SATLAN CARA MENGATASI KEJENUHAN
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. TOPIK BAHASAN :
Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar
B.
SPESIFIKASI LAYANAN : Bimbingan klasikal
C.
BIDANG BIMBINGAN : Belajar
D.
FUNGSI : Pemahaman
E.
TUJUAN :
1.Siswa mampu mengatasi kejenuhan belajar yang mereka alami
2.Siswa dapat belajar dengan nyaman
F.
HASIL YANG INGIN DICAPAI :
1.Siswa dapat memahami faktor-faktor
penyebab kejenuhan dalam belajar
2.Siswa dapat mengaplikasikan cara mengatasi kejenuhan
belajar dalam kehidupan sehari-hari
G.
SASARAN LAYANAN : Siswa – Kelas VII B
H.
URAIAN KEGIATAN :
1.Guru pembimbing
mengarahkan / menjelaskan materi tentang cara mengatasi kejenuhan belajar
2.Siswa menyimak
penjelasan dari meteri tantang cara mengatasi kejenuhan belajar
I.
TEMPAT PENYELENGGARAAN : Ruang kelas VII B
J.
HARI,
TANGGAL : Senin, 18 Mei 2009
K.
ALOKASI
WAKTU : 1 X 40 Menit
L.
PENYELENGGARAAN LAYANAN : Mahasiswa praktikan
M.
PIHAK YANG DI SERTAKAN : Guru pembimbing
N.
ALAT DAN PERLENGKAPAN : White Board & sepidol
O.
RENCANA PENILAIAN
DAN
TINDAK LANJUT :
1.
PENILAIAN : Siswa mampu mengatasi kejenuhan belajar dengan baik
2.
TINDAK LANJUT : Mengadakan konseling individu bagi siswa yang mengalami masalah dalam belajarnya
P.
CATATAN KHUSUS : -
Yogyakarta, 18
Mei 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa
Praktikan
Drs.Johan Mulyono
Sucipto
Upaya untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar
Perasaan jenuh dalam belajar
sering dikeluhkan para siswa dalam setiap kesempatan. Di satu sisi kamu harus
belajar dengan giat dan memahami pelajaran dengan sebaik-baiknya, apalagi
menghadapi ujian, tetapi di pihak lain kamu terserang kejenuhan. Kondisi ini
membuat kamu kurang bergairah dan bersemangat dalam belajarnya serta timbul
perasaan khawatir, takut tidak lulus ujian.
Secara manusiawi memang
kejenuhan bisa menimpa setiap orang, termasuk siswa yang sedang belajar. Dengan
kata lain, kejenuhan tidak memandang umur dan status. Untuk itu, apabila kamu
terserang perasaan jenuh harus segera disikapi dengan baik, jangan dibiarkan
begitu saja. Dalam hal ini kamu harus bertanya kepada diri sendiri. Mengapa
saya akhir-akhir ini mengalami kejenuhan dalam belajar?
Dalam hal ini kamu harus
berusaha melawan dan mengatasi apabila mengalami kejenuhan dalam belajar.
Untuk mengatasi kejenuhan belajar, ada
beberapa upaya yang dapat dilakukan, antara lain:
§ Pertama, cari manfaat dari belajar yang dilakukan. Belajar yang dilakukan pasti ada manfaatnya.
Dengan belajar kamu bisa memperoleh ilmu pengetahuan. Bisa menambah pertemanan
dan mempererat tali silaturahmi di antara siswa. Menambah wawasan dan
pengalaman hidup. Singkatnya, manfaat belajar, yaitu untuk persiapan masa depan
yang lebih cerah. Bukankah dengan ilmu, hidup jadi mudah? Semakin tahu manfaat
belajar, akan semakin bersemangat untuk belajar dan menghilangkan kejenuhan.
§ Kedua, lakukan belajar dengan perasaan senang dan kreatif. Belajar yang dilakukan dengan perasaan
senang akan menimbulkan semangat, apabila kamu belajar dengan semangat tentunya
kamu akan belajar dengan gairah dan bersemangat. Lama kelamaan perasaan jenuh
akan terkikis dan hilang. Untuk itu senangi apa yang kamu kerjakan (belajar)
dan kerjakan apa yang kamu senangi. Di samping itu, selama melakukan kegiatan
belajar, kamu juga harus kreatif. Belajar dengan kreatif akan menimbulkan
keasyikan dan kepuasan pribadi sehingga jauh dari perasaan jenuh atau bosan.
§ Ketiga, pandang guru dari segi positifnya. Guru sebagai manusia biasa tidak lepas dari
segala kelebihan dan kekurangan. Menghadapi guru yang sedang mengajar di kelas,
kamu seyogianya menyikapi guru dengan sikap terbaik. Cari sisi positif atau
kebaikan yang ada pada guru sehingga kamu merasa tertarik dan senang terhadap
guru. Apabila sudah menyenangi gurunya, maka cenderung akan menyenangi
pelajarannya. Setiap bertemu dengan guru, kamu bisa berdiskusi, bertukar
pendapat dan informasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan.
§ Keempat, anggaplah belajar itu sebagai kebutuhan yang mendesak. Belajar jangan sampai hanya untuk
menggugurkan kewajiban. Artinya, belajar selain sebagai kewajiban, juga harus
menjadi kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Ke mana dan kapan pun, kamu akan
belajar terus karena butuh. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu
walaupun sampai ke negeri Cina sekalipun?
§ Kelima, lakukan diskusi kelompok. Untuk menambah gairah belajar, kamu bisa mengajak teman-teman untuk
melakukan kegiatan belajar bersama. Melalui diskusi kelompok atau belajar
bersama, kamu bisa tukar pendapat, pengalaman, dan informasi di antara teman.
Dalam kondisi kebersamaan biasanya akan terhindar dari kejenuhan. Anggota
kelompok bisa terbentuk atas dasar kesepakatan bersama di antara kalian.
Semoga kamu tidak lagi mengalami kejenuhan
dalam belajar, dan selalu bersemangat dalam belajar.
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda