CONTOH ANGKET PRIBADI
Contoh :
Berilah tanda
Check List (Ѵ) pada kolom “Ya” jika
pernyataan/pertanyaan tersebut sesuai denga kebutuhan Anda. Dan berilah check
list (v) “
Tidak” jika pernyataan/pertanyaan tersebut tidak sesuai denga kebutuhan Anda.
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TDK
|
1
|
Saya ingin mengetahui sarana dan prasarana sekolah
|
|
|
2
|
Saya ingin mengetahui macam-macam ekstrakurikuler di sekolah
|
|
|
3
|
Saya membutuhkan informasi tentang kesehatan reproduksi
|
|
|
4
|
Saya kurang mampu mengendalikan diri
|
|
|
5
|
Saya takut bertanya atau menjawab di kelas
|
|
|
6
|
Orang tua saya tidak menghendaki saya sekolah di sini
|
|
|
7
|
Saya selalu khawatir tidak mendapatkan pacar
|
|
|
8
|
Saya mempunyai masalah dengan kakak/adik di rumah
|
|
|
9
|
Cita-cita saya tidak sejalan dengan orang tua
|
|
|
10
|
Saya merasa sukar untuk bergaul
|
|
|
11
|
Saya kurang mendapat perhatian dari lawan jenis
|
|
|
12
|
Kondisi keluarga saya tidak harmonis
|
|
|
13
|
Saya terpaksa harus bekerja karena kondisi ekonomi tidak cukup
|
|
|
14
|
Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua
|
|
|
15
|
Saya tidak betah tinggal di rumah
|
|
|
16
|
Saya tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah
|
|
|
17
|
Saya sering beda pendapat dengan orang lain
|
|
|
18
|
Saya sulit menerima kekalahan
|
|
|
19
|
Saya sulit mencintai orang lain karena pernah patah hati
|
|
|
20
|
Saya khawatir tidak dapat naik kelas / lulus sekolah
|
|
|
A.
MENAFSIR HASIL ANGKET
Hitunglah
jumlah tiap tiap item pertanyaan/pernyataan sesuai dengan jawaban siswa,
kemudian hitung prosentasenya.
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
JML
|
%
|
1
|
Saya ingin mengetahui sarana dan prasarana sekolah
|
|
|
2
|
Saya ingin mengetahui macam-macam ekstrakurikuler di sekolah
|
|
|
3
|
Saya membutuhkan informasi tentang kesehatan reproduksi
|
|
|
4
|
Saya kurang mampu mengendalikan diri
|
|
|
5
|
Saya takut bertanya atau menjawab di kelas
|
V
|
|
6
|
Orang tua saya tidak menghendaki saya sekolah di sini
|
|
|
7
|
Saya selalu khawatir tidak mendapatkan pacar
|
|
|
8
|
Saya mempunyai masalah dengan kakak/adik di rumah
|
|
|
9
|
Cita-cita saya tidak sejalan dengan orang tua
|
|
|
10
|
Saya merasa sukar untuk bergaul
|
|
|
11
|
Saya kurang mendapat perhatian dari lawan jenis
|
|
|
12
|
Kondisi keluarga saya tidak harmonis
|
|
|
13
|
Saya terpaksa harus bekerja karena kondisi ekonomi tidak cukup
|
|
|
14
|
Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua
|
|
|
15
|
Saya tidak betah tinggal di rumah
|
|
|
16
|
Saya tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah
|
V
|
|
17
|
Saya sering beda pendapat dengan orang lain
|
|
|
18
|
Saya sulit menerima kekalahan
|
|
|
19
|
Saya sulit mencintai orang lain karena pernah patah hati
|
V
|
|
20
|
Saya khawatir tidak dapat naik kelas / lulus sekolah
|
|
|
Setelah angket terkumpul dan dianalisa, selanjutnya menafsirkan hasil
angket tersebut.
a. Misal siswa kelas VIII.A
berjumlah 32 orang
b. Analisa tiap item pertanyaan/pernyataan (10 item)
c. Hitung jumlah jawaban “Ya” dan jawaban “Tidak”
Misal untuk item nomor 1 (Saya
ingin mengetahui tentang bahaya merokok).
Dari 32 siswa yang menjawab
“Ya” sebanyak 30 orang, maka
30
x 100 %
= 93,75%
32
Jadi kesimpulannya, kelas
VIII.A perlu mendapatkan layanan informasi tentang bahaya merokok
Dan seterusnya kita analisa per item
pertanyaan/pernyataan
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di sekolah
Berilah tanda
Check List (Ѵ) pada kolom “Ya” atau “ Tidak”
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis
|
|
|
2
|
Saya sulit menyesuaikan diri di sekolah
|
|
|
3
|
Saya ingin mengetahui kegiatan
OSIS di sekolah
|
|
|
4
|
Saya merasa kurang percaya diri
|
|
|
5
|
Saya ingin mengetahui dampak tawuran bagi pelajar
|
|
|
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di keluarga
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya ingin mengetahui cara mengisi waktu luang yang baik
|
|
|
2
|
Saya malu jika membicarakan masalah seks & pacar kpd orang tua
|
|
|
3
|
Saya mempunyai masalah dengan salah satu anggouta keluarga
|
|
|
4
|
Orang tua saya tidak mempunyai penghasilan yang tetap
|
|
|
5
|
Orang tua tidak pernah memberi uang
saku kepada saya
|
|
|
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di masyarakat
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya tidak minat terhadap organisasi
|
|
|
2
|
Saya ingin berkuasa dalam setiap pergaulan
|
|
|
3
|
Saya merasa minder jika berbicara didepan dengan orang banyak
|
|
|
4
|
Saya ingin mengetahui dampak tawuran
|
|
|
5
|
Saya ingin mengetahui bahaya rokok, misras dan narkoba
|
|
|
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya ingin mengetahui tentang bahaya merokok
|
|
|
2
|
Saya lebih senang menyendiri dari pada bersama teman
|
|
|
3
|
Saya kurang mengetahui organisasi
yang ada di sekolah
|
|
|
4
|
Saya sulit untuk menyesuaikan diri
|
|
|
5
|
Saya tidak berani menyampaikan pendapat di depan kelas
|
|
|
6
|
Saya ingin mengenal lebih dekat dengan teman sekelas
|
|
|
7
|
Saya sering ditegur karena kurang sopan
|
|
|
8
|
Saya merasa malu jika berhadapan dengan orang banyak
|
|
|
9
|
Saya sering menghabiskan waktu untuk main game
|
|
|
10
|
Saya ingin mengetahui dampak tawauran/kenakalan remaja
|
|
|
1. Menafsirkan hasil instrument
Setelah angket terkumpul,
selanjutnya menafsirkan hasil angket tersebut.
d. Misal siswa kelas VIII.A
berjumlah 32 orang
e. Analisa tiap item pertanyaan/pernyataan (10 item)
f. Hitung jumlah jawaban “Ya” dan jawaban “Tidak”
Misal untuk item nomor 1 (Saya
ingin mengetahui tentang bahaya merokok). Dari 32 siswa yang menjawab “Ya”
sebanyak 30 orang, maka
30
x 100 % = 93,75%
32
Jadi kesimpulannya, kelas
VIII.A perlu mendapatkan layanan informasi tentang bahaya merokok
g. Dan seterusnya kita analisa per item
pertanyaan/pernyataan
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda