Instrumen Evaluasi Bimbingan dan Konseling
1. Evaluasi
Proses
Untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan dalam
program pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, dituntut proses
pelaksanaan bimbingan dan konseling yang mengarah pada tujuan yang diharapkan.
Dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah banyak faktor yang
terlibat yang perlu dievaluasi, terutama yang terkait dengan pengelolaan
pelayanan bimbingan dan konseling. Faktor pengelolaan yang perlu di evaluasi,
meliputi;
a. Organisasi dan administrasi
program pelayanan bimbingan dan konseling
b. Petugas pelaksanaan atau
personel (tenaga profesional) dan bukan profesional.
c. Fasilitas dan perlengkapan
1) Fasilitas teknis seperti;
tes, inventori, format-format dan sebagainya
2) Fasilitas fisik seperti;
ruang kerja konselor, ruang konseling,
ruang tunggu, ruang pertemuan, ruang adminisrasi, ruang penyimpanan instrumen,
ruang penyimpanan data.
3) Perlengkapan seperti; meja,
kursi, filling kabinet, files, lemari dan sebagainya.
d. Anggaran biaya
Anggaran biaya yang perlu dipersiapkan adalah untuk pos-pos
seperti; honorarium pelaksana, pengadaan dan pemeliharaan sarana fisik dan
perlengkapan, biaya operasional (perjalanan, kunjungan rumah, penilaian dan
penelitian)
1.
Evaluasi:
proses untuk menentukan derajat kualitas
kemajuan kegiatan Yang berkaitan dengan pelaksanaan program konseling dengan
mengacu pada kriteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program yang
dilaksanakan
CONTOH INSTRUMENT
EVALUASI PROSES
BIMBINGAN DAN KONSELING
NO
|
ASPEK
|
DESKRIPSI
|
A
|
Kesesuaian Program
|
1. Materi layanan sesuai tugas perkembangan dan kebutuhan
konseli
2. Proram layanan di laksanakan sesuai
perencanaan
3. Volume waktu sesuai perencanaan
4. .................................................................
5.
.......................................................................
|
B
|
Antusiasme peserta didik
|
1.
Semua peserta didik hadir
2.
Semua peserta didik mengerjakan tugas
3.
Semua peserta didik ikut berdiskusi
4.
Lima Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi
5.
Delapan peserta didik menanggapi hasil
diskusi
6.
.......................................................
7.
...............................................................
|
C
|
Ketersediaan sarana
|
1.
Ruangan yang digunakan memadai
2.
LCD, Laptop alat tulis memadai
3.
Instrument tersedia lengkap dan mencukupi
4.
................................................................
5.
..............................................................
|
D
|
Dukungan terhadap mata pelajaran
|
1. Materi
layanan mendukung semua mata pelajaran
2. ......................................................................
|
INSTRUMENT PENILAIAN
PROSES
NO
|
PROSES YANG DINILAI
|
HASIL PENGAMATAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Kesesuaiaan
Program
|
|
|
|
1
|
Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli
|
|
|
|
2
|
Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
3
|
Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli
|
|
|
|
B
|
Keterlaksanaan
program
|
|
|
|
1
|
Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP
|
|
|
|
2
|
Waktu pelaksanaan sesuai dengan satlan/RPP
|
|
|
|
3
|
Metode yang digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
4
|
Menggunakan media layanan Bk
|
|
|
|
5
|
Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputti
pembukaan sampai evaluasi
|
|
|
|
C
|
Konseli /
peserta didik Antusias
|
|
|
|
|
Peserta didik bertanya pada guru
|
|
|
|
|
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
Peserta didik mengerjakan tugas yg diberikan guru
|
|
|
|
D
|
Kehadiran
Peserta didik
|
|
|
|
1
|
Peserta didik hadir semua
|
|
|
|
2
|
Peserta didik hadir lebih dari 75 %
|
|
|
|
3
|
Peserta didik yang Tidak hadir lebih dari 25 %
|
|
|
|
E
|
Ketersediaan sarana
prasarana
|
|
|
|
1
|
Meja kursi tempat peserta didik lengkap dan nyaman
|
|
|
|
2
|
Papan Tulis, alat tulis tersedia
|
|
|
|
3
|
Ruangan bersih dan nyaman
|
|
|
|
4
|
Instrumen dan buku sumber yang diperlukan tersedia
|
|
|
|
5
|
Pencahayaan ruangan mencukupi
|
|
|
|
F.
|
Dukungan terhadap
mata pelajaran
|
|
|
|
1
|
Materi layanan mendukung semua mata pelajaran
|
|
|
|
2
|
Materi layanan hanya mendukung sebagian mata
pelajaran
|
|
|
|
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda