Protokol Konseling / Konseling Individu
TUGAS
PROTOKOL
KONSELING
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Konseling Individual
Dosen
Pengampu : Dody Hartanto, M.Pd
Disusun oleh :
1.
Leni Setianingrum (09001175)
2.
Budi Sulistiono (09001178)
BK
/ VC / Kelompok K
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FAkultas Keguruan dan Ilmu PEndidikan
Universitas Ahmad DAHlan
Yogyakarta
2012
PROTOKOL
KONSELING
1. Identitas Klien :
a)
Nama :
Konseli
b)
Jenis Kelamin : L / P
c)
Sekolah :
SMA Negeri 1 Harapan Bangsa
d)
Kelas :
X C
e)
Agama :
Islam
f)
Alamat :
Umbulharjo – Yogyakarta
2. Latar belakang :
a) Akademik : Penurunan prestasi belajar sesuai dengan informasi
dari wali kelas dan konseli
b)
Sosial : Dijauhi oleh teman-temanya karena prilaku buruknya
c)
Keluarga :
-
3. Gejala yang nampak :
a) Sering tidak
masuk sekolah
b) Menyendiri di
ruang kelas
c) Tidak banyak
teman bermain
d) Suka marah-marah
di kelas
4. Keluhan yang dialami :
Konseli merasa
dijauhi oleh teman-temanya dan mengakibatkan prestasi belajarnya menurun
5. Masalah yang sebenarnya :
Dijauhi
oleh teman-teman karena prilaku buruknya yang suka pilih-pilih teman dan suka
menyuruh-nyuruh temanya dan tidak ada yang boleh menolak instuksinya.
6. Pendekatan yang digunakan :
a)
Nama pendekatan : Behavioral Counseling
b)
Alasan penggunaan pendekatan :
Karena masalah yang dialami oleh konseli merupakan masalah
tingkah laku dan konseli menginginkan ada perubahan yang baik pada dirinya.
c)
Teknik yang digunakan :
1) Reward
2) Desensitisation
3) Modeling
4)
Kontrak
7. Tujuan Konseling :
Dalam proses konseling yang ada
saat ini dibuat agar konseli
dapat benar-benar merubah prilakunya agar lebih baik lagi, sehingga akan
memiliki banyak teman dan akan berpengaruh positif terhadap prestasi
belajarnya.
8. Rekaman Wawancara Konseling :
NO.
|
PERCAKAPAN
|
KETERAMPILAN
/ TEKNIK
|
1.
|
Ki
: Assalamualaikum...
Ko
: Waalaikumsalam... Silahkan masuk
mas/mba (tersenyum), mari silahkan duduk.
|
|
2.
|
Ki
: Terimakasih pak/bu. Sebelumnya apakah saya mengganggu waktu bapak/ibu?
Ko
: Ohh tidak sama sekali mas/mba. Justru bapak/ibu senang berjumpa dengan
mas/mba. Ini dengan mas Budi/mba Leni kan?
|
Membuka
percakapan/open invitation to talk
|
3.
|
Ki
: Iya pak/bu benar.
Ko : Bagaimana kabarnya mas Budi/mba
Leni?
|
|
4.
|
Ki
: Alhamdulillah baik pak/bu.
Ko
: Sedang ada kesibukan apa saat ini selain sekolah?
|
|
5.
|
Ki
: Rasanya tidak ada pak/bu.
Ko
: Lalu bagaimana dengan sekolahnya?
|
|
6.
|
Ki
: Masih lancar sih pak/bu,tapi......
Ko
: Tapi kenapa mas/mba?
|
|
7.
|
Ki
: Sebenarnya tujuan saya menemui bapak/ibu yaitu ingin sharing dan
berkonsultasi tentang masalah saya.
Ko
: Coba diceritakan kepada bapak/ibu.
|
|
8.
|
Ki
: Jadi begini pak/bu, akhir-akhir ini prestasi belajar saya menurun.
Ko
: Kenapa bisa seperti itu?
|
|
9.
|
Ki
: Saya juga tidak tahu pak/bu. Saya merasa ada yang aneh dengan diri saya.
Ko
: Bapak/ibu belum memahami maksud dari mas Budi/mba Leni. Bisa dijelaskan
lebih lanjut.
|
|
10.
|
Ki
: Nah itu pak/bu saya juga bingung sendiri soalnya akhir-akhir ini
teman-teman kelas saya menjauhi saya.
Ko
: Jadi mas/mba merasa ada yang aneh dalam diri mas/mba, kemudian mas/mba juga merasa
dijauhi oleh teman-teman kelas?
|
Paraprase
|
11.
|
Ki
: Iya pak/bu benar seperti itu.
Ko
: Terus selama ini cara bergaul mas/mba dengan teman-teman kelas bagaimana?
|
|
12.
|
Ki
: Menurut saya cara bergaul saya biasa saja pak/bu tidak neko-neko. Tapi saya
tipikal orang yang selalu hati-hati dalam memilih teman.
Ko
: Hati-hati yang seperti apa?
|
|
13.
|
Ki
: Ya.... yang namanya hati-hati berarti harus melihat orangnya terlebih dahulu,
dari sifatnya, penampilannya.
Ko
: Iya benar sekali. Memangnya kriteria orang yang seperti yang dijadikan
sebagai teman?
|
|
14.
|
Ki
: Yang baik, sederhana, gampang diatur, gampang disuruh-suruh, intinya nurut
sama saya lah pak/bu.
Ko
: Jadi menurut mas Budi/mba Leni kriteria teman yang baik seperti itu ya?
Tadi kan mas/mba mengatakan bahwa orang yang menjadi teman mas/mba itu adalah
orang yang baik, sederhana, gampang diatur, gampang disuruh-suruh, intinya
nurut sama mas Budi/mba Leni.
Lalu
hal tersebut diterapkan pada teman-temanmu yang sekarang?
|
|
15.
|
Ki : Iya pak/bu. Saya suka
menyuruh-nyuruh teman-teman dan mereka tidak boleh menolak apa yang saya
instruksikan.
Ko : Berarti intinya mas Budi/mba Leni
merasa lebih baik dari mereka ?
|
|
16.
|
Ki
: Iya pak/bu benar sekali.
Tapi saya juga merasa sedih pak/bu
karena saya dijauhi oleh teman-teman, terkadang juga saya malas berangkat
sekolah.
Ko : Dan itu berpengaruh terhadap
prestasi belajar mas/mba seperti yang diungkapkan diawal tadi. Bukan begitu?
|
|
17.
|
Ki : Iya pa/bu benar sekali
(mengangguk).
Ko : Lalu hal apa saja yang sudah
mas/mba lakukan untuk mengatasi hal itu?
|
|
18.
|
Ki : Saat ini belum pak/bu. Tapi saya
ingin sekali merubah perilaku jelek saya itu, agar saya disukai oleh teman-teman
saya dan saya lebih memiliki banyak teman sehingga saya bisa berkonsentrasi
dalam belajar agar prestasi saya lebih meningkat lagi.
Ko : Bagus sekali jika mas Budi/mba
Leni mempunyai keinginan seperti itu. Dan menurut bapak/ibu jika hal itu bisa
dilakukan akan memberikan perubahan yang positif pada diri mas/mba.
|
Reward
|
19.
|
Ki : Lalu saya harus bagaimana pak/bu?
Saya bingung (konseli tertunduk dan terlihar sangat tegang)
Ko : Apa yang membuat mas/mba bingung?
|
|
20.
|
Ki : Saya takut jika saya tidak bisa
berubah, saya tidak mempunyai teman lagi.
Ko : Iya bapak/ibu cukup memahami
dengan apa yang mas/mba takutkan, adanya keinginan untuk merubah diri mas/mba
untuk menjadi lebih baik itu merupakan suatu point positif yang mas/mba
miliki, karena tidak banyak orang yang menyadari akan hal seperti itu.
|
Reward
|
21.
|
Ki : Iya pak/bu benar sekali.
Saya merasa saya adalah orang yang
paling jahat didunia ini. Saya jahat pak, saya jahat
(konseli tetunduk dan merasa sangat
menyesal)
Ko : Nak... menurut bapak/ibu itu
merupakan anggapan yang tidak benar, sekarang tenangkan dirimu lihat
bapak/ibu, tarik nafas dalam-dalam lalu tahan sejenak, kemudian keluarkan
lewat mulut, ulangi selama 3x.
Sekarang pejamkan mata lalu hilangkan
semua hal-hal yang mengganggu pikiran, kemudian triakan dalam hati dengan
kata “SAYA TIDAK JAHAT !!!” dan “SAYA INGIN LEBIH BAIK” (secara terus menerus
dengan intonasi semakin pelan)
Sampai mas/mba merasa lebih rilex.
Apabila mas/mba sudah merasa rilex kemudia bukalah mata perlahan. ( Konseli sudah membuka matanya kembali )
|
Desensitisation
|
22.
|
Ko : Sekarang bagaimana perasaan
mas/mba ? apakah sudah sedikit rilex ?
Ki : iya pak/bu sudah.
|
|
23.
|
Ko : Baik, jika mas/mba sudah merasa
rilex dan tenang , mari kita lanjutkan ke topik permasalahan tadi .
Ki : Iya pak.
|
|
24
|
Ko : Tadi mas/mba menyatakan bahwa
takut tidak mempunyai teman lagi karena perilaku mas/mba yang seperti itu. Sekarang bapak/ibu mau bertanya apakah mas
budi/mba
leni
sudah punya pacar?
Ki : Belum pak/bu.
|
|
25
|
Ko : Ada seseorang yang mas/mba suka?
Ki : bagaimana yah pak/bu , iya
pak/bu ada.
|
|
26
|
Ko : Namanya siapa? Kalau mas/ mba malu menyebutkanya nama disamarkan juga tidak apa-apa..
Ki : Disamarkan saja pak/bu, namanya
“X”.
|
|
27
|
Ko : Baik, untuk menggambarkan perlakuanmu terhadap teman-teman,
mari kita bermain peran. Coba kita praktek agar mas/mba dapat
merasakan apa yang temanmu rasakan. Ini hanya sebuah gambaran agar mas/mba bisa merasakan sesuatu.
Ki : Praktek bagaimana Pak/Bu?
|
|
28
|
Ko
: Jadi seperti
ini ,
sekarang anggap ruangan bapak/ibu ini adalah rumah X, dan mas/mba ingin
bermain ke rumah X, lalu bayangkan bahwa bapak/ibu sebagai X, sosok yang mas/mba kagumi,
dan bapak/ibu hanya ingin mas/mba berperan sewajarnya seperti saat mas/mba
bermain ke rumah orang yang mas/mba kagumi. Bapak rasa mas/mba bisa berperan seperti itu, bisa?
Ki : Iya pak saya coba.
|
Modeling
/ Bermain peran
|
29
|
Ko : Baik, kita mulai dari luar, saat
mas/mba baru datang dan mencoba mengetuk pintu, nanti apapun yang bapak/ibu
lakukan berlakulah seperti wajarnya mas/mba bertamu ke rumah orang yang
mas/mba kagumi. Setuju?
Ki : Baik pak.
|
|
30.
|
(Konselor
dan konseli memainkan peran tersebut)
(Konseli
datang ke rumah X, dan mengetuk pintu ) seraya berucap salam :
Ki
: Assalamu’alaikum...
X
: Wa’alaikumussalam... Eh kamu ( dengan muka musam )
Ki
: Bolehkah saya masuk ?
X
: Emmm...bagaimana yah, sebenarnya saya ada acara , tapi baiklah silahkan
masuk. Duduk dulu dikursi situ.
Ki
: Iya terimakasih .
X
: Maaf ada perlu apa yah kamu kesini, ada penting atau ga?
Ki
: Hehe.... pengin main saja ke rumahmu
X : Oh begitu yah? wah kebetulan banget kamu kesini , ini kan saya mau pergi ada acara, jadi tolong yah… kerjain PR’ku sampai selesai tapi kamu saya tinggal dulu, terus saya kan nanti siang ada acara lagi, tapi baju saya belum disetrika, kamu mau kan yetrikain bajuku? Ohh iya satu lagi pintunya jangan lupa di kunci. Ya udah saya tinggal dulu yah?
Ki : (Konseli
terlihat sangat sedih dan terlihat memiliki penyesalan yang sangat besar )
PERAN DILAKUKAN 2X dengan karakter kebalikannya ( pada peran kedua
menggunakan peran yang positif )
( peran selesai)
|
Modeling/ Bermain peran
|
31.
|
Ko : Bagaimana perasaan mas/mba jika
diposisikan seperti pada peran diawal dan peran kedua
barusan?
Ki : Iya ya pak/bu, pasti saya akan
merasa sangat sedih dan
sakit
hati. Dan pada
peran yang kedua saya sangat merasa senang.
|
|
32.
|
Ko : Mas/ mba sudah mengetahui
bagaimana rasanya jika diperlakukan seperti itu. Apakah mas/mba masih mau mengulangi
perbuatan tersebut?
Ki : Tidak pak/bu.
|
|
33.
|
Ko : Baik, berarti mas/mba memiliki niat untuk
berubah kan?
Ki : Iya pak/bu
|
|
34.
|
Ko : Baik, Bagaimana jika niatan tersebut
diperkuat kita dengan mengadakan kontrak.
Ki : Kontrak apa pak/bu?
|
|
35.
|
Ko : Begini... kontrak tersebut berisi
janji bahwa mas/mba
tidak akan mengulangi lagi perbuatan mas/mba yang sering memilih-milih teman
dan sering mengatur orang lain, dan jika mas/mba melakukan perbuatan
tersebut, mas/mba akan mendapat hukuman .
Ki : Iya pak/bu saya setuju, tapi bagaimana isi kontraknya pak/bu?
|
Kontrak
|
36.
|
Ko : Sekarang mas/mba maunya bagaimana apakah bapak/ibu yang menentukan kontraknya tetapi dengan syarat
mas/mba harus mau mengikuti ? atau ingin menentukan sendiri?
Ki : Emmm.... (terlihat berpikir)
Begini saja pak/bu, jika saya melakukan atau masih berperilaku seperti
itu terhadap teman – teman maka saya akan menulis nama saya dan ungkapan kata maaf kepada teman yang saya perlakukan
seperti itu, kemudian saya gantungkan di leher dan keliling ke semua ruang
kelas di sekolah.
|
Kontrak
|
37.
|
Ko : Apakah mas/mba yakin dengan hal itu?
Ki : Iya pak/bu, itu komitmen saya untuk berubah kearah yang lebih
baik, semoga dengan saya berubah maka prestasi belajar saya juga akan lebih
baik.
|
|
38.
|
Ko : Baik itu pasti mas/mba, pasti prestasi juga akan lebih baik ,
kemudian untuk mendukung dan melancarkan komitmen mas/mba, bapak/ibu akan
menuliskan kontrak kita besrta sanksinya di lembar kontrak yang sudah bapak
siapkan , yang kemudian akan ditanda tangani oleh bapak/ibu dan mas/mba,
apakah mas/mba setuju ?
Ki : iya pak sangat setuju.
(penulisan kontrak bersama beserta penandatanganan
kontrak )
|
|
39.
|
Ko : Kontrak sudah kita buat, kemudian bapak/ibu sangat bangga sekali dengan komitmen dari
mas/mba tersebut, artinya mas/mba
benar-benar serius dengan hal ini. Kemudian apakah itu merupakan keputusan
yang terbaik uintuk saat ini ?
Ki : Iya pak , saya merasa itu yang terbaik dan itu yang harus saya
lakukan.
|
|
40.
|
Ko : Bapak/ibu berharap bertemu kembali dengan mas /mba dengan melihat
perubahan yang sesuai dengan apa yang telah diinginkan oleh mas/mba yaitu
perilaku yang lebih baik.
Ki : Iya pak saya berjanji dan berusaha. Baik pak/bu , terimakasih atas bantuan bapak/ibu, karena bapak/ibu telah meluangkan waktu untuk saya dan membantu saya
memecahkan permasalahan saya .
|
|
41.
|
Ko : Iya mas/mba sama – sama, jika
mas/mba memerlukan bantuan bapak/ibu, jangan sungkan – sungkan untuk datang
kesini lagi bertemu dengan bapak/ibu.
Ki : Iya pak/bu.
Terima kasih sudah mau membantu saya,
pasti saya akan datang kesini lagi. Ya sudah pak/bu
saya permisi dulu, Assalamu’alaikum.
Ko “ Wa’alaikumsalam.
|
|
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda