Skip to main content

GAME SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK

LAPORAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
GAME SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK
PERTEMUAN KE-II

A.    Nama Kegiatan                                  : Pembentukan dinamika kelompok
        dengan Permainan teka-teki

B.     Rasional                                              :
Melatih kecepatan berpikir peserta didik dapat dilakukan bila individu mau belajar atau berimajinasi serta bekerjasama memaksimalkan kemampuan yang ada.

C.    Tujuan                                                 :
1.      Peserta didik dapat berkomunikasi secara efektif dengan segala keterbatasan yang ada sehingga mampu mencapai tujuan.
2.      Kekompakan kelompok
3.      Menyelesaikan ide/kreativitas dalam menyusun persoalan-persoalan yang ada
4.      Melatih kecepatan dan ketepatan berfikir/imajinasi bersama-sama.


D.    Obyek Sasaran                                   : Kerjasama Peserta didik

E.     Subyek Layanan                                : Siswa kelas VIIA1

F.     Pelaksana Layanan                            : Konselor sekolah/Guru pembimbing
 sebagai fasilitator.

G.    Sumber-sumber yang terlibat           : Peserta didik sebagai pengamat

H.    Alat dan Bahan                                  :
1.      kertas
2.      Bolpen

I.       Skenario teknik/Tahapan pelaksanaan :
1.      Durasi                                                         : 20-25 menit
2.      Persiapan                                                    : 5   menit
3.      Pelaksanaan                                                : 10 menit
4.      Refleksi                                                      : 5   menit
5.      Evaluasi                                                      : 5   menit

6.      Yang harus dilakukan fasilitator :
a.       Membentuk kelompok jumlah anggota tiap-tiap kelompok 2 orang, Pembentukan kelompok dengan cara menunjuk anak yang berkompeten dengan yang tidak begitu berkompeten.
b.      Membacakan atuaran permainan sebagai berikut :
1.      Peserta diminta membentuk kelompok berjumlah masing-masing 2 orang
2.      Setiap orang dalam kelompok itu akan membentuk lingkaran.
3.       Tugas peserta adalah berdiskusi dan konsentrasi mencari jawaban-jawaban dari teka-teki yang ada dikertas bersama-sama.
4.      Peserta hanya di beri waktu 15 menit untuk mengerjakannya.
5.      Setelah selesai, Praktikan memberi makna dan mengevaluasi game yang diadakan.

J.      Proses Pelayanan
Hari/Tanggal                            : Sabtu, 24 September 2011
Jam                                                                  : 09.00-09.30
Tempat                                    : Ruang Bimbingan kelompok


Tahap Kegiatan:

KERJA SAMA


1.                  Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim,          Anda:
·      Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
·      Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan :pertanyaaan, wawasan, dan  pemecahan
·      Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan dan penyelesaian.
·      Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
·      Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung jawab pada Anda
·      Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda



Anggota Kelompok

1.                Akbar Alfarizi
2.                Al Fadly Sopandi
3.                Alif Rahman Adi Nugraha
4.                Diota Matiin Anta








                                                                                                  Yogyakarta,   September 2011
         Praktikan                                                                                       Guru Pamong



Aji Ilham Fahrurrozi                                                                          Eko Perianto, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

MEMBUAT SCRAP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Scrap card adalah kartu kreatif yang dibuat menggunakan berbagai bahan dan elemen dekoratif, seperti potongan kertas, stiker, pita, kain, dan aksesori lainnya. Scrap card biasanya digunakan untuk memberikan sentuhan personal pada kartu ucapan, undangan, atau karya seni. Konsepnya berasal dari teknik scrapbooking , yaitu menghias halaman album atau karya seni menggunakan bahan-bahan dekoratif yang beragam. Karakteristik Scrap Card: Kreativitas Tinggi : Dibuat dengan desain unik dan personal, mencerminkan tema atau pesan yang ingin disampaikan. Material Beragam : Menggunakan bahan-bahan seperti kertas karton, kertas berpola, kain, pita, tombol, dan stiker. Dimensi : Dapat bersifat 2D atau 3D, tergantung pada dekorasi yang digunakan. Fungsi Personal dan Emosional : Cocok untuk ucapan selamat ulang tahun, ucapan terima kasih, undangan pernikahan, atau sekadar hadiah untuk seseorang. Cara Membuat Scrap Card: Persiapkan Bahan: Karton atau kertas tebal untuk dasar kartu. Gunting, lem, dan al...

MENENTUKAN JENIS DAN MACAM PERMAINAN TRADISIONAL TERKAIT REVITALISASI

BIASAKAN MEMBACA SAMPAI AHIR !!! Sebelum membahas lebih jauh tentang menentukan jenis dan macam permainan tradisionla, ada hal yang perlu dilakukan yaitu: Siswa membentuk kelompok berjumlah 5 sampai 6 anggota  Anggota Kelompok terdiri dari siswa heterogen (siswa putra & putri) Dalam 1 kelas berjumlah 6 kelompok Siswa dalam 1 kelompok duduk dikursi dengan posisi melingkar dan ada meja di tengah TUGAS INDIVIDU!!! Panduan mengerjakan: Soal dan jawaban ditulis di kertas Setiap siswa menulis dan menjawab soal Apa yang dimaksud dengan revitalisasi permainan tradisional? Permainan tradisional apa yang paling potensial untuk direvitalisasi di Indonesia? Mengapa? Bagaimana cara memodifikasi permainan tradisional agar tetap menarik bagi generasi muda tanpa menghilangkan nilai tradisionalnya? Peran apa yang dapat dimainkan oleh pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam upaya revitalisasi permainan tradisional? Bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung revitalisasi permainan t...