Contoh :
Berilah tanda
Check List (Ѵ) pada kolom “Ya” jika
pernyataan/pertanyaan tersebut sesuai denga kebutuhan Anda. Dan berilah check
list (v) “
Tidak” jika pernyataan/pertanyaan tersebut tidak sesuai denga kebutuhan Anda.
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TDK
|
1
|
Saya ingin mengetahui sarana dan prasarana sekolah
|
|
|
2
|
Saya ingin mengetahui macam-macam ekstrakurikuler di sekolah
|
|
|
3
|
Saya membutuhkan informasi tentang kesehatan reproduksi
|
|
|
4
|
Saya kurang mampu mengendalikan diri
|
|
|
5
|
Saya takut bertanya atau menjawab di kelas
|
|
|
6
|
Orang tua saya tidak menghendaki saya sekolah di sini
|
|
|
7
|
Saya selalu khawatir tidak mendapatkan pacar
|
|
|
8
|
Saya mempunyai masalah dengan kakak/adik di rumah
|
|
|
9
|
Cita-cita saya tidak sejalan dengan orang tua
|
|
|
10
|
Saya merasa sukar untuk bergaul
|
|
|
11
|
Saya kurang mendapat perhatian dari lawan jenis
|
|
|
12
|
Kondisi keluarga saya tidak harmonis
|
|
|
13
|
Saya terpaksa harus bekerja karena kondisi ekonomi tidak cukup
|
|
|
14
|
Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua
|
|
|
15
|
Saya tidak betah tinggal di rumah
|
|
|
16
|
Saya tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah
|
|
|
17
|
Saya sering beda pendapat dengan orang lain
|
|
|
18
|
Saya sulit menerima kekalahan
|
|
|
19
|
Saya sulit mencintai orang lain karena pernah patah hati
|
|
|
20
|
Saya khawatir tidak dapat naik kelas / lulus sekolah
|
|
|
A.
MENAFSIR HASIL ANGKET
Hitunglah
jumlah tiap tiap item pertanyaan/pernyataan sesuai dengan jawaban siswa,
kemudian hitung prosentasenya.
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
JML
|
%
|
1
|
Saya ingin mengetahui sarana dan prasarana sekolah
|
|
|
2
|
Saya ingin mengetahui macam-macam ekstrakurikuler di sekolah
|
|
|
3
|
Saya membutuhkan informasi tentang kesehatan reproduksi
|
|
|
4
|
Saya kurang mampu mengendalikan diri
|
|
|
5
|
Saya takut bertanya atau menjawab di kelas
|
V
|
|
6
|
Orang tua saya tidak menghendaki saya sekolah di sini
|
|
|
7
|
Saya selalu khawatir tidak mendapatkan pacar
|
|
|
8
|
Saya mempunyai masalah dengan kakak/adik di rumah
|
|
|
9
|
Cita-cita saya tidak sejalan dengan orang tua
|
|
|
10
|
Saya merasa sukar untuk bergaul
|
|
|
11
|
Saya kurang mendapat perhatian dari lawan jenis
|
|
|
12
|
Kondisi keluarga saya tidak harmonis
|
|
|
13
|
Saya terpaksa harus bekerja karena kondisi ekonomi tidak cukup
|
|
|
14
|
Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua
|
|
|
15
|
Saya tidak betah tinggal di rumah
|
|
|
16
|
Saya tidak pernah bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah
|
V
|
|
17
|
Saya sering beda pendapat dengan orang lain
|
|
|
18
|
Saya sulit menerima kekalahan
|
|
|
19
|
Saya sulit mencintai orang lain karena pernah patah hati
|
V
|
|
20
|
Saya khawatir tidak dapat naik kelas / lulus sekolah
|
|
|
Setelah angket terkumpul dan dianalisa, selanjutnya menafsirkan hasil
angket tersebut.
a. Misal siswa kelas VIII.A
berjumlah 32 orang
b. Analisa tiap item pertanyaan/pernyataan (10 item)
c. Hitung jumlah jawaban “Ya” dan jawaban “Tidak”
Misal untuk item nomor 1 (Saya
ingin mengetahui tentang bahaya merokok).
Dari 32 siswa yang menjawab
“Ya” sebanyak 30 orang, maka
30

32
Jadi kesimpulannya, kelas
VIII.A perlu mendapatkan layanan informasi tentang bahaya merokok
Dan seterusnya kita analisa per item
pertanyaan/pernyataan
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di sekolah
Berilah tanda
Check List (Ѵ) pada kolom “Ya” atau “ Tidak”
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis
|
|
|
2
|
Saya sulit menyesuaikan diri di sekolah
|
|
|
3
|
Saya ingin mengetahui kegiatan
OSIS di sekolah
|
|
|
4
|
Saya merasa kurang percaya diri
|
|
|
5
|
Saya ingin mengetahui dampak tawuran bagi pelajar
|
|
|
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di keluarga
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya ingin mengetahui cara mengisi waktu luang yang baik
|
|
|
2
|
Saya malu jika membicarakan masalah seks & pacar kpd orang tua
|
|
|
3
|
Saya mempunyai masalah dengan salah satu anggouta keluarga
|
|
|
4
|
Orang tua saya tidak mempunyai penghasilan yang tetap
|
|
|
5
|
Orang tua tidak pernah memberi uang
saku kepada saya
|
|
|
Instrumen
non tes untuk mengungkap kehidupan sosial di masyarakat
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya tidak minat terhadap organisasi
|
|
|
2
|
Saya ingin berkuasa dalam setiap pergaulan
|
|
|
3
|
Saya merasa minder jika berbicara didepan dengan orang banyak
|
|
|
4
|
Saya ingin mengetahui dampak tawuran
|
|
|
5
|
Saya ingin mengetahui bahaya rokok, misras dan narkoba
|
|
|
NO
|
PERTANYAAN/
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya ingin mengetahui tentang bahaya merokok
|
|
|
2
|
Saya lebih senang menyendiri dari pada bersama teman
|
|
|
3
|
Saya kurang mengetahui organisasi
yang ada di sekolah
|
|
|
4
|
Saya sulit untuk menyesuaikan diri
|
|
|
5
|
Saya tidak berani menyampaikan pendapat di depan kelas
|
|
|
6
|
Saya ingin mengenal lebih dekat dengan teman sekelas
|
|
|
7
|
Saya sering ditegur karena kurang sopan
|
|
|
8
|
Saya merasa malu jika berhadapan dengan orang banyak
|
|
|
9
|
Saya sering menghabiskan waktu untuk main game
|
|
|
10
|
Saya ingin mengetahui dampak tawauran/kenakalan remaja
|
|
|
1. Menafsirkan hasil instrument
Setelah angket terkumpul,
selanjutnya menafsirkan hasil angket tersebut.
d. Misal siswa kelas VIII.A
berjumlah 32 orang
e. Analisa tiap item pertanyaan/pernyataan (10 item)
f. Hitung jumlah jawaban “Ya” dan jawaban “Tidak”
Misal untuk item nomor 1 (Saya
ingin mengetahui tentang bahaya merokok). Dari 32 siswa yang menjawab “Ya”
sebanyak 30 orang, maka
30

32
Jadi kesimpulannya, kelas
VIII.A perlu mendapatkan layanan informasi tentang bahaya merokok
g. Dan seterusnya kita analisa per item
pertanyaan/pernyataan
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda