan YME


43
Saya kurang mampu mengendalikan diri dan berfikir positif


44
Saya takut bertanya atau menjawab di kelas


45
Hand phone tidak pernah lepas dari kehidupan saya sehari-hari


46
Saya malu jika membicarakan masalah seks & pacar kpd orang tua


47
Saya ingin mengetahui cara bertoleransi antar umat beragama


48
Saya sukar bergaul dengan teman-teman di sekolah


49
Saya jarang meminta maaf jika melakukan kesalahan thd orang lain


50
Saya ingin mengetahui dampak tawuran


51
Saya ingin mengetahui cara mengisi waktu luang


52
Saya sulit mematuhi tata tertib di sekolah


53
Saya ingin mengetahui kegiatan  OSIS di sekolah


54
Saya ingin mengetahui jenis-jenis organisasi di masyarakat


55
Saya ingin mengenal lebih dekat guru dan karyawan di sekolah


56
Saya ingin mengetahui dampak merokok dan minuman keras


57
Saya ingin mengetahuidampak Narkoba dan AIDS


58
Saya ingin mengetahui tata krama/etika di sekolah


59
Saya sulit untuk mengambil keputusan


60
Saya sering beda pendapat dengan orang lain











NO
PERTANYAAN/ PERNYATAAN
YA
TDK
61
Kata  “tolong” jarang saya ucapkan sebelum menyuruh orang


62
Saya ingin mengetahui tentang kenakalan remaja


63
Saya ingin mengetahui tentang bullying


64
Saya ingin mengetahui macam-macam ekstrakurikuler di sekolah


65
Saya tidak memiliki kemampuan untuk mendaftar secara on line


66
Saya tidak mempunyai kecerdasan untuk melanjutkan studi


67
Saya terpaksa harus bekerja karena kondisi ekonomi tidak cukup


68
Saya bingung belum mempunyai cita-cita


69
Saya membutuhkan informasi strategi melanjutkan studi


70
Saya ingin mengetahui lebih dalam tentang peminatan


71
Saya bingung memilih antara melanjutkan studi atau tidak karena kondisi ekonomi orang tua yang kurang mendukung


72
Saya belum memiliki rencana yang pasti tentang kelanjutan studi


73
Saya pesimis akan kelanjutan studi karena biaya sekolah mahal


74
Saya ingin mengetahui syarat-syarat kelanjutan studi di SMA/SMK


75
Saya kurang dapat menyalurkan bakat dan minat di sekolah


76
Orang tua saya tidak mempunyai penghasilan yang tetap


77
Cita-cita saya tidak sejalan dengan orang tua


78
Saya khawatir tidak dapat naik kelas atau lulus sekolah


79
Saya masih ragu dengan cita-cita saya


80
Saya ingin mengetahui tentang bakat dan minat




B.     Tulislah masalah yang Anda alami saat ini yang tidak terdapat dalam pernyataan-pernyataan di atas.
1.      ................................................................................................................................
2.      ................................................................................................................................
3.      ................................................................................................................................

C.     Lihatlah kembali masalah-masalah yang telah Anda tandai. Dari masalah-masalah tersebut, tulislah nomor masalah yang menurut Anda perlu segera di selesaikan
................................................................................................................................
................................................................................................................................

______,  ....................................  2014
Tertanda


...............................................................
NIS.   .....................................................






Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA