Bimbingan Kelompok (Games)
LAPORAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
GAME
SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK
A.
Nama
Kegiatan : Pembentukan dinamika
kelompok
dengan Permainan Teka-Teki
B.
Rasional
:
Melatih
kecepatan berpikir peserta didik dapat dilakukan bila individu mau belajar atau
berimajinasi serta bekerjasama memaksimalkan kemampuan yang ada.
C.
Tujuan
:
1. Peserta
didik dapat berkomunikasi secara efektif dengan segala keterbatasan yang ada
sehingga mampu mencapai tujuan.
2. Kekompakan kelompok
3. Menyelesaikan ide/kreativitas dalam
menyusun persoalan-persoalan yang ada
4. Melatih kecepatan dan ketepatan berfikir/imajinasi bersama-sama.
D.
Obyek
Sasaran : Kerjasama Peserta didik
E.
Subyek
Layanan : Siswa kelas VIIA1 & VIIA7
F.
Pelaksana
Layanan : Konselor sekolah/Guru pembimbing
sebagai fasilitator.
G.
Sumber-sumber
yang terlibat : Peserta didik sebagai pengamat
H.
Alat
dan Bahan :
1. Sedotan
2. Polpen
3. Kertas
4. Stic
I.
Skenario
teknik/Tahapan pelaksanaan :
1. Durasi
: 20-25 menit
a. Persiapan
: 5 menit
b. Pelaksanaan
: 10 menit
c. Refleksi
: 5 menit
d. Evaluasi
: 5 menit
2. Yang
harus dilakukan fasilitator :
a. Membentuk
kelompok jumlah anggota tiap-tiap kelompok 5 orang, Pembentukan kelompok dengan
cara membagikan sedotan berwarna-warni
yang telah dipotong-potong, selanjutnya berkelompok sesuai dengan jenis
apa yang mereka dapatkan.
b. Membacakan
atuaran permainan sebagai berikut :
1. Peserta
diminta membentuk kelompok berjumlah 5 orang
2. Setiap
orang dalam kelompok itu akan membentuk lingkaran.
3. Tugas peserta adalah erdiskusi dan konsentrasi
mencari jawaban-jawaban dari teka-teki yang ada dikertas bersama-sama.
4. Peserta
hanya di beri waktu 10 menit untuk mengerjakannya.
5. Setelah
selesai, Praktikan member makna dan mengevaluasi game yang diadakan.
J. Proses
Pelayanan
Hari/Tanggal
: Jum’at, 19 Agustus 2011
Jam
:
9:40-10:30
Tempat
: Ruang Bimbingan
kelompok
Tahap Kegiatan:
Melatih
Kecepatan Berfikir
Kemahiran Berfikir
Secara umumnya pemikiran adalah satu proses
yang melipatkan pengolahan mental tertentu yang bertindak dalam minda seseorang
dengan tujuan menyelesaikan masalah dan atau keputusan. Proses pemikiran adalah
operasi-operasi yang berlaku dalam mental individu. Dimana proses pembentukan
konsep atau prinsip. Proses pemahaman, penyelesaian masalah dan membuata
keputusan memerlukan operasi mental individu yang kreatif.
Proses Kognitif (Berfikir)
Kemahiran kognitif, keupayaan ia
berfikir, membuat keputusan, pemikiran kritis, pemikiran kreatif , kemahiran
ramalan.
Dalam rajah di
atas menunjukkan, apabila timbul sesuatu soal dan kita ingin mencari jawaban. Sebenarnya kita sedang mengalami
proses berfikir.Untuk mencari
jawaban kita menggunakan segala aspek yang terdapat dalam kotak minda kita
yaitu:
Ø Mahir dalam menyatakan sesuatu
kenyataan dengan jelas
Ø Kemahiran mencari jawaban untuk
mencari sesuatu persoalan
Ø Senantiasa mencari maklumat dengan
menggunakan bahan-bahan rujukan
Ø Mengambil semua perkara dalam sesuatu situasi
Ø Menumpukan kepada bebrapa isi-isi
penting
Ø Mencari pilihan-pilihan atau
alternatif lain jika ada
Ø Fikiran terbuka
Ø Sensitif kepada pemikiran
tindak-tanduk orang lain
Tujuan:
1. Belajar Kelompok
Karena
belajar kelompok
merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Dengan adanya teman, acara
belajar kamu jadi lebih semangat dan bisa sama-sama mencari jawaban dari soal
yang paling sulit sekalipun.
- Kekompakan
kelompok
- Menyelesaikan
ide/kreativitas dalam menyusun persoalan-persoalan yang ada
- Melatih
kecepatan dan ketepatan berfikir/imajinasi
bersama-sama.
Sumber:
Tulislah nama-nama kelompok:
1.
2.
3.
4.
5.
6.
A. Disediakan
1 buah permainan
B. Ada10
nama-nama Hewan kedalam kotak yang disediakan
C. Lengkapi
huruf yang belum beraturan dalam kotak di
atas agar menjadi nama-nama hewan
D. Dalam
kotak di atas dari berbagai populasi hewan, hewan laut , hewan darat, hewan air
tawar.
K
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
L
|
|
N
|
|
|
L
|
|
||
|
A
|
|
A
|
|
|
I
|
|||
I
|
|
|
|
|
|||||
|
|
B
|
|
|
|
T
|
|
||
|
|
|
N
|
|
|
||||
|
|
A
|
|
|
|
|
|||
Keterangan:
1. Mendatar (
2. Menurun
3. Menurun
4. Mendatar
5. Mendatar
6. Mendatar
7. Mendatar
8. Menurun
9. Mendatar
10. Menurun
1. Urutkan
angka dari yang terkecil sampai yang terbesar dibawah ini:
1
|
3
|
6
|
10
|
15
|
20
|
25
|
46
|
39
|
40
|
2
|
5
|
9
|
14
|
19
|
24
|
29
|
34
|
35
|
44
|
4
|
8
|
13
|
18
|
23
|
28
|
33
|
43
|
48
|
47
|
7
|
12
|
17
|
22
|
27
|
32
|
37
|
30
|
42
|
45
|
11
|
16
|
21
|
26
|
31
|
36
|
41
|
50
|
49
|
38
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tahap
Akhir:
Evaluasi
1. Jelaskan
secara umum yang dimaksud dengan proses berpikir...?
2. Sebutkan
apa tujuan permainan yang telah anda kerjakan..?
3. Sebutkan
contoh proses berpikir...?
Tanggapan
siswa:
Kelompok
1
1. Proses
berfikir ialah proses mengamati sesuatu
2. Ikut
Ujian, Belajar
Kelompok
2
1. Proses
berfikir adalah suatu proses dimana kita untuk menfokuskan pada satu titik.
2. Tujuan:
Kreasi, Berfikir
3. Belajar
Kelompok
3
1. Berfikir
proses menghasilakan sesuatu untuk mendapatkan sebuah tujuan
2. Strategi,
Kekompakan
3. Memecahkan
sebuah persoalan
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda