Bimbingan karir : Jabatan Polisi

JABATAN POLISI
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bimbingan karir II
Dosen Pengampu : Drs. Syamsuddin.Su.Kons.









Disusun Oleh :
YEYE NURYANAH (07001026)



PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2009
POLISI

1.      Nama jabatan : Polisi
2.      Uraian dan tugas sebagai polisi
-          MELINDUNGI
Tugas Anggota Polri adalah senantiasa Melindungi, melayani masyarakat. Sesuai dengan Semboyan tribrata di bawah ini :
RIBRATA:
·      Berbhakti kepada Nusa dan Bangsa dengan penuh Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·      Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan Kemanusiaan dalam menegakan hukum Negara kesatuan Republik Indönesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
·      Senantiasa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.
3.      Persyaratan dan latihan untuk menjadi seorang polisi adalah sebagai berikut :
-             Persyaratan umum
·            Warga negara Indonesia ( Pria dan Wanita )
·            Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
·            Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
·            Sehat jasmani dan rohani ( srt ket dari institusi kesehatan )
·            Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan
·            Berwibawa, Jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela
·           Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas pokok Polri
-             Persyaratan Pendidikan :
·           Berijazah serendah – rendahnya SMU sederajat ( tidak termasuk SMK busana / boga / kecantikan / perhotelan / Guru TK / SMK yang dikelola oleh departemen SMU / MA menggunakan surat tanda kelulusan dengan kriteria lulus dan dengan menggunakan nilai ebtanas murni ( NEM ) atau HUAN rata – rata minimal 5,5 (lima koma lima).
·           SLTA lainnya yang sederajat / SMK menggunakan transkip nilai rata – rata 6,5 (enam koma lima), bagi SMK yang memiliki praktik dan teori maka nilai rata- ratanya dibagi 2 (dua)
·           SLTA lainnya yang sederajat / paket C / SMK ( termasuk lulusan luar negeri ) menggunakan transkip nilai dengan nilai ebtanas murni ( NEM ) atau HUAN rata -rata minimal 5,5 (lima koma lima) yang telah diakreditasi oleh instasi diknas tingkat propinsi.
·           Lulusan SLTA tahun 2009 ( masih kelas III ) menggunakan surat kepsek dan menyerahkan tanda kelulusan selesai ujian nasional, Menyerahkan FC Raport SLTA yang dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
·           D-III/ D-IV/ S-1 sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri, dari perguruan tinggi yang telah diakreditasi, D-III keperawatan hanya untuk calon BA kesehatan lapangan pada Saat Brimobda,SMK Pelayaran / perkapalan sebagai calon BA Polair.
·           Sarjana hukum/ SMU/ sederajat yang punya kemampuan bahasa asing / komputer sebagai calon brigadir Pol Reskrim.

-             Persyaratan Umur, tinggi dan berat badan
·           Umur pada saat buka dik brigadir polisi TA. 2009 tanggal 14 – 07 – 2009, minimal 17 tahun 7 bulan ( tujuh belas tahun 7 bulan ) dan umur maksimal bagi lulusan : SMU / sederajat (21 tahun), DIII (24 tahun), D-IV/ S-1 (25 tahun) .
·            Tinggi badan minimal : Pria (163 cm), wanita (160 cm)
·           Berat badan seimbang dengan tinggi badan menurut ketentuan yang berlaku
·           Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik pangkat bripda.
·           Bersedia menjalani ikatan dinas pertama ( IDP ) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Brigadir Polri (masa dinas surut tidak diperhitungkan)
·           Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun
·            Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain
·           Telah berdomisili diwilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 ( satu ) tahun yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk ( KTP ) setempat dan kartu keluarga ( KK ) atau Rapor
·           Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
o   Pemeriksaan adminisrasi awal
Pemeriksaan kesehatan tahap I yang meliputi : Pemeriksaan Psikologi, Ujian Akedemik ditiadakan (Nilai akademik diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai rata – rata UAN dan Nilai rata – rata raport semester terakhir pada mata pelajaran yang sama dibagi dua)
Pemeriksaan kesehatan tahap II yang meliputi : Pengujian kemampuan jasmani, Pengujian kompetensi (Jika diperlukan wilayah), Pemeriksaan administrasi akhir, Sidang I pemeriksaan/ pengamatan penampilan casis brigadir polisi, Sidang II penetapan kelulusan akhir casis brigadir polisi pria.
-             Lain – lain :
·           Pada saat diangkat menjadi anggota polir dengan pangkat bripda bagi lulusan D-IV/S1 diberikan masa dinas surut 3 tahun sedangkan lulusan D-III diberikan masa dinas surut 2 tahun, yang akan berpengaruh terhadap penghasilan dan kariernya namun tidak mengurangi masa ikatan dinas pertama (IDP) 10 tahun.
4.      Kondisi lingkungan dan pekerjaan
·           Secara aktif mampu menciptakan kreativitas sesuai kondisi lingkungan masyarakat dan dapat memecahkan berbagai permasalahan.
·           polisi jangan patah semangat. Sebaliknya tetap konsisten mengedepankan tugas dan kewajiban dengan mengutamakan kinerja profesional.
·           Mampu menggambarkan seorang polisi kreatif, yang mampu memecahkan berbagai persoalan dalam kondisi mana pun.
·           Polisi diharapkan mampu menciptakan rasa aman, melindungi masyarakat dari segala bentuk intimidasi hukum, dan berbagai ancaman.
·           Suatu indikasi pula bahwa seorang polisi, setelah berhasil melaksanakan tugasnya dan berada dalam lingkungan masyarakat, hendaknya bisa sebagai "obat" untuk menenangkan situasi atau menciptakan keamanan, bukan sebaliknya.

5.      Kesempatan untuk naik jabatan:
·           Mampu menyelesaikan kasus yang besar, contohnya pemberantasan aceh merdeka, menangkap seorang teroris.
·            Melanjutkan studi militer.

6.      Prospek pekerjaan / masa depan
·            Mendapatkan tunjangan kesehatan
·            Mendapat jaminan pensiunan

7.      Tempat / lokasi pekerjaan
Beberapa contoh tempat polisi bekerja / bertugas :
·           Sebagai Patroli keamanan bersama, tempat bekerjaannya di lingkungan masyarakat, melalui komunikasi radio yang diawali dengan kerja sama warga dan kepolisian sektor (polsek) setempat, merupakan bukti polisi harus dekat dengan masyarakat. Pengamanan lingkungan atau dikenal dengan istilah siskamtibmas swakarsa itu tidak saja strategis melindungi warga, juga sebagai bentuk upaya mengantisipasi ancaman kriminal lainnya.
·           Sebagai polisi lalu lintas tempat bekerjanya di jalan raya yang bertugas Polisi mengayun-ayunkan tongkatnya, memberi perintah, agar mobil dan bis (kebanyakan mobil dan bis umum) tidak mengetem untuk mengambil penumpang.
8.      Suka duka menjadi seorang polisi adalah :
-             Suka
·            Bisa melindungi, menolong dan melayani warga masyarakat
-             Duka
·            Bisa tertembak saat menjalankan misi / tugas
·           Mendapatkan sebuah rintangan dalam melaksanaan tugas, misalnya bagi polisi yang bertugas mengatur lalu lintas harus marah-marah kepada para sopir yang ngetem, menaikkan atau menurunkan penumpang di tempat sembarangan, melanggar lalu lintas yang kadang setiap hari melanggar walaupun sudah diberi peringatan.
·           Kendala yang sering dihadapi dan dijadikan alasan, bahkan kurang profesionalnya kalangan Polri dalam melaksanakan tugas, terutama jajaran utama komando operasi dasar, adalah kurangnya prasarana dan sarana serta minimnya biaya operasional petugas di lapangan.
·            Sering dipandang negatif oleh masyarakat.





Referensi
-          http://sidik-permana.blogspot.com/2008/07/menjadi-polisi-lalu-lintas.html


-           



Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA