BIMBINGAN KELOMPOK

PERENCANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK


No.                  : 1
Nama               : Ibah Habibah,S.Pd

NIP                 :               
 Sekolah          : SMP Islamiyah Depok

A. Jenis kegiatan                     : Layanan bimbingan kelompok
B. Bidang Bimbingan             : Pribadi dengan baik dan benar
C. Standar Kompetensi           : Mempersiapkan diri untuk menghadapi UN
D. Kompetensi                        : Memahami apa yang perlu dipersiapkan untuk
                                                  menghadapi UN

E. Tujuan                                 :  Mampu mempersiapkan diri untuk menghdapi UN
                                                   dengan baik
                                                 
F. Sasaran                                : Peserta didik kelas IX
G. Pemimpin Kelompok         : Ibah Habibah, S.Pd
G. Tenik                                  : Diskusi Kelompok
H. Eksperien                           : 1. Tahap Pembentukan
                                                  2. Peralihan
                                                  3. Kegiatan               
                                                  4. Pengakhiran                     
                                               

I.       Identifikasi :
Refleksi tahap satu untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat mengemukakan pengetahuan dan pengelaman serta pandangannya terhadap topik yang dibahas
                                                                                          
J. Analisis
Refleksi tahap dua untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat memikirkan dan mencari beberapa jalan untuk pemecahan masalah
  
K. Generalisasi
           
Refleksi tahap tiga  untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat membuat rencana yang akan dilakukan sesuai dengan topik yang di bahas.



                                                                                    Depok   26 Oktober  2009
      Mengetahui                                                           Guru Pembimbing
      Kepala SMP Islamiah





      Madamin S.Pd                                                      Ibah Habibah, S.Pd


  

SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK

Tahap pembentukan

PK                   : Assalamualaikum Wr. Wb.
Peserta             : Walaikum salam Wr.Wb
PK                   : apa kabar ananda sekalian ?
Peserta             : Alhamdulillah baik bu.
PK                   : Amin. Anak-anak sekalian terimasih ananda dapat
                          hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini
                          bermanfaat bagi kita semua. Amin
Peserta             : Amin
PK                   : Anak-anak,  ibu akan menjelaskan  bahwa hari
                           ini kita akan melaksanakan bimbingan kelompok. Siapa yang
                           sudah tahu apa itu bimbingan kelompok ?
Sundari            : saya bu. Bimbingan kolompok adalah bimbingan yang diberikan
                          guru pembimbing seperti kegiatan kita sekarang bu
PK                   : Bagus, siapa yang dapat menambahkan ?
Siti                   : Kegiatan guru pembimbing dengan peserta kelompok bu
PK                   : ya, siapa lagi ?
Riri                  : Bantuan yang diberikan guru pembimbing terhadap kelompok 
                           dengan menggunakan keaktifan anggota kelompok bu
PK                   : OK anak-anak sekalian, berari Bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang ada dalam layanan konseling. Bimbingan kelompok ini merupakan bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada peserta kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Gimana, bisa dipahami?
Fitri                 Dinamika kelompok itu apa maksudnya bu ?
PK                   : Ayo siapa yang bisa membantu menjawabnya ?
Peserta             : Diam
PK                   :Dinamika kelompok itu maksudnya kegiatan yang hidup dan berkembang dalam kelompok dengan ditandai adanya diantara ananda nantinya dalam membahas topik yang ibu kemukakan dengan  saling mengungkapkan pendapat, dan ada yang bertanya
Endang            : Kalau tidak ikut bicara bagaimana bu? ?
PK                   : Berarti dinamikanya tidak berjalan dengan baik. Ibu yakin anak-anak bisa aktif mengikuti kegiatan ini nantinya. Bukan kah begitu anak-anak ?.
Peserta             : Iya Bu


PK                      Anak-anak, sebelum kita membahas topik bimbingan ibu perlu mempertegaskan bahwa dalam bimbingan kelompok ini ada asas yang perlu ditaati seperti asas kesukarelaan karena kalau ananda dengan sukarela mau mengikuti kegiatan ini dapat mendukung asas, terbukaan, dimana ananda mau terbuka untuk menyampaikan pendapat ananda. Dan yang lebih pentingnya adalah asaskerahasiaan. Di sini kita semua wajib untuk mengaja segala kerasiaan dan tidak boleh membuka rahasia ini diluar kegiatan bimbingan kelompok. Bagaimana ? kalian semua bisa memeng kerahasiaan itu ?
Peserta             : Insya allah Bu
PK                   : anak-anak sekalian alangkah lebih baiknya kita jalin keakraban kita terlebih dahulu karena kalian  yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini berasal dari kelas yang berbeda. Mari kita saling memperkenalkan diri dan masing-msing kita silahkan bertanya terhadap teman kita yang memperkenalkan diri nantinya Untuk pertama kalinya ibu akan memulai terlebih dahulu kemudian ananda secara bergantian juga memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan peserta kelompok
Peserta             : ( Semua saling memperkenalkan diri)
PK                   : Anak-anak, selanjutnya untuk memudahkan kita mengenal nama teman kita,  marilah kita kita lakukan suatu permainan yaitu ”Rangkaian nama”. Caranya kita akan menyebutkan nama kita dan diikuti oleh teman kita dengan cara menyebutkan nama teman sebelumnya terlebih dahulu, kemudian baru menyebutkan namanya. Begitu seterusnya. Bisa dicobakan ?
Peserta             : Bisa bu...


Tahap Peralihan

PK                   : Mudah-mudahan dengan permaianan ini kita semakin kenal dan semakin akrab dalam kelompok ini.

Peserta             : Mengangguk kan kepala
PK                   : Anak-anak sekalian, sepertinya kita akan mulai melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok. Perlu ibu ingatkan kembali agar ananda terlibat aktif nantinya dalam kegiatan ini. Topik ini kita bahas sebaik-baiknya nantinya. Apakah ananda sudah memiliki kesiapan untuk mengikutinya ?
Peserta             : Siap Bu.


Tahap Kegiatan :
PK                  : Anak-anak sekalian dalam bimbingan kelompok ada dua bentuk
                       topik bentuk yaitu topik bebas yaitu topik yang ditentukan oleh
                       peserta kelompok, dan topik tugas yaitu topik yang ditentukan
                        oleh pimpinan kelompok yaitu dari ibu sendiri. Untuk
                       kesempatan ini   topik yang akan kita gunakan adalah topik   tugas. Yaitu tentang Persiapan untuk menghadapi UN.
Peserta          : Iya bu
PK                : Anak-anak sekalian  sebagaimana kita dengar dan kita lihat dalam
                       kehidupan sehari-hari masih ad peserta didik yang mendapatkan prestasi 
                       yang belum memuaskan dalam UN bahkan ada yang gagal dalam
                       menghadapi UN. Semoga Peserta didik di sekolah kita ini sukses selalu
                       dalam UN
Peserta             :  Iya, mudah-mudahan begitu bu. Amin
PK                   : Sekarang mari kita bahas secara mendalam tentang ”Persiapan
                          menghadapi UN” . Anak-anak silahkan mengemukakan pendapatnya
                          mulai dari apa itu UN, apa yang perlu dipersiapkan untuk mengdapi UN,
                         Kapan saja kita harus mempersiapkan diri untuk UN, manfaat
                          mempersiapkan diri untuk UN? Apa akibatnya kalau tidak memper-  
                         siapkan diri untuk UN. Apa Usaha yang akan dilakukan agar sukses
                         dalam menghdapi UN.Ayo silahkan keluarkan pendapatnya apa itu UN
Endang            : Saya bu, UN adalah Ujian Nasional bu
PK                   : Ya, siapa yang bisa menambahkan ?
Siti                   : UN adalah ujian yang harus diikuti peserta didik sebagai akhir kegiatan
                          Belajarnya di sekolah pada  tingkat pendidikan tertentu
PK                   : Bagus. Sekarang coba dikemukakan  mengapa peserta didik perlu
                          mempersiapkan ?
Yanti               : Saya bu, biar nga tegang ketika menghadapi UN
PK                   : Ya, Apa lagi/
Fitri                 : Biar PD saat UN bu
PK                   : Ya, apa lagi ?
Riri                  : Memungkinkan sekali  sukses dalam menghadapi UN dan dapat
                          kesempatan yang besar untuk melanjutkan pendidikan sekolah faforit
                          yang diinginkan
                        
PK                   : Bagus. Sekarang coba anak anak apa  saja yang perlu dipersiapan untuk
                          menghadapi UN ?

Siti                   : Persiapan belajar bu
PK                   : Belajar yang bagaimana kira-kira?
Sundari            : Seperti ini bu. Rajin mengulangi pelajaran di rumah dan ikut les
Ety                  : Membahas soal-soal UN bu
Endang            : Mengikuti belajar tembahan bu
PK                   : Ya benar. Nah persiapan apalagi kira-kira ?
Yanti               : Fisk bu, seperti menjaga kebersihan dan kesehatan
Ety                  : Makan yang teratur bu
Fitri                 Memakan makanan yang tidak berbahaya bu
PK                   : Maksudnya ?
Endang            : Makanan sehat maksudnya buk. Yang banyak formalin dan
                          Pengawetnya
PK                   : Ya, persiapan lainnya apa?
Siti                   : Pikiran bu, seperti nga banyak mikir dan nga stress
PK                   : Apa yang akan dilakukan supaya pikirannya nga terganggu
Riri                  : Nga mikirin yang yang perlu bu. Kalau ada masalah cepat dituntaskan
Ety                  : Makanya dengan mempersiapkan diri untuk ujian juga dapat mengurangi
                          stes saat ujian.

PK                   : Apa akibatnya kalau tidak mempersipkan diri untuk UN ?
Sundari            : Gagal dalam UN bu
Fitri                 : Nga bisa masuk sekolah favorit kita karena hasil UN rendah
Riri                  : Sulit masuk ke sekolah lanjutan yang negeri bu

PK                   : Nah. Sekarang, dalam kelompok ini kira-kira apa akan dipersiapkan agar
                          mudah dalam menghadapi UN?
Ety                  : Mempersiapkan belajar, menjaga kesehatan dan menjaga pikiran agar
                          nga stres
Siti                   : Iya bu, kita akan kumpulkan soal-soal UN untuk dibahas, mulai
                          membuat jadwal belajar dan mematuhinya bu
Endang            : Belajar tambahan / les
Riri                  : Dan memakai prinsip belajar 3 x 1. Maksudnya dalam sehari itu lebih
                          sering belajar walaupun tidak terlalu lama waktunya
PK                   : apalagi /
Fitri                 : Tidak absen ke sekolah Bu
PK                   : Ya, apa lagi /
Peserta             : Diam
PK                   : Nah berarti anak-anak sudah pahamkan tentang persiapan yang
                          diperlukan untuk menghadapi UN dan apa manfaatnya. Semoga kalian
                          dapat melaksanakannya dengan baik mulai hari ini
Peserta             : Ya


                      
Tahap Pengakhiran
PK                               : Anak-anak sekalian kita akan mengakhiri kegiatan kita ini,
                                      sebelum kegiatan ini diakhiri ibu ingin tahu bagaimana kesan-
                                      kesan ananda
                                     terhadap semua kegiatan yang kita lakukan tadi?

Fitri                             : Saya senang sekali, karena baru sekali ini saya belajar lebih aktif
                                      untuk mengemukakan pendapat
Endang                        : Saya juga senang bu
Riri                              : Saya senang karena saya kan juga akan menghadapi UN jadi saya
                                      dapat mempersipkan diri mulai sekarang                                     
Siti                               : Senang bu, topik yang dibahas ini menambah wawasan kita yang
                                      akan menghadapi UN
                                     
PK                               : Anak-anak, apakah kegiatan ini akan kita lanjutkan ?
Ety                              : Boleh bu, tapi jangan dalam waktu dekat ini
PK                               : Kapan kira-kira kita laksanakan lagi ?
Yanti                           : Minggu depan aja bu, tapi jangan terlalu pagi ya bu kira-kira jam
                                       09.00 gimana bu
                                      
Ety                              : Iya bu karena minggu pagi biar nga terburu-buru berangkat dari
                                      rumah dan bisa bantuin orang tua pagi itu
                                     praktek kita akan mempersiapkan diri dulu untuk mengikuti ujian
                                     praktek
PK                               : Bagaimana, yang lainnya. Setuju hari Minggu kita lanjutkan
                                     kegiatan ini ?
Riri                              : Setuju Bu...
PK                               : OK, terima kasih atas keaktifan kalian dalam kegiatan ini. Agar
                                      kegiatan yang telah dilakukan diberkati oleh Allah marilah kita
                                      berdoa bersama-sama.
Peserta                         : Berdoa bersama Alhamdulillah

PK                               : Sebelum kita berpisah marilah kita bersalam-salaman sambil
                                      menyanyikan lagu ’’ gelang sipatu gelang”


------------------------- ---------------------------------------
           



Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

ASESMEN DIAGNOSTIK P5 - KEARIFAN LOKAL

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila