SATLAN BIMBINGAN KELOMPOK

SATUAN KEGIATAN LAYANAN
 BIMBINGAN KELOMPOK


Sekolah           : SMP Muhammadiyah 3 Depok
Semester          : Genap
Tahun              : 2009/2010

A.    TOPIK PERMASALAHAN                   :  Mengungkap masalah yang sedang                                                                      dihadapi siswa dan membantu                                                                      mencarikan alternative pemecahannya
B.     BIDANG BIMBINGAN                         :  Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar                                                                     dan Karir
C.     FUNGSI LAYANAN                              :  Kuratif dan development
D.    JENIS LAYANAN                                  :  Konseling Kelompok
E.     TUJUAN LAYANAN            : Mengungkapmasalah danmembantu                                                                      menyelesaikannya   
F.      SASARAN LAYANAN                         :
1.FK
2.AJ
3.YG
4.RZ
5.DN
G.    URAIAN KEGIATAN                            :


1.      TAHAP AWAL                                 :
a. Praktikan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan  setiap kelompok terdiri dari lima      siswa
b.Praktikan menyampaikan maksud dan tujuan dari layanan konseling kelompok
2.      TAHAP KEGIATAN                                    :
a. Praktikan membuka diskusi dengan menggunakan tekhnik-tekhnik konseling untuk mengungkap permasalahan yang dihadapi siswa
c. Membatu siswa agar menemukan alternatif-alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi
3.      TAHAP AKHIR                                :
a. Menyimpulkan dari kegiatan           konseling kelompok
b.Mengakhiri kegiatan konseling      kelompok
H.    TEMPAT                                                  : Kelas VIII C
I.       HARI,TANGGAL                                   : Sabtu 6 Jini 2009
J.       ALOKASI WAKTU                                : 40 Menit
K.    PENYELENGGARA LAYANAN         : Sucipto
L.     ALAT DAN PERLENGKAPAN                        : Alat tulis dan catatan khusus
M.   RENCANA PENILAIAN                                   :          
1.keterbukaan anggota kelompok / siswa dalam mengungkap permasalahan yang dihadapi dan saling memberikan support serta alternatif solusi pemecahan masalah dari masing-masing siswa.
2.Melihat kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok.
N.    RENCANA TINDAK LANJUT                                                   : mengadakan koseling individu bagi                                                                      siswa yang mengalami masalah                                                                                   dalam pergaulan.
O.    CATATAN KHUSUS                             :-

     Yogyakarta, 6 Juni 2009
Mengetahui                                        
              Koordinator BK                                                              Mahasiswa Praktikan

           
Drs. Johan Mulyono                                                                Sucipto


Laporan Konseling Kelompok :
1.    Identifikasi Masalah
Dalam pengungkapan masalah diperoleh bahwa permasalahan yang dihadapi konseli relative sama, yaitu ingin mendapat prestasi yang baik tetapi kurang termotivasi untuk belajar baik di sekolah maupun di rumah. Penyebab konseli kurang termotivasi untuk belajar sangat kompleks, ada yang karena terpengaruh teman dan sering di ajak teman untuk bernain, ada yang karena susah berkonsentrasi di kelas karena banyak yang ramai, ada yang sibuk pacaran, dan ada yang ke sekolah niatnya untuk ke lab komputer untuk internetan.
Dari hasil pengungkapan masalah praktikan dapat menyimpulkan bahwa kesulitan yang dihadapi konseli adalah siswa belum dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya dan management waktu.
2.    Diagnosis
Konseli belum dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya dan belum dapat membagi waktu dengan baik
3.    Prognosis
Konseli diberikan tips tentang tata cara membagi waktu secara efektif. Konseli juga di ajak untuk membuat jadwal kegiatan harian dari mulai bangun tidur sampai malam hari mau tidur lagi. Dengan demikian konseli diharapkan dapat menempatkan diri kapan konseli harus belajar, kapan konseli harus bermain bersama teman, kapan konseli harus pacaran dan kapan konseli harus mengerjakan tugas-tugasnya baik tugas dari sekolah ataupun tugas di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

ASESMEN DIAGNOSTIK P5 - KEARIFAN LOKAL

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila