Angket Stabilitas Emosi
Nama :
Kelas/NIS :
Jenis Kelamin :
No
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Emosi merupakan dorongan untuk
bertindak
|
|
|
|
|
2
|
Dalam kehidupan manusia, emosi
berfungsi sebagai sarana untuk mempertahankan hidup
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak mengalami kesulitan
untuk mengendalikan emosi
|
|
|
|
|
7
|
Saya mampu mengendalikan emosi
dengan baik
|
|
|
|
|
8
|
Saya akan tidak marah apabila
pacara saya di ganggu oleh orang lain
|
|
|
|
|
9
|
Saya mampu menyesuaikan emosi jika
sedang menghadapi masalah
|
|
|
|
|
11
|
Saya tipe orang yang tidak mudah
tersinggung
|
|
|
|
|
12
|
Saya takut apabila harus masuk
ruang BK
|
|
|
|
|
13
|
Saya senang bila pulang sekolah
lebih awal dari jam yang sudah ditentukan
|
|
|
|
|
14
|
Saya adalah orang yang sabar
dalam menghadapi suatu masalah
|
|
|
|
|
15
|
Saya tidak terima jika orang lain
mengejek saya
|
|
|
|
|
16
|
Emosi saya bisa memuncak jika
orang lain menyinggung perasaan saya
|
|
|
|
|
18
|
Saya merasa senang jika saya
tidak berangkat sekolah
|
|
|
|
|
19
|
Saya senang membuat keributan
di kelas
|
|
|
|
|
24
|
Saya tidak bisa mencoba
membangun kematangan emosi diri dalam menghadapi setiap tantangan
|
|
|
|
|
27
|
Saya takut apabila di tunjuk
guru untuk maju ke depan kelas
|
|
|
|
|
29
|
Saya iri apabila ada teman saya
membuat keributan di kelas
|
|
|
|
|
30
|
Saya merasa ada yang kurang
dalam diri saya jika tidak membuat keributan di kelas
|
|
|
|
|
31
|
Saya tidak suka melihat teman
lain melakukan keributan di dalam kelas
|
|
|
|
|
32
|
Saya tidak suka membantu teman
dalam hal berantem
|
|
|
|
|
33
|
Jika saya ditegur guru, saya
akan menerima dan mengoreksi diri
|
|
|
|
|
34
|
Saya merasa kecewa jika tidak
bisa mengerjakan soal yang diberikan guru
|
|
|
|
|
37
|
Jika saya mendapatkan nilai
jelek saya merasa malu
|
|
|
|
|
38
|
Saya menerima jika ada ulangan
mendadak
|
|
|
|
|
39
|
Jika ada teman menghina saya,
saya akan diam saja
|
|
|
|
|
40
|
Saya senang dengan suasana
kelas yang tenang
|
|
|
|
|
41
|
Saya senang jika bersaing
mendapatkan niali baik
|
|
|
|
|
44
|
Jika saya diajak berantem oleh
teman saya mengajak musyawarah
|
|
|
|
|
45
|
Saya suka menegur teman jika
teman melakukan perbuatan yang negatif di dalam kelas
|
|
|
|
|
46
|
Saya takut jika ada teman yang
mendapatkan hukuman di kelas
|
|
|
|
|
47
|
Saya suka menegor teman apabila
teman saya mencontek jika sedang ulangan
|
|
|
|
|
48
|
Saya dapat mengontrol dan mengendalikan
emosi saya dengan baik
|
|
|
|
|
49
|
Saya tipe orang sabar jika saya
disakiti oleh teman
|
|
|
|
|
50
|
Saya sangat benci kepada orang
yang mudah tersinggung
|
|
|
|
|
52
|
Saya tidak merasa malu jika
saya tidak naik kelas
|
|
|
|
|
55
|
Saya merasa senang jika libur panjang
|
|
|
|
|
57
|
Saya senang jika teman sekelas
saya ada yang nilai rapornya dibawah rata-rata
|
|
|
|
|
60
|
Saya tidak bisa menahan amarah
saya
|
|
|
|
|
62
|
Kadang-kadang emosi saya susah
dikendalikan
|
|
|
|
|
66
|
Saya tipe orang yang mudah
tersinggung
|
|
|
|
|
67
|
Saya suka menciptakan suasana
gaduh di kelas
|
|
|
|
|
68
|
Saya memiliki kematangan dalam
emosi
|
|
|
|
|
69
|
Saya ikut tersinggung ketika
teman saya diganggu orang lain
|
|
|
|
|
71
|
Saya sangat patuh dengan
perintah orang tua
|
|
|
|
|
72
|
Jika saya di perintah oleh
orang tua saya akan menurutinya
|
|
|
|
|
76
|
Saya mampu mengendalikan
keadaan emosi dan sikap ketika dimarahin orang tua
|
|
|
|
|
77
|
Saya mampu mengekspresikan
emosi kepada hal yang lebih positif
|
|
|
|
|
80
|
Saya tidak mampu mengendalikan
atau menumpahkan emosi sesuai dengan prinsip nilai dan norma-norma
|
|
|
|
|
81
|
Kadang-kadang emosi saya mudah
dikendalikan orang lain
|
|
|
|
|
83
|
Menurut saya emosi seseorang
dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggalnya
|
|
|
|
|
84
|
Saya memiliki kemampuan
mengaplikasikan emosi secara obyektif terhadap suatu peristiwa
|
|
|
|
|
87
|
Saya merasa tersinggung jika
orang yang saya sayangi di ejek orang lain
|
|
|
|
|
88
|
Saya sangat tidak suka jika
orang yang saya sayangi di hukum oleh guru karena perbuatan yang tidak
terpuji
|
|
|
|
|
90
|
Saya senang apabila teman saya
dihukum oleh guru BK
|
|
|
|
|
91
|
Saya selalu menertawakan teman
saya apabila teman berbuat salah dikelas
|
|
|
|
|
94
|
Saya marah apabila ada teman
yang menertawakan saya ketika saya sedang sedih
|
|
|
|
|
98
|
Emosi saya memuncak ketika di
sindir oleh guru mengenai nilai saya yang jelek
|
|
|
|
|
99
|
Saya ingin menjadi seperti
teman saya yang berkuasa di kelas agar saya bisa melakukan apa yang saya mau
|
|
|
|
|
100
|
Saya ingin menjadi ketua geng
di sekolah karena ingin ditakuti semua siswa di sekolah saya
|
|
|
|
|
Kepada
Adik-adik kelas VII
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Asslamu’alaikum
Wr. Wb.
Disela-sela kesibukan
adik-adik dalam mengikuti kegiatan belajar, perkenankanlah saya meminta
kesediaan adik-adik untuk mengisi angket yang terlampir.
Pernyataan ini berisi
hal-hal yang berkaitan dengan keadaan adik-adik, adapun tujuannya dalam rangka
penelitian guna menyusun skripsi sarjana pada Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Perlu diketahui bahwa
dalam pengisian ini semua jawaban dapat diterima, jawaban benar adalah jawaban
yang sesuai dengan keadaan diri adik-adik masing-masing. Hasil dari pengisian
angket ini tidak mempengaruhi nilai akademik adik-adik semua. Terima kasih atas
kesediaan adik-adik semoga sukses dalam belajar.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Yogyakarta, November 2012
Peneliti
Aji
Ilham Fahrurrozi
ANGKET
STABILITAS
EMOSI
Petunjuk
Pengisian Angket :
1.
Isilah terlebih dahulu data diri anda.
2.
Bacalah setiap pertanyaan yang tersedia
dengan sebaik-baiknya.
3.
Pilihlah salah satu jawaban yang sesuai
dengan keadaan anda.
4.
Gunakan tanda check list (√) pada setiap kolom yang tersedia untuk salah satu
pilihan jawaban :
SS : Untuk pilihan
jawaban yang anda anggap Sangat Sesuai
S :
Untuk pilihan jawaban yang anda anggap Sesuai
TS :
Untuk pilihan jawaban yang anda anggap Tidak
Sesuai
STS : Untuk pilihan
jawaban yang anda anggap Sangat Tidak
Sesuai
5.
Anda tidak perlu ragu dalam memberikan
jawaban yang sejujurnya. Peneliti akan menjamin seluruh kerahasiaan identitas
dan jawaban anda.
6.
Bila anda telah selesai mengerjakan,
periksalah kembali agar jangan sampai ada nomer yang terlewati.
7.
Terima kasih atas partisipasinya dan
selamat mengerjakan
assalamualaikum. kalo boleh tau adaka referensi angket diatas ?
ReplyDelete