BK Perkelahian antar Pelajar
BIMBINGAN KELOMPOK
TAHAP I
“PEMBENTUKAN”
Pemimpin
Kelompok : Ass. Wr. Wb. Selamat pagi anak-anak, terima kasih atas
partisipasinya untuk melakukan kegiatan ini. Sebelum kegiatan kita mulai berdoa
menurut agama masing-masing, berdoa dimulai…… berdoa selesai. Ada yang pernah mendengar dan dapat menjelaskan
apa itu bimbingan kelompok.
Peserta kelompok : Saya bu, Bimbingan kelompok itu
merupakan
< SI > kegiatan
bimbingan yang dibahas dalam kelompok.
Pemimpin
Kelompok : Ya…bagus,terimakasih, ada lagi yang berpendapat?
Persrta
kelompok : Saya bu,menurut saya bimbingan kelompok
( TI ) itu
adalah kegiatan bimbingan didalam kelompokyang digunakan dinamika kelompok.
Pemimpin
kelompok : Baiklah, mari kita simpulkan pengertian bimbingan kelompok
adalah bimbingan yang diberikan dalam kelompok dan membahas sesuatu masalah
umum yang dialami oleh peserta kelompok.
Adapun
tujuan kegiatan kita ini adalah agar maisng-masing kita berlatih untuk bisa
mengeluarkan pendapat, ide-ide, mengajukan saran atau usul dan berusaha untuk
dapat menerima dan menanggapi keadaan teman atau anggota kelompok. Kita semua
aktif, saling memberi dan menerima pendapat. Memang akan sangat mengasikan, sekarang
bagaimana kita melaksanakan kegiatan ini, pertama-tama nanti akan kita tetapkan
permasalah yang akan kita bahas. Kemudian kita brsama-sama membahas
permasalahan itu. Anak-anak semua diminta berpendapat. Anak-anak saling
berintekrasi, saling melemparkan pendapat dan saling menanggapi duduk kita
dibuat melingkar seperti ini agar kita dapat dengan mudah melempar pendapat
kepada kawan. Dengan demikian, kelompok kita akan aktif dan dinamis.
Peserta
Kelompok : Jadi, semuanya harus bicara bu..?
<KO>
Pemimpin
Kelompok : O, iya semua diminta bicara, memberikan pendapat kalau perlu
menyatakan tidak setuju kepada pendapat yang dilontarkan oleh kawan. Jangan
ragu-ragu, sampaikan saja pendapat itu. Anak-anak harus terbuka tidak usah
malu-malu atau ragu-ragu. Berterusteranglah apa adanya. Dalam mengemukakan
pendapat itu anak-anak bersikap sukarela dan rahasia atau tidak boleh diketahui
orang lain artinya kita tidak akan membocorkan keluar kelompok, termasuk ibu
sendiri yang memegang rahasia yang mungkin akan dikemukakakan nanti?.
Peserta : Dapat…..?
Pemimpin
Kelompok : Anank-anak, kita sudah berbicara banyak hal, tetapi kita
saling mengenal dulu, marilah kita saling berkenalan agar timbul rasa kasih
saying diantara kita. Pertama Ibu akan memperkenalkan dulu nama ibu, Endang
Purwati, pekerjaan Guru SMPN 1 Ngemplak Boyolali Jawa Tengah, Jurusan BK, sekian
dulu. Ada yang
ingin menanyakan sesuatu hal?.
Peserta
Kelompok
<OS> : Keluarga Ibu?
Pemimpin
Kelompok :
(CI> : Alamat Ibu…?
Pemimpin
Kelompok : Ya… Alamat Jln. Roket 02 Komp. Radar TNI AU Solo, cukup?ya
rasanya cukup sekian dulu, siapa yang mau perkenalkan lagi?
Si. : Saya, bu, Nama saya Si ….kelas VII D
Pemimpin
Kelompok : Bagus, ayo siapa lagi
Ti : Nama saya Ti ….kelas VII C
KO : Nama, saya Ko …Kelas VII B
OS : Nama saya OS …kelas VII A
Ci : Nama saya Ci… kelas VII E
Pemimpin
Kelompok : Baik anak-anakku, kita sudah saling mengenal. Untuk lebih
mengakrabkan lagi kita semua melakukan permainan rangkaian nama”. Caranya
namanya kita rangkai, misalnya dari sebelah kanan saya “Ko”, Ko menyebut
namanya sendiri, kemudian yang kedua … siapa namanya…, O, ya Ti menyebut nama
Ko jadi menyebut dia nama Ko dan Ti. Sewaktu Ti menyebut nama Ko, Ti menatap
wajah Ko. Demikian seterusnya Ok? Mari, kita merangkai nama, mulai dari Ko….
TAHAP II
“PERALIHAN”
Pemimpin
Kelompok : Baiklah anak-anakku. Kita sudah saling mengenal dan bahkan
rasanya sudah akrab sekali. Hubungan dalam kelompok kita sudah hangat….
Kita
akan melakukan tugas selanjutnya yaitu kegiatan inti bimbingan kelompok bahwa
kelompok ini akan membahas sesuatu permasalahan, untuk itu langkah-langkah
pertama menetapkan permasalahan atau topik pokokyang akan kita bahasa, sesudah
itu kita akan berdiskusi secara aktif membahas masalah atau topic kita apakah
anank-anak sudah siap untuk membicarakan suatu topic yang kita anggap penting?
Peserta : Sudah siap Bu…?
TAHAP III
“KEGIATAN”
Pemimpin
Kelompok : Ya, sekarang ibu akan menyampaikan suatu topik “Perkelahian Antar Pelajar”.
Ti. : Bagus, bu masalah itu perlu kita
bicarakan karena banyak teman-teman kita suka berkelahi dengan anak MTsN.
Bu….sekolah sebelah.
Pemimpin
Kelompok : Ya, Apa saja, Silahkan anda berpendapat apa saja tentang
perkelahian pelajar itu, dan mengapa hal itu sampai terjadi dan bagaimana sikap
kita, silahkan bebas berpendapat.!
Ci : Saya bu… saya berpendapat perkelahian
itu dimulai karena adanya saling mengejek?
Os : Ya bu, ada yang dimulai karena rebut
cewek, mereka tersinggung kalau ceweknya kita godaian.
Ko. : Wah, itu kurang persatuan aja bu,
emangnya yang cantik cewek sana
aja. Kita disini juga banyak cewek cantik. Ngapai cewek direbutin sekarang
tugas kita belajar dulu.
Ti. : Seharusnya kita dapat mengendalikan dan
bermusyawarah tidak emosional.
Pemimpin
Kelompok : Bagus sekali pendapat kalian, siapa yang amu menanggapi…
Ci : Saya kurang setuju dengan pendapat “OS”,
berantem kok karena cewek seharusnya kita bersatu demi kemajuan bangsa kita.
Oke!
Ko : Ya… berarti persatuan kita kurang….
Bagaimana
masa depan bangsa kita, antar sekolah aja berantem.
OS : Ya… kita harus bersatu tegug bercerai
kita runtuh. Mari kita bangun Negara kita diawali dengan persatuan dulu… Ojo
berantem.
Pemimpin
Kelompok : Ok…bagus, silahkan Ci…
Ci : Bu… siswa yang berkelahi itu, karena
mereka tidak menyadari dampak negative dari perkelahian, karena berkelahi
merusk nama dan bangsa, serta nama baik sekolah.
Pemimpin
Kelompok : Ok, Ci kali ini kita sudah membicarakan topik antar
“Perkelahian Pelajar”
Pemimpin
Kelompok : Baiklah anak-anak, semua anggota kelompok disini telah
mengemukakan pendapatnya masalah Perkelahian antar Pelajar sudah kita
bicarakan, sekarang kita tarik kesimpulan.
Ko : Akibat perkelahian antar pelajar buruk
sekali, mari kita berusaha agar tidak terjadi perkelahian.
Pemimpin
Kelompok : Ok bagus sekali, dan apa yang perlu dilakukan?
Os : Ya bagus itu bu, kita perlu lakukan
adalah melaksanakan tugas kita belajar. Konsentrasi untuk masa depan.i
Pemimpin
Kelompok : Bagus sekali. Kita jaga persatuan antar pelajar di sekolah
kita dan persatuan pelajar di semua daerah. Perkelahian jangan terjadi,
konsentrasikan tugas kita belajar untuk masa depan.
TAHAP IV
“PENGAKHIRAN”
Pemimpin
Kelompok : Anak-anak kita sudah banyak yang kita bicarakan dan sudah
kita simpulkan topic-topik pembahasan kita. Sekarang ibu ingin mendengar
kesan-kesan para siswa tentang kegiatan ini.
Si : Kesan saya baik, saya jadi berani bicara
mengemukakan pendapat.
Ti : Saya senang terkesan akrab bu…
Ci : Saya dapat mengutarakan isi hati saya
bu…
OS : Saya dapat menemukan bahan diskusi
Ko : Sebagai penutup, bu mudah-mudahan
kegiatan ini bisa berlanjut.
Pemimpin
Kelompok : Bagus, semua peserta sudah mengemukakan nama dan kesan-kesan,
bahkan “Ko” ingin kegiatan ini berlanjut.
Peserta : Ya… bu….
Pemimpin
Kelompok : Kapan?
Peserta : 10 hari lagi bu….
Pemimpin
Kelompok : Oke… nanti kita bicarakan lagi kelanjutannya.
Pemimpin
Kelompok : Anak-anak sudah sampai waktunya kita mengakhiri pertemuan
kita ini, ibu ingin mengucapkan terima kasih karena benar-benar dinamis.
Marilah kita berdo’a kepada Tuhan.
Seluruh
kegiatan diakhiri dengan lagu Sayonara dan Bersalaman.
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda