SATLAN CARA MENGATASI KEJENUHAN

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.     TOPIK BAHASAN                                 : Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar
B.     SPESIFIKASI LAYANAN                    : Bimbingan klasikal
C.     BIDANG BIMBINGAN                         : Belajar
D.    FUNGSI                                                   : Pemahaman
E.     TUJUAN                                                  :
1.Siswa mampu mengatasi kejenuhan belajar yang mereka alami
2.Siswa dapat belajar dengan nyaman
F.      HASIL YANG INGIN DICAPAI          :
1.Siswa dapat memahami faktor-faktor penyebab kejenuhan dalam belajar
2.Siswa dapat mengaplikasikan cara mengatasi kejenuhan belajar dalam kehidupan sehari-hari
G.    SASARAN LAYANAN                         : Siswa – Kelas VII B
H.    URAIAN KEGIATAN                            :
1.Guru pembimbing mengarahkan / menjelaskan materi tentang cara mengatasi kejenuhan belajar
2.Siswa menyimak penjelasan dari meteri tantang cara mengatasi kejenuhan belajar
I.       TEMPAT PENYELENGGARAAN       : Ruang kelas VII B
J.       HARI, TANGGAL                                  :  Senin, 18 Mei 2009
K.    ALOKASI WAKTU                                : 1 X 40 Menit
L.     PENYELENGGARAAN LAYANAN   : Mahasiswa praktikan
M.   PIHAK YANG DI SERTAKAN            : Guru pembimbing
N.    ALAT DAN PERLENGKAPAN            : White Board & sepidol 
O.    RENCANA PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT                        :
1.      PENILAIAN                                      : Siswa mampu mengatasi kejenuhan                                                    belajar dengan baik
2.      TINDAK LANJUT                            : Mengadakan konseling individu                                                                     bagi siswa yang mengalami                                                                             masalah dalam belajarnya
P.      CATATAN KHUSUS                             : -
                                    


Yogyakarta, 18  Mei 2009
Mengetahui,
Guru Pembimbing                                                                   Mahasiswa Praktikan


Drs.Johan Mulyono                                                                            Sucipto
                                                                                                    


Upaya untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Perasaan jenuh dalam belajar sering dikeluhkan para siswa dalam setiap kesempatan. Di satu sisi kamu harus belajar dengan giat dan memahami pelajaran dengan sebaik-baiknya, apalagi menghadapi ujian, tetapi di pihak lain kamu terserang kejenuhan. Kondisi ini membuat kamu kurang bergairah dan bersemangat dalam belajarnya serta timbul perasaan khawatir, takut tidak lulus ujian.
Secara manusiawi memang kejenuhan bisa menimpa setiap orang, termasuk siswa yang sedang belajar. Dengan kata lain, kejenuhan tidak memandang umur dan status. Untuk itu, apabila kamu terserang perasaan jenuh harus segera disikapi dengan baik, jangan dibiarkan begitu saja. Dalam hal ini kamu harus bertanya kepada diri sendiri. Mengapa saya akhir-akhir ini mengalami kejenuhan dalam belajar?
Dalam hal ini kamu harus berusaha melawan dan mengatasi apabila mengalami kejenuhan dalam belajar.
 Untuk mengatasi kejenuhan belajar, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, antara lain:
§  Pertama, cari manfaat dari belajar yang dilakukan. Belajar yang dilakukan pasti ada manfaatnya. Dengan belajar kamu bisa memperoleh ilmu pengetahuan. Bisa menambah pertemanan dan mempererat tali silaturahmi di antara siswa. Menambah wawasan dan pengalaman hidup. Singkatnya, manfaat belajar, yaitu untuk persiapan masa depan yang lebih cerah. Bukankah dengan ilmu, hidup jadi mudah? Semakin tahu manfaat belajar, akan semakin bersemangat untuk belajar dan menghilangkan kejenuhan.
§  Kedua, lakukan belajar dengan perasaan senang dan kreatif. Belajar yang dilakukan dengan perasaan senang akan menimbulkan semangat, apabila kamu belajar dengan semangat tentunya kamu akan belajar dengan gairah dan bersemangat. Lama kelamaan perasaan jenuh akan terkikis dan hilang. Untuk itu senangi apa yang kamu kerjakan (belajar) dan kerjakan apa yang kamu senangi. Di samping itu, selama melakukan kegiatan belajar, kamu juga harus kreatif. Belajar dengan kreatif akan menimbulkan keasyikan dan kepuasan pribadi sehingga jauh dari perasaan jenuh atau bosan.
§  Ketiga, pandang guru dari segi positifnya. Guru sebagai manusia biasa tidak lepas dari segala kelebihan dan kekurangan. Menghadapi guru yang sedang mengajar di kelas, kamu seyogianya menyikapi guru dengan sikap terbaik. Cari sisi positif atau kebaikan yang ada pada guru sehingga kamu merasa tertarik dan senang terhadap guru. Apabila sudah menyenangi gurunya, maka cenderung akan menyenangi pelajarannya. Setiap bertemu dengan guru, kamu bisa berdiskusi, bertukar pendapat dan informasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan.
§  Keempat, anggaplah belajar itu sebagai kebutuhan yang mendesak. Belajar jangan sampai hanya untuk menggugurkan kewajiban. Artinya, belajar selain sebagai kewajiban, juga harus menjadi kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Ke mana dan kapan pun, kamu akan belajar terus karena butuh. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu walaupun sampai ke negeri Cina sekalipun?
§  Kelima, lakukan diskusi kelompok. Untuk menambah gairah belajar, kamu bisa mengajak teman-teman untuk melakukan kegiatan belajar bersama. Melalui diskusi kelompok atau belajar bersama, kamu bisa tukar pendapat, pengalaman, dan informasi di antara teman. Dalam kondisi kebersamaan biasanya akan terhindar dari kejenuhan. Anggota kelompok bisa terbentuk atas dasar kesepakatan bersama di antara kalian.

Semoga kamu tidak lagi mengalami kejenuhan dalam belajar, dan selalu bersemangat dalam belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA