PERENCANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (pemalakan)
PERENCANAAN
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Nama : Nursari Julaeha, S.Pd
NIP : 19740914 200012 2 002
Sekolah : SMPN 8 Cilegon
A. Jenis kegiatan :
Layanan bimbingan kelompok
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Standar Kompetensi : Mengatasi Masalah Pemalakan di Sekolah
D. Kompetensi :
Mengadapi dan menghilangkan Pemalakan di Sekolah
E. Tujuan :
Agar Pemalakan tidak berkembang di sekolah
F. Sasaran :
Peserta didik kelas VII
G. Tenik :
Diskusi Kelompok
H. Eksperien :
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
I. Identifikasi :
Refleksi tahap satu untuk mengukur kemampuan
konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat mengemukakan
pengetahuan dan pengelaman serta pandangannya terhadap topik yang dibahas
J. Analisis
Refleksi tahap dua untuk mengukur kemampuan
konselor dalam mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat memikirkan
dan mencari beberapa jalan untuk pemecahan masalah
K. Generalisasi
Refleksi tahap tiga untuk mengukur kemampuan konselor dalam
mengajukan pertanyaaan agar peserta kelompok dapat membuat rencana yang akan
dilakukan sesuai dengan topik yang di bahas.
Cilegon, 20 Oktober 2009
Mengetahui Guru
Pembimbing
Kepala Sekolah
Drs. J U H I
NURSARI
J, S.Pd
NIP. 195805151982111002 NIP. 19740914 200012 2 002
SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK
Pemimpin Kelompok(PK) : Nursari Julaeha, S.Pd
Peserta (P) :
Ab, Cd, Ef,Gh,Ij,Kl,Mn,Op
- Tahap Pembentukan
PK :
P :
PK :
P :
PK :
PK/P
PK :
P :
PK :
P :
|
Assalamualaikum
Wr.Wb....
Waalaikumsalam WrWb...
Gimana khabarnya
anak-anak.....
Sehat bu......baik bu........
Ok..sebelumnya ibu mengucapkan
terima kasih atas kehadiran kalian,untuk melaksanakan kegiatan bimbingan
kelompok.Namun sebelum Ibu menjelaskan tetang pelaksanaan bimbingan kelompok
ini.... Untuk kelancaran kegiatan ini marilah kita sama-sama berdo’a
dulu.....berdo’a mulai....
(Sama-sama berdoa)
Anak-anak....Tujuan kita melaksanakan
bimbingan kelompok ini adalah untuk membahas topik “Pemalakan”. Dalam
kegiatan ini kalian bisa mengemukakan pendapat atau memberikan tanggapan
terhadap topik ini.Tapi tentu saja ada aturan mainnya. Dalam menyampaikan
pendapat atau menyanggah pendapat orang lain kalian dapat melakukannya dengan
sopan. Dan harus diingat, kegiatan ini bukan debat kusir, tapi mencoba
membahas topik sehingga kita dapat menemukan jalan keluar untuk topik yang
kita bahas.Bagaimana, paham semuanya?
Paham bu......
Ok Kalo begitu....Biar
kita lebih mengenal satu sama lain labih baik kita memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama, kelas serta buah kesukaan. Dan kalian harus mengingat buah
kesukaan teman-temanmu. Kemudian kita akan menyanyikan lagu balonku....setiap
kata dor...maka kalian harus menybutkan nama buah kesukaan teman di
sebelahmu....bisa kita mulai.....
Game
(Peserta mulai
menyebutkan nama, kelas dan buah kesukaannya dan menyanyikan lagu balonku)
|
- Tahap Peralihan
PK :
P
:
PK :
P
:
PK :
Ab :
Ef :
PK :
P
:
|
Bagaimana perasaan
kalian......
Senang
bu....seru........
Sudah kenal nama
teman-temannya.....
Ya sudah dong bu......
Kalo sudah kenal jangan
lupa untuk saling mengirim buah kesukaan temannya
Iya bu ternyata Ef
senang durian.....
Iya makanya kalo musim
durian jangan lupa kirim-kirim ya he...he....
Baik kalau begitu bisa
kita mulai kegitan kita. Apakah kalian sudah siap.?
Siap bu......
Baik kalau begitu..bisa
kita mulai sekarang.....
|
- Tahap Kegiatan
PK :
Ab :
Ef :
Ab :
Cd :
Pk :
Op :
Gh :
Ij :
PK :
Op :
Mn :
Ab :
Cd :
PK :
Gh :
Ef :
Cd :
PK :
Ab :
Ef :
Op :
Hi :
PK :
|
Siapa diantara yang
tahu tentang apa itu “pemalakan"
Tau bu.....itu lho
minta uang secara paksa.....
Iya bu biasanya pake
ngancem-ngancem segala....Saya juga pernah dipalak...
Saya juga bu.....tapi
nggak ta’ kasih...sayanya langsung lari......
Kalo saya Cuma pernah
meliat orang dipalak saya sih ga pernah, mudah-mudahan ga akan pernah
deh........
Baik kalau begitu,
menurut pendapat kalian mengapa terjadi pemalakan, dan apa yang menyebabkan
kalian di palak ?
Biasanya bu yang di
palak itu yang uang jajannya banyak....
Atau yang sering jajan
bu....
Kalo saya sih sering
melihat yang di palak itu biasanya yang badannya kecil bu......
Jadi kalau
begitu.....Yang menjadi penyebab orang di palak itu apa?
Orangnya banyak jajan,
orangnya lemah....
Wah kalau saya tidak
sependapat sih.....saya badannya kecil, tapi ga pernah di palak?
Saya juga sependapat
dengan Mn, badan kecil tidak otomatis jadi sasaran pemalakan. Tapi yang jelas
orangnya lemah dan banyak jajannya.
Atau orangnya terlalu
menunjukkan anak kaya.....
Sekarang, mengapa orang
melakukan pemalakan?
Mungkin dia tidak punya
uang......
Jahat aja
orangnya.........
Menurut saya mungkin
dia juga pernah di palak, jadi balas dendam...
Yang jelas ada
kesempatan dan ada peluang
Jadi bagaimana cara
mengatasi pemalakan di sekolah?
Kita harus tegas,
Kalau tidak berani
bilang aja sama bapak ibu guru
Atau kita lari saja
Juga bisa tidak bawa
uang banyak-banyak, tapi bawa bekel aja dari rumah.
Baik pendpat kalian
bagus semua, Insya Allah bisa kita lakukan dalam menhadapi pemalakan.......
|
- Tahap Pengakhiran
PK :
P
:
De :
Fg :
Hi :
PK :
P
:
PK :
P/PK :
PK :
P :
|
Anak-anaku,....sebelum kegiatan
ini diakhiri ibu ingin tahu bagaimana kesan-kesan kalian terhadap semua
kegiatan yang kita lakukan tadi?
Wh...senang banget bu.....
Iya...kita jadi tahu bagaimana kalau menghadapi orang yang malak....
Saya juga senang bisa mengenal teman-teman di sini...
Bu...kapan lagi kita bisa ada kegiatan seperti ini, seru Lho!
Ya...mudah-mudahan awal bulan kita bisa melakukan kegiatan ini. Tapi
nanti kalian yang menentukan topiknya ya?
Boleh bu......
Baik Kalau begitu, kita akhiri saja kegiatan ini dengan sama-sama membaca
doa...
(berdoa bersama )
Selesai......
Sampai jumpa lagi...
Wassalamualaikum wr.wb
Waalaikum salam WrWb....
|
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda