Materi Bimbingan Karir

MATERI BIMBINGAN KARIR

Isi bimbingan karier untuk kelas-kelas tinggi
a) Membimbing siswa untuk memperkirakan bahwa meneladan tokoh panutan dapat mempengaruhi karier;
b) Melatih siswa merencanakan pekerjaan apa yang cocok pada masa dewasa;
c) Membimbing siswa berdiskusi tentang pengaruh pekerjaan orang terhadap kehidupan anak;
d) Melatih siswa melihat hubungan antara minat dan kemampuan;
e) Mengenalkan bermacam-macam cara untuk menilai kemajuan prestasi;
f) Mengenalkan macam-macam pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar.
PEMBERIAN LAYANGAN INFORMASI
Yang di maksud di sini yaitu memberikan penerangan yang sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya mengenai berbagai hal yang diperlukan setiap siswa, baik tentang pendidikan, pekerjaan, social cultural, maupun pribadi, tetapi yang akan lebih di perjelas mengenai pemberian layangan informasi berkaitan dengan karir.
Jenis layangan informasi :
Ada beberapa kegiatan penerangan, salah satunya adalah penerangan dalam bidang pekerjaan. Yaitu pemberian penerangan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Seperti jenis pekerjaan, syarat-syarat pekerjaan, pendidikan dan latihan untuk suatu pekerjaan, dan hal-hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan.
Bentuk layanan informasi:
Bentuk layangan informasi ini dapat dilakukan disekolah antara lain melalui :

1.      Papan bimbingan
Papan bimbingan adalah papan yang memuat hal-hal yang perlu diketahui oleh siswa, sehingga papan tersebut memuat informasi-informasi siswa serta materi-materi yang mengandung unsure bimbingan. Papan bimbingan ini bukan majalah dinding serta bukan papan pengumuman sekolah. Yang dimuat dalam papan bimbingan sepeerti: kelanjutan studi, informasi pekerjaan.
2.      Pemberian informasi secara klasikal/kelompok
Pemberian informasi secara klasikal dilaksanakan dengan memberikan keterangan-keterangan kepada siswa di depan kelas, salah atu materinya dapat berupa bimbingan karir.
3.      Pemberian informasi secara missal
Informasi ini dilaksanakan pada suatu tempat yang dapat menampung semua siswa misalnya dilakanakan di lapangan upacara atau di aula. Materi yang diberikan dapat berupa  masalah-masalah yang menyangkut sebagian besar siswa seperti informasi tentang pekerjaan. Dlam hal ini sekolah dapat mendatangkan para pakar atau pejabat yang behasil untuk membantu dalam masalah tersebut. Dengan harapan dapat menambah motivasi siswa dalam belajar.
4.      Pemberian informasi melalui brosur
Layanan informasi ini dengan cara sekolah memberikan keteranga-keterangan kepada siswa melalui media cetak. Atau sekolah menerbitkan majalah resmi untuk seluruh siswa, sehingga pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah dapat melalui brosur tersebut. Informasi ini lebih efektif, karena di samping sebagai informasi formal, dapat juga sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas siswa. Sebaiknya brosur tersebut di wajibkan untuk di miliki seluruh siswa.
Diatas telah dijelaskan beberapa layanan informasi yang berhubungan dengan karir dalam bentuk terbitan/cetakan.Namun disini akan diperjelas dengan contoh mengenai layangan informasi yang berkaitan dengan karir. Salah satu contohnya adalah kiat sukse dalan berkarir yaitu:
Agar sukses dan lancar dalam berkarir, kita juga butuh bekal. Beberapa tips yan merupakan bekal anda kita membentuk Kekuatan Pribadi (Personallity Power) persiapkan saat pertama kali kita menapaki dunia kerja antara lain :
1. Keterampilan Teknis.
Tanpa keterampilan ini anda tidak akan mampu melaksanakan pekerjaan pada bidang-bidang tertentu. Misalnya anda bekerja sebagai IT staff dalam suatu perusahaan, maka kemampuan teknis dalam hal programming, networking, hardware atau database haruslah anda miliki.
2.  Keterampilan Manajerial.
Keterampilan manajerial merupakan keterampilan konseptual untuk memberdayakan berbagai sarana dan fasilitas pendukung bidang kerja anda. Misalnya, anda seorang kepala unit logistik di sebuah Bank, maka ketika anda berencana membuka kantor cabang baru, anda harus mampu mengelola dan men-sinergikan sumber daya-sumber daya pendukung seperti kontraktor perencana pembangunan kantor cabang, kontraktor mechanical electrical, Unit Kerja pengelola Sistem TI-nya, Unit kerja pengelola publikasi dsb.
3. Keterampilan Interpersonal.
Hal ini terkait dengan kamampuan anda yang diperlihatkan secara nyata ketika anda mengadakan kerjasama, negosiasi, melobi, membangun jaringan kerja, dsb
4. Citra Diri Yang Benar.
Keterampilan-keterampilan di atas, mungkin sudah anda fahami dengan baik. Namun satu bekal lagi yang acap kali dilupakan banyak orang adalah hadir dengan citra diri yang benar (Right Image). Visualisasikan dalam pikiran anda yang ingin anda bentuk. Evaluasi diri anda sendiri di masa sekarang dan lengkapi diri anda dengan atribut dan kualitas kepribadin yang anda butuhkan/belum anda miliki, seperti memberi perhatian kepada rekan kerja, sportifitas terhadap masukan konstruktif (open mind), memberi kepercayaan kepada bawahan, toleransi terhadap peer, hindari sikap-sikap kasar dan kaku.








Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA