Bimbingan Kelompok ( Siswa Tidak Mengerjakan Tugas Guru )

Satuan layanan Bimbingan Kelompok

Ø  Bentuk layanan                              : Bimbingan kelompok
Ø  Penyelenggaraan                          : Guru pembimbing ( Ibu Budi  Suryanti,S.Pd )
Ø  Sasaran ( anggota )                       :  Siswa kelas VIII SMPN 39 semarang
Ø  Pertemuan                                      : Pertama
Ø  Lingkup pembicaraan
1.       Sifat topik                                 : Kelompok Tugas
2.       Topik yangn muncul     : Siswa tidak mengerjakan tugas guru
Siswa suka main Ps
Siswa malas belajar
Siswa beralasan banyak tugas
                                            Siswa tidak punya buku pelajaran
3.       Topik yang dibahas       : Siswa tidak mengerjakan tugas guru
Ø  Isi pembicaraan
1.       Buku Pelajaran Kurang :Siswa hanya memiliki buku paket pinjaman sekolah
                                                     Siswa sudah memilki LKS
                                         Siswa tidak memiliki catatan lengkap
                                                    Siswa malas membaca buku
2.       Main PS                          : Siswa main ke PS dengan uang saku yang dimiliki
        Siswa main PS saat pulang sekolah sampai sore hari
        Kondisi lelah namun tidak belajar
Ø  Lain- lain                                     : keanggotaan kelompok ini adalah terbuka dimana tidak ada anggota lama dan tidak ada angata baru


  
BIMBINGAN KELOMPOK


I.       Tahap Pembentukan
         1.   Konselor                                     : Selamat pagi anak-anak
         2.   Para siswa (A s/d H)                  : Selamat pagi bu
         3.   Konselor                                     : Baiklah anak-anak, ibu mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan dan kehadiran kalian ditempat ini. Marilah sebelum kegiatan / pertemuan kita ini dimulai, kita awali dulu dengan berdoa bersama. Kemudian Konselor menyampaikan tujuan dari diadakan bimbingan kelompok ini adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan dari kalian semua, yaitu masing-masing dari kalian untuk mengemukakan permasalahan dan semoga kalian nanti dapat saling membantu mengemukakan pandapat.
         4.   Konselor                                     : Sekarang ibu tanya kepada kalian, apakah kalian sudah memahami tentang bimbingan kelompok?
5.   Para Siswa (A - H)                     : Ada yang menjawab “ Sudah” Ada yang menjawab “Dikit-dikit”, ada juga yang menjawab “belum”.
6.   Konselor                                     : Jadi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan yang membahas suatu permasalahan.
7.   Salah satu siswa (B)                   : Seperti seminar ya bu…..?
8    Konselor                                     : Betul sekali, hanya kalau seminar pesertanya banyak dan ada makalahnya.
9.   Salah satu siswa (A)                   : Tujuannya apa, bu?
10. Konselor                                     : OK……..Seperti yang ibu katakana tadi, adalah membahas suatu permasalahan
11. Salah satu siswa (C)                   : Ya, Saya senang bu…
                                 (E)                   : Saya juga juga dan oke banget tuh…..
12. Konselor                                     : Ya….semuanya nanti di harap dapat menyampaikan permasalahan dan dapat menanggapi / berpendapat.

13. salah satu siswa (C dan D)         : Kami siap bu….!
14. Konselor                                     : Menjelaskan asas-asas yang di gunakan
                                                           - Kerahasiaan
                                                           - Keterbukaan
                                                           - Kenormatifan
                                                           - Kesukarelaan
15. Konselor                                     : Mengajak untuk saling berkenalan dilanjutkan dengan rangkaian nama dengan menunjuk dirinya sendiri, terus teman disamping kanannya. contoh :
                                                           Konselor  – A .. dot .........
                                                           Konselor – A – B.. dot……..dstnya sampai semua memperkenalkan namanya.
II      Tahap peralihan
         1. Konelor                                        : Menjelaskan kembali kegiatan kelompok dan karena kita sudah saling mengenal, marilah kita segera memulai kegiatan ini. Dengan tema yang nanti kalian sepakati. Sudah siap kah  kalian..?
         2. Peserta (A-H)                               :  Siap….. Bu….
III.    Tahap Kegiatan                            
         1. Konselor                                       :  Baiklah nak…. Topiknya dari ibu, apa dari kalian…?
         2. Siswa (F)                                      :  Dari kami saja bu….!
         3. Siswa (H)                                     :  Ya, bu….
         4. Siswa (C)                                     :  Kami setuju, dari usulan / masalah kami saja…!
         5. Konselor                                       :  Baiklah, lalu topik apa yang akan kita bahas.?
         6. Siswa (D)                                     :  Sikap kita terhadap tugas (PR), bu….
         7. Konselor                                       :  Oke lah, itu memang sangat penting untuk kita bahas demi tercapainya tugas belajar kita.
         8. Siswa E                                        :  Saya suka mengantuk di kelas, bu.
         9. Siswa G                                        : Kebiasaan saya suka main PS, bu.
         10. Siswa H                                      : Kesulitan belajar karena tidak punya buku-buku, bu.
         11. Konselor                                     : Ok. Dari beberapa permasalahan kalian, mana yang akan kita bahas, nak ?
         12. Siswa H                                      : Bu, kita sepakati membahas masalahnya D, yaitu Sikap kita terhadapp tugas ( PR ).
         8. Konselor                                       :  Ya, itu baik sekali. Lalu Konselor mengemukakan pertanyaan :
                                                                     Sejauh mana sikap kalian terhadap tugas-tugas/PR yang sudah kalian laksanakan?
         9. Siswa (G)                                     :  Saya malas bu kalau ada PR, soalnya bu Ani kalau ngasih tugas suka banyak……
         10. Siswa (E)                                    :  Wuiihh… Dasar kamu pemalas , dia senangnya main PS tuh bu …..
         11. Siswa (A)                                   :  Ya bu, kemarin dia ijin sama ibunya mau belajar dirumah saya, padahal dia main PS.
         12. Siswa (H)                                   :  Sebetulnya saya dan G sudah sepakat mau mengerjakan PR bu, tapi baru kita kerjakan sedikit, kita malas, habisnya susah sih bu. Makanya kami lalu pergi main PS. Lagian kita tidak punya buku-buku pelajaran, catatan juga tidak lengkap. Makany kita lalu malas mengerjakan, jika ada tugas-tugas / PR.
         13. Konselor                                     :  Sudah….Sudah, sekarang marilah kita bersama-sama untuk membentuk kelompok belajar agar tugas-tugas kalian dari guru dapat terselesaikan, sehingga kalian tidak mempunyai permasalahan atau kesulitan lagi diluar belajar.
         14. Konselor                                     :  Agar sesama kita tidak kaku dan lebih fleksibel, marilah kita ulangi dengan permainan, dengan menyebut angka kelipatan 3 dan yang ada angka tiganya, nanti siapa yang salah mengucap Konselor, dihukum dengan meyanyi, kira-kira bagai mana anak-anak…..?
         15. Siswa (A-H)                               :  Setuju…………….
         16. Konselor                                     :  Setelah suasana kembali normal, Konselor menegaskan komitmen dan kesediaan para anggota kelompok untuk sepakat belajar bersama dan setiap  ada tugas selalu untuk segera dikerjakan.


IV.    Tahap Pengakhiran
         1. Konselor                                       :  Menjelaskan bahwa, karena kita sudah sepakat untuk belajar bersama dan saling membantu satu sama lainnya.
         2. Konselor                                       :  Meminta masing-masing anggota mengemukakan pendapatnya dan kesan-kesannya dalam mengikuti kegiatan. Kapan diadakan.?
         3. Konselor                                       :  Mengemukakan kegiatan lanjutan .
         4. Siswa (A-H)                                 :  Masing-masing bergantian mengemukakan dan menyampaikan kesan dan tanggapannya.
         5. Konselor                                       :  MengucaKonseloran terimakasih atas kesediaan anggota dan responnya dalam kegiatan ini.
         6. Konselor                                       :  Menutup pertemuan dengan do’a bersama
         7. Konselor                                       :  Bersama menyanyikan lagu “SAYONARA”.


Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

ASESMEN DIAGNOSTIK P5 - KEARIFAN LOKAL

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila