GAME SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK
LAPORAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
GAME
SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK
PERTEMUAN KE-II
A. Nama Kegiatan : Pembentukan dinamika
kelompok
dengan
Permainan teka-teki
B. Rasional
:
Melatih
kecepatan berpikir peserta didik dapat dilakukan bila individu mau belajar atau
berimajinasi serta bekerjasama memaksimalkan kemampuan yang ada.
C. Tujuan
:
1. Peserta
didik dapat berkomunikasi secara efektif dengan segala keterbatasan yang ada
sehingga mampu mencapai tujuan.
2.
Kekompakan kelompok
3.
Menyelesaikan ide/kreativitas dalam
menyusun persoalan-persoalan yang ada
4. Melatih kecepatan dan ketepatan berfikir/imajinasi
bersama-sama.
D. Obyek Sasaran
: Kerjasama Peserta didik
E.
Subyek
Layanan : Siswa kelas VIIA1
F. Pelaksana Layanan
: Konselor sekolah/Guru pembimbing
sebagai fasilitator.
G. Sumber-sumber yang terlibat
: Peserta didik sebagai pengamat
H. Alat dan Bahan
:
1.
kertas
2.
Bolpen
I. Skenario teknik/Tahapan pelaksanaan
:
1. Durasi
:
20-25 menit
2. Persiapan
:
5 menit
3. Pelaksanaan
:
10 menit
4. Refleksi
:
5 menit
5. Evaluasi
:
5 menit
6.
Yang harus dilakukan fasilitator :
a.
Membentuk kelompok jumlah anggota
tiap-tiap kelompok 2
orang, Pembentukan kelompok dengan cara menunjuk anak yang berkompeten dengan
yang tidak begitu berkompeten.
b.
Membacakan atuaran permainan sebagai
berikut :
1. Peserta
diminta membentuk kelompok berjumlah masing-masing 2 orang
2. Setiap
orang dalam kelompok itu akan membentuk lingkaran.
3. Tugas peserta adalah berdiskusi dan
konsentrasi mencari jawaban-jawaban dari teka-teki yang ada dikertas
bersama-sama.
4. Peserta
hanya di beri waktu 15 menit untuk mengerjakannya.
5. Setelah
selesai, Praktikan memberi makna dan mengevaluasi game yang diadakan.
J. Proses
Pelayanan
Hari/Tanggal
: Sabtu, 24 September 2011
Jam
:
09.00-09.30
Tempat
: Ruang
Bimbingan kelompok
Tahap Kegiatan:
KERJA SAMA
1.
Kerja sama/belajar
bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:
· Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
· Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan :pertanyaaan,
wawasan, dan pemecahan
· Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan
lain, wawasan dan penyelesaian.
· Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara
dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
· Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka
bertanggung jawab pada Anda
· Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada
Anda
Anggota
Kelompok
1.
Akbar Alfarizi
2.
Al Fadly Sopandi
3.
Alif Rahman Adi Nugraha
4.
Diota Matiin Anta
Yogyakarta, September 2011
Praktikan Guru
Pamong
Aji Ilham Fahrurrozi Eko
Perianto, S.Pd.
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda