Angket Kebutuhan Siswa dalam Materi Layanan BK
|
PEMERINTAH __________________
DINAS ____________
SEKOLAH MENENGAH __________________
Alamat :
________________________________________________
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama Siswa :
______________
Kelas : ______________
ANGKET
KEBUTUHAN SISWA DALAM MATERI LAYANAN BK
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah
materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda
diminta untuk memberikan cek list (v) pada kolom disamping setiap butir materi
siswa dengan kebutuhan anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban yang salah
yang penting adalah bagaimana kejujuran anda menjawab. Angket ini sama sekali
tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan anda sehingga tidak ada hubungan atau
mempengaruhi hasil prestasi belajar. Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewatkan. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas
waktu tertentu tetapi anda diharapkan untuk menyelesaikan dengan cepat, jangan
lupa menuliskan identitas pada tempat yang disediakan.
MATERI PELAYANAN BK
NO
|
MATERI PENGEMBANGAN BK
|
S
|
C
|
K
|
1
|
Pengenalan
sekolah (MOS, Kesiswaan, tata tertib sekolah)
|
|
|
|
2
|
Sosialisasi kurikulum
|
|
|
|
3
|
Informasi penjurusan SMA
|
|
|
|
4
|
Pemahaman
diri
|
|
|
|
5
|
Konsep
diri
|
|
|
|
6
|
Tata
Krama
|
|
|
|
7
|
Eksplorasi
Potensi Dasar Belajar
|
|
|
|
8
|
Psikologi
Remaja
|
|
|
|
9
|
Kecerdasan
emosi dan Pengendalian diri
|
|
|
|
10
|
Menigkatkan
rasa percaya diri
|
|
|
|
11
|
Mengembangkan
Kreatifitas
|
|
|
|
12
|
Menjadi
pribadi mandiri
|
|
|
|
13
|
Kemampuan
umum/IQ
|
|
|
|
14
|
Bakat
dan minat
|
|
|
|
15
|
Kepribadian
|
|
|
|
16
|
Penempatan
siswa di kelas
|
|
|
|
17
|
Penempatan
siswa dalam kegiatan ekskul
|
|
|
|
18
|
Gambaran
Penempatan dalam Penjurusan
|
|
|
|
19
|
Membuat
jadwal harian
|
|
|
|
20
|
Memanfaatkan
waktu luang
|
|
|
|
21
|
Mematuhi
tata tertib
|
|
|
|
22
|
Belajar
efektif dan efisien
|
|
|
|
23
|
Berfikir
positif
|
|
|
|
24
|
Problem
solving
|
|
|
|
25
|
ESQ
mendasari perencanaan masa depan
|
|
|
|
26
|
Mengukur
kelemahan dan kekuatan diri
|
|
|
|
27
|
Nilai-nilai
kehidupan
|
|
|
|
28
|
Kiat
menyalurkan bakat, minat dan kegemaran
|
|
|
|
29
|
Hidup
Sehat
|
|
|
|
30
|
Etika
pergaulan
|
|
|
|
31
|
Solidaritas
|
|
|
|
32
|
Penempatan
siswa dalam kegiatan ekskul
|
|
|
|
33
|
Persahabatan
|
|
|
|
34
|
Mengembangkan
kreatifitas
|
|
|
|
35
|
Motivasi
berprestasi
|
|
|
|
36
|
Dunia
pergaulan
|
|
|
|
37
|
Meningkatkan
rasa percaya diri
|
|
|
|
38
|
Pengaturan
posisi duduk dan pembentukan kelompok belajar
|
|
|
|
39
|
Mengendalikan
diri
|
|
|
|
40
|
Merencanakan masa depan
|
|
|
|
I.
Tulislah kebutuhan
pelayanan BK lainnya yang belum tercantum dalam table diatas :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
II.
Tulislah saran anda
untuk kemajuan pelayanan BK :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Keterangan :
S : Sangat dibutuhkan
C : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutuhkan
|
PEMERINTAH __________________
DINAS ____________
SEKOLAH MENENGAH __________________
Alamat :
________________________________________________
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama Siswa :
______________
Kelas : ______________
ANGKET
KEBUTUHAN SISWA DALAM MATERI LAYANAN BK
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah
materi layanan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk
memberikan cek list (v) pada kolom disamping setiap butir materi siswa dengan
kebutuhan anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban yang salah yang penting
adalah bagaimana kejujuran anda menjawab. Angket ini sama sekali tidak
dimaksudkan untuk menilai kemampuan anda sehingga tidak ada hubungan atau
mempengaruhi hasil prestasi belajar. Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewatkan. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas
waktu tertentu tetapi anda diharapkan untuk menyelesaikan dengan cepat, jangan
lupa menuliskan identitas pada tempat yang disediakan.
MATERI
PELAYANAN BK
NO
|
MATERI PENGEMBANGAN BK
|
S
|
C
|
K
|
1
|
Tata tertib sekolah
|
|
|
|
2
|
Pengenalan belajar dikelas XI
|
|
|
|
3
|
Menjalankan
ibadah sesuai agama yang dianut
|
|
|
|
4
|
Memahami kekurangan dan kelebihan cara belajar dikelas X
|
|
|
|
5
|
Mengenal dan mengembangkan diri
|
|
|
|
6
|
Memberdayakan kecerdasan emosi dalam belajar
|
|
|
|
7
|
Tugas dan tahap perkembangan remaja
|
|
|
|
8
|
Bimbingan teman sebaya
|
|
|
|
9
|
Budi pekerti bagi remaja
|
|
|
|
10
|
Informasi tentang kecerdasan (IQ, EQ, SI, ESQ)
|
|
|
|
11
|
Menjalankan ibadah agama sesuai ajaran yang dianut *)
|
|
|
|
12
|
Pengaturan
posisi duduk,pemilihan pengurus kelas dan petugas piket **)
|
|
|
|
13
|
Pembentukan kelompok belajar
**)
|
|
|
|
14
|
Menyusun jadwal harian
|
|
|
|
15
|
Hubungan
teman sebaya yang sehat
|
|
|
|
16
|
Mengembangkan kompetensi komunikasi
|
|
|
|
17
|
Belajar efektif dan efisien
|
|
|
|
18
|
Etika bergaul
dengan lawan jenis
|
|
|
|
19
|
Strategi
pemecahan masalah dalam pelanggaran tata tertib sekolah
|
|
|
|
20
|
Pengaturan
waktu belajar yang efektif dengan kegiatan ekstra kurikuler
|
|
|
|
21
|
Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan cara belajar
|
|
|
|
22
|
Orientasi
belajar di kelas XII
|
|
|
|
23
|
Orientasi
Perguruan Tinggi dan cita-cita di masa depan
|
|
|
|
24
|
Mengembangkan
sikap dan kebiasaan efektif dalam belajar
|
|
|
|
25
|
Peranan
motivasi dalam kegiatan belajar
|
|
|
|
26
|
Manajemen Pergaulan
|
|
|
|
27
|
Informasi bahaya narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS
|
|
|
|
28
|
Kunjungan Perguruan Tinggi
|
|
|
|
29
|
Pembagian
tugas mata pelajaran dalam kelompok diskusi maupun tugas lainnya *)
|
|
|
|
30
|
Hubungan
antara minat,bakat,pekerjaan dan pendidikan
|
|
|
|
31
|
Mengembangkan kompetensi memecahkan masalah
|
|
|
|
32
|
Analisa SWOT
|
|
|
|
33
|
Perilaku hidup sehat
|
|
|
|
34
|
Persiapan
belajar dalam menghadapi ulangan
|
|
|
|
35
|
Perkembangan remaja dan masalahnya
|
|
|
|
36
|
Memahami program studi di Perguruan Tinggi
|
|
|
|
37
|
Mencermati
Peranan dan Pengaruh media massa bagi kehidupan pelajar
|
|
|
|
38
|
Meningkatkan displin diri
|
|
|
|
39
|
Informasi tentang jenis-jenis perguruan tinggi dan pekerjaan
|
|
|
|
40
|
Toleransi dan solidaritas
|
|
|
|
III. Tulislah kebutuhan pelayanan BK lainnya yang belum
tercantum dalam table diatas :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
IV.
Tulislah saran anda
untuk kemajuan pelayanan BK :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Keterangan :
S : Sangat dibutuhkan
C : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutuhkan
*) : Bekerjasama dengan guru mata pelajaran
**) : Bekerjasama dengan wali
kelas
|
PEMERINTAH __________________
DINAS ____________
SEKOLAH MENENGAH __________________
Alamat :
________________________________________________
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama Siswa :
______________
Kelas : ______________
ANGKET KEBUTUHAN SISWA DALAM MATERI LAYANAN BK
Petunjuk :
Berikut
ini terdapat sejumlah materi layanan konseling yang dapat diberikan kepada
siswa. Anda diminta untuk memberikan cek list (v) pada kolom disamping setiap
butir materi siswa dengan kebutuhan anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban
yang salah yang penting adalah bagaimana kejujuran anda menjawab. Angket ini
sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan anda sehingga tidak ada
hubungan atau mempengaruhi hasil prestasi belajar. Anda diminta untuk mengisi
semua nomor tanpa ada yang terlewatkan, untuk menyelesaikan angket ini tidak
ada batas waktu tertentu tetapi anda diharapkan untuk menyelesaikan dengan
cepat, jangan lupa menuliskan identitas pada tempat yang disediakan.
MATERI
PELAYANAN BK
NO
|
MATERI
PENGEMBANGAN BK
|
S
|
C
|
K
|
1.
|
Tata
tertib sekolah
|
|
|
|
2
|
Pengenalan belajar di kelas XII
|
|
|
|
3
|
Orientasi dan Aspirasi Jabatan Karir
|
|
|
|
4
|
Identifikasi Karir
|
|
|
|
5
|
Konsep Dasar untuk sukses ujian
|
|
|
|
6
|
Kemampuan akademik dan psikologis untuk hidup sukses
|
|
|
|
7
|
Keberhasilan
belajar di sekolah
|
|
|
|
8
|
Menghargai diri sendiri dan orang lain
|
|
|
|
9
|
Kunjungan ke Perguruan Tinggi PTN/PTS
|
|
|
|
10
|
Informasi perolehan PTN/PTS dari kelulusan siswa tahun
sebelumnya
|
|
|
|
11
|
Menjalankan ibadah agama sesuai dengan ajaran yang
dianut *)
|
|
|
|
12
|
Pentingnya belajar bersama berpedoman bahwa belajar itu
perintah Tuhan YME
|
|
|
|
13
|
Presentasi
dari narasumber (dosen,alumni atau petugas khusus dari lembaga) tentang PTN/PTS,Luar Negeri melalui jalur PMDK/non
tes dan UM/SNMPTN
|
|
|
|
14
|
Pameran
pendidikan/Career Day
|
|
|
|
15
|
Pengaturan posisi duduk,pemilihan pengurus kelas dan
petugas piket **)
|
|
|
|
16
|
Pembentukan
kelompok belajar
|
|
|
|
17
|
Hidup
diantara komunitas
|
|
|
|
18
|
Hubungan antara sekolah dengan pekerjaan
|
|
|
|
19
|
Sukses Dalam Karir
|
|
|
|
20
|
Pelaksanaan tes psikologi/psikotes untuk menentukan jurusan di PT
|
|
|
|
21
|
Perilaku
Hidup Sehat
|
|
|
|
22
|
Informasi
pendaftaran PTN/PTS melalui jalur PMDK/non tes dan UM/SNMPTN/tes
|
|
|
|
23
|
Penyaluran
dalam kesempatan mengikuti seleksi PTN/PTS melalui jalur PMDK/non tes maupun
UM/SNMPTN/tes.
|
|
|
|
24
|
Pilihan
pengayaan belajar dan bimbel
|
|
|
|
25
|
Kerjasama dalam kelompok belajar **)
|
|
|
|
26
|
Pemantapan cita-cita dan masa depan
|
|
|
|
27
|
Motivasi
belajar dan berprestasi
|
|
|
|
28
|
Persiapan
menghadapi ulangan,UN,tes PTN/PTS
|
|
|
|
29
|
Pemahaman potensi,minat,bakat dan kemampuan untuk
pemilihan PTN/PTS
|
|
|
|
30
|
Bimbingan
kelompok tentang pilihan program studi yang tepat di Perguruan Tinggi
|
|
|
|
31
|
Try out UN dan tes masuk PTN/PTS bekerja sama dengan
pihak sekolah maupun lembaga terkait.
|
|
|
|
32
|
Hambatan atau permasalahan untuk meraih kesuksesan di
masa depan
|
|
|
|
II. Tulislah kebutuhan pelayanan BK lainnya yang belum
tercantum dalam tabel di atas :
………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………..
III. Tulislah saran anda untuk kemajuan pelayanan BK :
........................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
Keterangan :
S : Sangat dibutuhkan
C : Cukup dibutuhkan
K :
Kurang dibutuhkan
*) :
Bekerjasama dengan guru mata pelajaran
**): Bekerjasama dengan wali kelas
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda