PERENCANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

PERENCANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK


No.                  : 1
Nama               : Fitri oktafia, s.Pd, Kons

NIP                 : 197310232005012004

Sekolah           ; SMPN. 3 Bukittinggi

A. Jenis kegiatan                     : Layanan bimbingan kelompok
B. Bidang Bimbingan             : Pribadi
C. Standar Kompetensi           : Memahami cara mengikuti ujian dengan baik
D. Kompetensi                        : Mempersiapkan diri untuk ujian
E. Tujuan                                 : Agar peserta didik memahami menyontek adalah
                                                   perbuatan yang tidak baik dan tidak melakukannya
                                                  tata tertib sekolah
F. Sasaran                                : Peserta didik kelas IX
G. Tenik                                  : Diskusi Kelompok
H. Eksperien                           : 1. Tahap Pembentukan
                                                  2. Peralihan
                                                  3. Kegiatan               
                                                  4. Pengakhiran                     
                                               

I.       Identifikasi :
Refleksi tahap satu untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat mengemukakan pengetahuan dan pengelaman serta pandangannya terhadap topik yang dibahas
                                                                                          
J. Analisis
Refleksi tahap dua untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat memikirkan dan mencari beberapa jalan untuk pemecahan masalah








K. Generalisasi
           
Refleksi tahap tiga  untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat membuat rencana yang akan dilakukan sesuai dengan topik yang di bahas.



                                                                                    Bukittinggi    23 Oktober  2009
      Mengetahui                                                           Konselor
      Kepala SMPN 3 Bukittinggi





      Drs. Khairul Basri M.Pd.                                      Fitri Oktafia, S.Pd, Kons
      NIP : 196308271980012005                                NIP: 197310232005012004






























SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK

Tahap pembentukan

PK                         : Assalamualaikum Wr. Wb.
Peserta                   : Walaikum salam Wr.Wb
PK                         : Bagaimana khabar ananda sekalian?
Peserta                   : Alhamdulillah baik bu.
PK                         : Syukurlah kalau begitu. Ananda sekalian terimasih ananda dapat
                                hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini
                                bermanfaat bagi kita semua. Amin
Peserta                   : Semoga demikian bu, Amin

PK                         : Nah sekarang ibu akan menjelaskan kepada ananda bahwa hari
                                 ini kita akan melaksanakan bimbingan kelompok. Siapa yang
                                 sudah tahu apa itu bimbingan kelompok ?
Peserta                   : Tahu bu
PK                         : Kalau tahu coba sebutkan apa itu bimbingan kelompok?
Peserta                   : Membahasa masalah dalam kelompok bu
PK                         : ya, siapa yang mau menambahkan
Peserta                   : Bantuan yang diberikan guru pembimbing terhadap kelompok 
                                dengan menggunakan keaktifan anggota kelompok bu
PK                :  OK ananda sekalian, kita coba menggabungkan pendapat teman ananda tadi ya. Bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang ada dalam layanan konseling. Bimbingan kelompok ini merupakan bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada peserta kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Gimana, bisa dipahami?
Peserta                         ; Dinamika kelompok itu apa maksudnya bu ?
PK                               : Ayo siapa yang bisa membantu menjawabnya ?
Peserta                         : Diam
PK                               : Dinamika kelompok itu maksudnya kegiatan yang hidup dan berkembang dalam kelompok dengan ditandai adanya diantara ananda nantinya dalam membahas topik yang ibu kemukakan dengan  saling mengungkapkan pendapat, dan ada yang bertanya
Peserta                         : Apa kita semua harus berbicara nantinya bu ?
PK                               : Tentu ananda. Ananda nantinya akan terlibat aktif, baik dalam memperhatikan mendengar dan memahami topik yang kita bahas agar bisa membahas topik ini dengan baik nantinya.
Peserta                         : O.... begitu Bu
PK                               ; Ia.ananda sekalian sebelum kita membahas topik bimbingan ibu perlu mempertegaskan kepada ananda bahwa dalam bimbingan kelompok ini ada asas yang perlu ditaati seperti asas kesukarelaan karena kalau ananda dengan sukarela mau mengikuti kegiatan ini dapat mendukung asas, terbukaan, dimana ananda mau terbuka untuk menyampaikan pendapat ananda. Dan yang lebih pentingnya adalah asaskerahasiaan. Di sini kita semua wajib untuk mengaja segala kerasiaan dan tidak boleh membuka rahasia ini diluar kegiatan bimbingan kelompok. Bagaimana ? Ananda bisa memeng kerahasiaan itu ?
Peserta                         : Insya allah Bu
PK                               : Ananda sekalian, karena ananda yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini berasal dari kelas yang berbeda. Alangkah baiknya kita saling memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kita boleh bertanya lebih dalam tentang anggota kelompok yang memperkenalkan diri. Untuk itu ibu akan memperkenalkan terlebih dahulu tentang diri ibu kemudian ananda secara bergantian juga memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan peserta kelompok
Peserta                         : ( Semua saling memperkenalkan diri)
PK                               : Ananda sekalian untuk lebih memudahkan kita mengenal nama teman kita,  marilah kita kita lakukan suatu permainan yaitu ”Rangkaian nama”. Caranya kita akan menyebutkan nama kita dan diikuti oleh teman kita dengan cara menyebutkan nama teman sebelumnya terlebih dahulu, kemudian baru menyebutkan namanya. Begitu seterusnya. Bisa dicobakan ?
Peserta                         : Dicoba dulu bu.


Tahap Peralihan

PK                               : Ananda sekalian mudah-mudahan dengan permaianan ini kita semakin kenal dan semakin akrab.

Tahap Kegiatan
PK                               : Ananda sekalian, sepertinya kita akan mulai melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok. Perlu ibu ingatkan kembali agar ananda terlibat aktif nantinya dalam kegiatan ini. Topik ini kita bahas sebaik-baiknya nantinya. Apakah ananda sudah memiliki kesiapan untuk mengikutinya ?
Peserta                         : Sudah Bu


Tahap Kegiatan :
PK                              : Ananda sekalian dalam bimbingan kelompok ada dua bentuk
                                      topik bentuk yaitu topik bebas yaitu topik yang ditentukan oleh
                                      peserta kelompok, dan topik tugas yaitu topik yang ditentukan
                                       oleh pimpinan kelompok yaitu dari ibu sendiri. Untuk
                                      kesempatan ini   topik yang akan kita gunakan adalah topik
                                      tugas. Bisa disepakati?
Peserta                         : Sepakat Bu.....
PK                               : OK, Ananda sekalian sebagaimana kita dengar dan kita lihat
                                      dalam kehidupan sehari-hari sering kali terjadi contek-mencontek
                                      dalam ujian. Semoga di sekolah kita ini tidak demikian.
Peserta                         :  Ada yang Tertawa dan  ada tersenyum
PK                               : Sekarang mari kita bahas secara mendalam tentang ”Mencontek
                                      dalam ujian”. Apa saja yang anada ketahui tentang mencontek
                                      dalam ujian. Mulai dari apa itu mencontek, mengapa harus
                                      mencontek, akibat mencontek dan apa usaha yang dapat
                                      dilakukan agar tidak terbiasa mencontek dalam ujian. Silahkan
                                      ananda tanggapi topik ini.
Peserta                         : (sambil mengangkat tangan ) Saya coba berpendapat ya bu. Kalau
                                      menurut saya mencontek itu menyalin jawaban teman bu
PK                               : Ya, bagus, ada yang menambahkan ?
Peserta                         :  Kalau menurut saya mencontek itu adalah suatu tindakan yang
                                      dilakukan oleh peserta didik dalam ujian yaitu dengan meniru dan
                                      menyalin jawaban teman untuk jawaban ujiannya
PK                               : Iya, semakin bagus jawabannya. Nah sekarang apa kira-kira
                                     faktor penyebab timbulnya perilaku mencontok dalam ujian ?
Peserta                         : Kurang belajar bu.
PK                               : Ya, apalagi ?
Peserta                         : Lupa-lupa ingat yang sudah dipelajari jadi takutnya salah
                                      Jadi salah menjawabnya makanya  nyontek  bu
PK                               : Ayo apalagi ?
Peserta                         : Kurang mengerti pelajarannya buk, apalagi kalau ada rumus-
                                      Rumusnya
PK                               : Apalagi ?
Peserta                         : Malas , lagian bikin pusing kepala !
PK                               : Maksudnya ?
Peserta                         : Ya, habis pelajarannya sulit-sulit dari pada pusing mendingan
                                      nonton TV atau sms an kan lebih asyik.
Peserta                         : Mumpung ada kesempatan kenapa tidak dimanfaatkan sebaik-
                                      baaiknya . jarang guru yang kiler-kiler lo bu. Kalau kiler nga
                                       bakan jadi  tu nyonteknya
Peserta                         : (Tertawa ) ha ha ha hu........
PK                               : Ok, kita sudah tahu faktor penyebabnya. Sekarang mari kita
                                      bahas apa akibatnya kalau mencontek?
Peserta                         : Nga ada ruginya bu, untung malahan. Nilainya kan jadi bagus
PK                               : Oh ya ....!
Peserta                         : Iya bu, yang belajar aja belum tentu dapat nilai bagus. Tuh
                                      contohnya kakak ku. Rajin belajar sering diam di kamar dan lupa
                                      makan, ternyata hasil belajarnya biasa-biasa saja. Malahan ada
                                      pelajarannya satu yang tidak tuntas.
PK                               : Begitu. Ada lagi yang berpendapat ?
Peserta                         ; Iya bu, untuk sementara mencontek itu pahlawan untuk sukses
PK                               : setelah itu, bagaimana sengan kemampuan / dampaknya terhadap
                                      penguasaan pelajaran ?
Peserta                         : Nah, itu dia buk, kalau berbicara tentang kemampuan, itu dia
                                      Masalahnya. Udah jelas kemampuannya tidak akan lebih baik.
PK                               : Kalau ditinjau dari segi keyakinan agama , boleh nga nyontek ?
Peserta                         ; Ya nga lah bu
PK                               : Jadi apa sebenarnya akibat kalau menyontek dalam ujian
Peserta                         : Tidak konsentasi karena sering diganggu teman yang minta
                                       Contekkan dan merugi karena nilai orang yang mencontek lebih
                                       tinggi dari orang yang memberikan contekan
Peserta                         : timbul kebodohan dan tumbuh kebiasaan sebagai orang yang
                                      Munafik.
PK                               : Berarti perilaku mencontek itu tidak baik. Tidak hanya bagi orang
                                      yang menyontek akan tetapi bagi  orang yang memberi contekan
Peserta                         ; Benar bu.
PK                               : Sekarang apa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk tidak
                                       mencontek dalam ujian        :
Peserta                         : Berniat untuk belajar dengan sungguh-sungguh
PK                               : Ya
Peserta                         : Sediakan waktu luang untuk belajar
                                      Apalagi ?
Peserta                         ; Buat jadwal belajar dan patuhi itu
PK                               : Apalagi                     
Peserta                         : Belajar dengan sering walaupun dengan waktu yang tidak lama
PK                               : Bagus, semua ananda sudah mengemukakan pendapatnya. Ibu
                                      sangat bangga dengan semanagat dan sikap proaktif yang ananda.
                                      Sekarang apa masih ada yang ingin mengemukakan pendapatnya?
Peserta                         : (Saling melirik) Sudah Bu sepertinya sudah cukup.
PK                               : OK, Ananda tentu sudah tahu dan memahami bahwa 
                                      menyontek dalam ujian itu adalah perbuatan yang tidak baik dan
                                      merugikan. Mudah-mudahan mulai hari ini anada sudah dapat
                                      menentukan sikap itu tidak mencontek.
PK                               : Ananda sekalian untuk mencairkan ketegangan pikiran kita dalam
                                      diskusi ini bagaimana kalau kita melakukan permainan ?
Peserta                         : Ayo bu.....
PK.                              : Permainannya menyebutkan bunyi suara binatang yang salah
                                      diminta untuk menampilkan kebolehannya
Peserta                         : Melakukan permaianan








                         



Tahap Pengakhiran
PK                               : Ananda sekalian kita akan mengakhiri kegiatan kita ini, sebelum
                                     kegiatan ini diakhiri ibu ingin tahu bagaimana kesan-kesan ananda
                                     terhadap semua kegiatan yang kita lakukan tadi?

Ibah                             : Saya senang sekali, karena baru sekali ini saya belajar lebih aktif
                                      untuk mengemukakan pendapat

Sundari                        : Saya juga senang bu, kegiatannya sangat membuka wawasan dan
                                      saya dapat penyegaran juga dengan permainan
Endang                        : Saya juga senang bu
Riri                              : Saya senang karena ini sering terjadi di kelas mudah-mudahan
                                      kita tidak nyontek lagi dalam ujian
Siti                               : Senang bu, topik yang dibahas sangat menarik dan nyata terjadi
                                      dalam kehidupan kita
PK                               : Ananda sekalian, apakah kegiatan ini akan kita lanjutkan ?
Ety                              : Boleh bu, tapi jangan dalam waktu dekat ini
PK                               : Kapan kira-kira kita laksanakan lagi ?
Yanti                           : Bagaimana kalau hari Minggu depan lagi bu karena selain hari
                                      minggu sepsertinya sulit bagi kami untuk dapat melakukan
                                     kegiatan ini
Ibah                             : Saya setuju dengan pendapat Yanti, karena minggu besok ada
                                     praktek kita akan mempersiapkan diri dulu untuk mengikuti ujian
                                     praktek
PK                               : Bagaimana, yang lainnya. Setuju hari Minggu kita lanjutkan
                                     kegiatan ini ?
Riri                              : Setuju Bu...
PK                               : Ananda sekalian, terima kasih atas keikut sertaan ananda. Agar
                                      kegiatan yang telah dilakukan diberkati oleh Allah marilah kita
                                      berdoa bersama-sama.
Peserta                         : Berdoa bersama Alhamdulillah

PK                               : Sebelum kita berpisah marilah kita bersalam-salaman sambil
                                      menyanyikan lagu sayonara


--------------------------oooooooooooooooooooooooooooo ---------------------------------------
           


Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

ASESMEN DIAGNOSTIK P5 - KEARIFAN LOKAL

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila