Kegunaan Head Bang Bagi Musik Keras



Musik metal, Metal core, post-hard core, hardcore tidak lepas dari yang namanya aksi panggung. Musik keras tanpa adanya aksi panggung yang keren pasti nanti jadinya garing dan penontonnya pun jadi males nontonnya. Apa jadinya jika band sekelas AILD, MMI, MMF, Issues cuma diem aja di atas panggung kan garing jadinya. Untuk itu selain sound yang wah, mereka juga perlu perform yang wah pula aitu dengan cara jingkrak, headbang, dan berlarian kesana kemari.

Adapun fungsi headbang itu sendiri yaitu:

1. Gaya / Aksi panggung
Jika tidak bergaya itu buka musik keras namanya, tapi banyak band jaman sekarang yang cuma gayanga doang metal, tetapi skill, musik, dan sound mereka itu "prek"

2. Sebagai Ciri Khas Musik Keras
Gak headbang gak keras. kalo ada yang mengaku musiknya keras tapi gak headbang itu cemen. Dan kalo ada yang musiknya melo tapi sok metal bahkan headbang itu lebih cemn lagi. Seperti yang kita tau Metal itu berciri khas dengan gaya nya yaitu headbang, ngangkang, dan lompat-lompat.

3. Sebagai Metronome
Seperti yang kita tau fungsi metronome adalah untuk mengatur speed atau kecepatan dari lagu yang dimainkan. Biasanya diatas panggung kita mengalami nerveus/gugup yang berlebihan sehingga jantung berdetak lebih kencang dari sebelumnya dan badan bergetar hebat, biasanya disertai mual (kayak dokter aja ya hehe). Nah itu mengakibatkan tempo lagu yang dimainkan menjadi kacau. Jika gak pake metronome lagunya pasti ancur. Entah itu tempo menjadi kencang atau lambat. Maka dari itu head bang berfungsi sebagai metronome pada saat menganggukan kepala ke depan dan kebelakang tidak terasa itu berfungsi untuk menghitung tik tik tik tok dalam metronome sehingga lagu berjalan dengan tempo yang sesuai dengan yang di inginkan atau sama seperti dengan yang di mp3. Head set pada musisi pada saat konser itu berisi metronome dan suara instrumen yang kita mainkan dan juga bisa berfungsi sebagai pencegah kebisingan pada sound kabinet dan suara penonton yang tidak diinginkan. Nah bagaimana jika lagunya full sampling dan hetsetnya cuma satu yaitu dipakai sang drummer. Ya kita tingga menghitung aja pake headbang pada part mana kita harus berhenti/mute, solo, dan rithme. Itu semua bisa diatur menggunakan headbang.


Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA