GAME SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK

LAPORAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
GAME SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK
PERTEMUAN KE-II

A.    Nama Kegiatan                                  : Pembentukan dinamika kelompok
        dengan Permainan teka-teki

B.     Rasional                                              :
Melatih kecepatan berpikir peserta didik dapat dilakukan bila individu mau belajar atau berimajinasi serta bekerjasama memaksimalkan kemampuan yang ada.

C.    Tujuan                                                 :
1.      Peserta didik dapat berkomunikasi secara efektif dengan segala keterbatasan yang ada sehingga mampu mencapai tujuan.
2.      Kekompakan kelompok
3.      Menyelesaikan ide/kreativitas dalam menyusun persoalan-persoalan yang ada
4.      Melatih kecepatan dan ketepatan berfikir/imajinasi bersama-sama.


D.    Obyek Sasaran                                   : Kerjasama Peserta didik

E.     Subyek Layanan                                : Siswa kelas VIIA1

F.     Pelaksana Layanan                            : Konselor sekolah/Guru pembimbing
 sebagai fasilitator.

G.    Sumber-sumber yang terlibat           : Peserta didik sebagai pengamat

H.    Alat dan Bahan                                  :
1.      kertas
2.      Bolpen

I.       Skenario teknik/Tahapan pelaksanaan :
1.      Durasi                                                         : 20-25 menit
2.      Persiapan                                                    : 5   menit
3.      Pelaksanaan                                                : 10 menit
4.      Refleksi                                                      : 5   menit
5.      Evaluasi                                                      : 5   menit

6.      Yang harus dilakukan fasilitator :
a.       Membentuk kelompok jumlah anggota tiap-tiap kelompok 2 orang, Pembentukan kelompok dengan cara menunjuk anak yang berkompeten dengan yang tidak begitu berkompeten.
b.      Membacakan atuaran permainan sebagai berikut :
1.      Peserta diminta membentuk kelompok berjumlah masing-masing 2 orang
2.      Setiap orang dalam kelompok itu akan membentuk lingkaran.
3.       Tugas peserta adalah berdiskusi dan konsentrasi mencari jawaban-jawaban dari teka-teki yang ada dikertas bersama-sama.
4.      Peserta hanya di beri waktu 15 menit untuk mengerjakannya.
5.      Setelah selesai, Praktikan memberi makna dan mengevaluasi game yang diadakan.

J.      Proses Pelayanan
Hari/Tanggal                            : Sabtu, 24 September 2011
Jam                                                                  : 09.00-09.30
Tempat                                    : Ruang Bimbingan kelompok


Tahap Kegiatan:

KERJA SAMA


1.                  Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim,          Anda:
·      Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
·      Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan :pertanyaaan, wawasan, dan  pemecahan
·      Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan dan penyelesaian.
·      Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
·      Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung jawab pada Anda
·      Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda



Anggota Kelompok

1.                Akbar Alfarizi
2.                Al Fadly Sopandi
3.                Alif Rahman Adi Nugraha
4.                Diota Matiin Anta








                                                                                                  Yogyakarta,   September 2011
         Praktikan                                                                                       Guru Pamong



Aji Ilham Fahrurrozi                                                                          Eko Perianto, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

ASESMEN DIAGNOSTIK P5 - KEARIFAN LOKAL

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila