Sikap Dalam Kebiasaan Belajar
SKENARIO
BIMBINGAN KELOMPOK – KELOMPOK TUGAS
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DAYEUHKOLOT BANDUNG
NO
|
KONSELOR/KONSELI
|
PERNYATAAN KONSELI/RESPON
KONSELOR
|
KETERANGAN
|
1
|
Konselor
|
Asalammualaikum wrwb semangat
pagi anak – anak ( sambil tersenyum…………………)
|
I.
Tahap pembentukan
|
|
Konseli
|
Waalaikum salam Wrwb semangat pagi bu
|
|
|
Konselor
|
Apa
kabar hari ini anak – anak ? ( dengan ceria
|
|
|
konseli
|
Alhamduliiah ………….baik –baik bu
( kelihatan ceria ).
|
|
2
|
konselor
|
Sebelum memulai kegiatan ini
marilah kita berdoa terlebih dahulu ………. Supaya lancar
|
|
|
konseli
|
Berdoa menurut keyakinan masing
– masing
|
|
3
|
Konselor
|
Hari ini kita akan melaksanakan
tugas tentang bimbingan kelompok----kelompok tugas artinya adalah membahas
topic – topic yang menjadi kepedulian bersama anggota kelompok, adapun topik
nya nanti kita tentukan setelah kita musyawarahkan
|
|
|
konseli
|
Memperhatikan penjelasan tentang
pengertian bimbingan kelompok – kelompok tugas
|
|
4
|
konselor
|
oh…ya Ibu juga akan menjelaskan
apa tujuan bumbingan kelompok tugas itu, tujuannya adalah melatih untuk mampu
berkomunikasi dalam menyampaikan pendapat, membahas topic yang ditugaskan
secara mendalam, dan kalian semua harus aktif dan dinamis dalam embahas topic
tersebut dari berbagai sudut pandang ( pikiran , perasaaan tingkah laku ). Bagiamana anak – anak……. Apa kalian
sudah jelas tujuan bimbingan kelompok tugas tersebut ?
|
|
|
Konseli
|
Iya bu…….insya Allah sudah
jelas, sambil mencatat tujuan tugas bimbingan kelompok-------kelompok tugas tersebut.
|
|
5
|
Konselor
|
Oke kalau begitu ibu lanjutkan
ya….., tentang cara pelaksanaanya:
1. Tentukan siapa sebagai pemimpin kelompok
2. Pemimin kelompok mengngemukakan suatu topic untuk di bahas oleh
kelompok
3. Tanya jawab antara pemimpin dan anggota kelompok tentang topik
yang di kemukakan pemimpin kelompok
4. Semua anggota membahas topic yang di tugaskan secara mendalam
5. Seluruh anggota aktif dan dinamis membahas topic dari berbagai
sudut pandang
6. Mengambil kesimpilan dari hasil kegiatan topik yang dibahas
Bagaimana
sudah dimengerti tata cara pelaksanaannya ……? Jelas
|
|
|
konseli
|
Jelas bu………, kemudian menulis
dan mengingat cara pelaksanaan bimbingan kelompok---kelompok tugas tersebut
|
|
6
|
konselor
|
Ya berikutnya perhatikan azaz-
azaznya adalah
1. Kesukarelaan ( kalian harus iklas )
2. Keterbukaan ( harus mau menyampaikan pendapat, jagan di tutupi dan
terbuka )
3.
Kegiatan
( harus aktif dalam kegiatan ini )
4.
Kerahasiaan
( mensosialisaikan hasil dari kegiatan ini pada semua pihak yang memerlukan
|
|
|
Konseli
|
Ketua kelompok (seluruh anggota
dalam kelompok) merespon……, bertanya ? lalu berikutnya bagaimana bu ?
|
|
7
|
Konselor
|
Oke berikutnya estu sebagai
ketua kelompok kijang sebutkan nama – nama dalam anggota kelompok anda…….
|
|
|
Konseli
|
( ketua)…………….. iya bu, ini nama
– nama anggota dalam kelompok kami : kelopok kijang anggotanya ela
,eli,sopandi, anti,gatot,dinar,fatah,uli,bima
|
|
|
Konselor
|
Kelompok
harimau, wida tuliskan anggota kelompokmu
|
|
|
Konseli
|
Kelompok harimau asep, udin,
hendar, eko,dede,lela,yanti, ani, bela
|
|
|
konselor
|
Kelompok kuda, Ade sebutkan nama
kelompokmu
|
|
|
Konseli
|
Ade menyebutkan anggota kelompok : bima, nandang,ujang,
lia,rina,imas, tanti,iwan,wawan
|
|
|
konselor
|
Kelompok kucing, sofi sebutkan
nama kelompokmu
|
|
|
Konseli
|
Kelompok kucing : eva, fina,
cucun, tedi, jadma,cecep,nuraini,wati, dinar.
|
|
|
konselor
|
Alhamdulilah sekarang sudah
terbentuk kelompok, untuk itu ibu punya permainan agar kalian nantinya kompak,petunjuk
permainannya: apabila ibu menyebutkan nama kijang, maka sebagai anggota
kijang nomor 1 menjawab toktok no 2 menjawab sipa nomor 3 nenek, nomor 4
menjawab minta,nomor 5 menjawab susu,nomor 6 menjawab susu siapa, nomor
7,8,9,10 menjawab dengan kompak dengan menyebut nama kelompok lain, dan
seterusnya,Oke jelas semuanya
|
|
|
Konseli
|
Melaksanakan
permainan game tersebut…… ( dengan penuh semangat dalam kelompoknya )
HA….HA….HA… ceria
|
|
8
|
Konselor
|
Wow…. Ibu merasa senang sekali
kalian sudah terlihat kompak………, tapi sebelum kegiatan dimulai ibu akan
mengulangi kembali langkah – langkah kegiatan bimbingan kelompok –kelompok
tugas yang telah sampaikan diatas……. (Mengulangi langkah kegiatan diatas)
|
II.
Tahap Peralihan
|
|
Konseli
|
Merasa lebih memahami dan siap
untuk melaksanakan kegiatan ( konsentrasi …..)
|
|
9
|
Konselor
|
Coba…
bima, apakah anda sudah siap dan mengerti tentang tujuan dari bimbingan
kelompok ini….sebutkan diantaranya
|
|
|
Konseli
|
Siap bu…..,tujuan bimbingan
kelompok- kelompok tugas ini dantaranya untuk melatih siswa agar dapat
berkomunikasi dan membahas topi secara aktif dan dinamis dari berbagai sudut
pandang
|
|
|
konselor
|
Kalau
asep,menurut kamu bagaimana
|
|
|
Konseli
|
Iya bu… sama bu ……udah jelas
|
|
10
|
konselor
|
Iya benar sudah jelas….. sambil
tersenyum dengan pandangan meyebar kesemua anggota
|
|
|
Konseli
|
( sambil tersenyum juga ) semua
anggota siap memulai kegiatan dengan antusias
|
|
11
|
Konselor
|
Sekarang perhatikan ibu akan
memberikan contoh satu topik bahasan dalam bimbingan kelompok—kelompok tugas
“pengembangan
sikap dalam kebiasaan belajar”dimana masalah belajar ini selalu
actual, riil dan selalu menjadi kebutuhan kalian semua. Oke estu,wida,asep,ade
kalian masing-masing sebagai ketua
kelompok apakah sudah memahami dan siap memimpin kegiatan ini ?
|
|
|
konseli
|
Insya Allah siap bu……sambil
memandang (menyebar) …. Kesemua anggota kelompoknya
|
|
12
|
Konselor
|
Menentukan satu topic yang akan
dibahas dalam bimbingan kelompok-kelompok tugas” pengembangan sikap dalam
kebiasaan belajar” (senyuman selalu menebar………..)
|
III.
Tahap Kegiatan
|
|
konseli
|
Dengan cerianya setiap anggota
menuliskan topik dalam tugas tersebut pengembangan sikap dalam kebiasaan
belajar”
|
|
13
|
konselor
|
Perlu kalian ketahui, topik ini
penting kita bahas agar kalian semua ; dapat terampil membagi waktu dalam
belajar agar dapat menemukan teknik belajar yang baik,agar dapat mengatasi
kesulitan – kesulitan yang terjadi dan mengembangkan/memupuk semangat belajar
|
|
|
konseli
|
Merespon dan menulis pentingnya
pembahasan topic tersebut
|
|
14
|
konselor
|
Silakan ketua kelompok memimpin Tanya
jawab seputar materi topik tersebut….(estu,wida, asep,ade) :
1.
Menurut
kalian apa makna arti belajar?
2.
Target
yang bagaimanakah yang kalian canangkanuntuk pencapaian hasil yang optimal
dalam aktifitas belajar ?
3.
Hal
– hal apa saja yang menggangu konsentrasi belajar kalian di rumah ? mengapa
demikian ?
4. Bagaimana sikap kalian jika lupa memenuhi tugas belajar kalian
5. Konsultasikan hasil kegiatan belajar anda nantinya kepad guru
pembimbing
|
|
|
konseli
|
Masing – masing anggota tiap
kelompok bergantian menjawab point – point pertanyaan tersebut
|
|
15
|
konselor
|
Membahas topik secara tuntas. Belajar
adalah aktifitas utama yang harus di prioritaskan oleh seorang pelajar.
Selain belajar disekolah kalian juga harus memiliki aktifitas lain misalnya
ekstrakulikuler,pelajaran tambahan/les,dll. Dirumah kalian juga harus
membantu orang tua dan perlu waktu untuk bersosialisasi, bergaul yang
positif. Namun perlu kalian ingat bahwa tugas utama pelajar adalah
belajar.belajar tidak hanya di sekolah saja tetapi bias di rumah ditempat
les/bimbel bias berkelompok dengan teman atau dengan pembimbing dsb. Dalam
belajar pilihlah cara /metode yang tepat, waktu dan tempat yang berbeda agar
konsentrasi penuh sehingga tujuan belajar dapat tercapai dengan optimal.
|
|
|
konseli
|
Memperhatikan dengan antusias
semua pembahasan topik tsb hingga tuntas( seluruh anggota )
|
|
16
|
konselor
|
Bagaimana anak – anak sudah
paham ….. oke supaya kita tetap ceria…… kita ulang permainan susu nenek apabila ibu menyebutkan
nama kijang ( salah satu nama anggota kelompok ), maka sebagai anggota nomor
1 menjawab toktok no 2 menjawab siapa nomor 3 nenek, nomor 4 menjawab
minta,nomor 5 menjawab susu,nomor 6 menjawab susu siapa, nomor 7,8,9,10
menjawab dengan kompak dengan menyebut nama kelompok lain, dan seterusnya,Oke
jelas semuanya
|
|
|
konseli
|
Kembali dengan antusias dan
ceria melaksanakan permainan susu nenek tersebut
|
|
17
|
konselor
|
Ah…alhamdulilah sudah segar lagi
nich untuk itu kita harus ingat kembali yang telah kita sepakati apa yang
harus segera kita lakukan yang berhubungan dengan “pengembangan sikap dalam
kebiasaan belajar”oke dinar kamu sebutkan lagi
|
|
|
konseli
|
Melalui pembahasan seputar perkembangan sikap dalam belajar kami menemukan
kiat – kiat belajar yang baik,teknik belajar,sumber belajar dan cara mengatasi
kesulitan belajar.
|
|
18
|
konselor
|
Alhamdulilah anak – anak rasanya
kalian dapat memahami tujuan dari kegiatan ini dengan sebaik – baiknya
terbukti kalian bisa menyimpulkannya
|
IV Tahap
pengakhiran
|
|
konseli
|
Terima
kasih bu mudah – mudahan kita bias melaksanakannya
|
|
19
|
konselor
|
Untuk itu kalian bias
meyampaikan kesan dan menilai kemajuan yang anda capai setelah
melaksanakannya nanti
|
|
|
Konseli
|
Insya Allah kita akan
melaksanakan Komitmen pengembangan sikap dalam kebiasaan
belajar”tersebut dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari – hari.
|
|
20
|
Konselor
|
Untuk pembahasan kegiatan
berikutnya cobalah dirumah anda siapkan topiknya dulu,kemudian minggu depan
kita tentukan
|
|
|
konseli
|
………. Siap bu
|
|
21
|
konselor
|
Jadi bagaimana kesan kamu dalam
kegiatan bimbingan kelompok – kelompok tugas ini?
|
|
|
konseli
|
Bagus sekali bu… ini akan
memberikan motivasi kepada kami untuk mengembangkan sikap dalam kebiasaan
belajar sehingga akan mencapai hasil prestasi yang optimal
|
|
22
|
Konselor
|
Ibu mengucapkan terima kasih
atas segala perhatian dan pelaksanaan dalam kegiatan ini semoga bermanfaat
|
|
|
konseli
|
Aa..min….. seluruh anggota ceria
dan antusias
|
|
23
|
konselor
|
Sebelum kita berpisah kita tutup
kegiatan ini dengan bersama – sama berdoa memanjatkan puji syukur kepada
Allah SWt
|
|
|
konseli
|
Berdoa
bersama sesuai dengan keyakinan masing - masing
|
|
24
|
konselor
|
Meninggalkan ruang bimbingan
|
|
|
konseli
|
Merapihkan keadaan kelasnya
|
|
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda