Mikro Kons Protokol Konseling Individu

PROTOKOL KONSELING INDIVIDU
A.    Identitas Klien

1.      Nama                          : Rudi Yulistian
2.      Nis                              : 0090236
3.      Kelas                          : 3
4.      Sekolah                      : SMAN 2 TANJUNG PANDAN
5.      Alamat Sekolah          : jln. Jend.Sudirman
6.      Alamat Pondokan      : -
7.      Alamat Rumah           : Komplek Perumahan Guru Tanjung Pandan

B.     Latar Belakang Keluarga
1.      Ayah :
a.       Nama                                : Feriansyah
b.      Pekerjaan                          : PNS
c.       Pendidikan                       : Perguruan Tinggi
d.      Alamat Tempat Tinggal   : Komplek Perumahan Guru Tanjung Pandan
2.      Ibu :
a.       Nama                                : Vina Rosalia
b.      Pekerjaan                          : PNS
c.       Pendidikan                       :Perguruan Tinggi
d.      Alamat Tempat Tinggal   :Komplek Perumahan Guru Tanjung Pandan
3.      Saudara :
a.       Kakak laki-laki                 : 2 Orang
b.      Kakak perempuan            : 1 Orang
c.       Adik laki-laki                   : -
d.      Adik perempuan              : -




C.    Latar Belakang Sosial
1.      Hubungan dalam keluarga
Rudi adalah anak yang pintar, ulet, aktif dan sopan.Rudi sangat murah senyum dan disenangi oleh keluarganya.Ia juga sangat disayangi oleh orang tua dan kakak-kakak nya. Ia juga disenangi oleh keluarganya karena Rudi kalau disuruh-suruh pasti langsung mau dan tidak ada istilah untuk menolak apa yang disuruh. Ia sering bercanda dengan keluarganya dan biasanya Rudi juga sebagai penghangat suasana dikeluarganya. Ibadahnya yang tekun menjadi nilai plus tersendiri bagi Rudi dan yang paling penting Rudi dapat menjaga nama baik keluarga. Tetapi Rudi di suruh pilih-pilih teman mana teman yang baik dan mana teman yang buruk agar ia tidak terbawa arus pergaulan apalagi di zaman yang serba modern ini.

2.      Hubungan dengan teman, guru, karyawan di sekolah
Rudi sangat disukai, di gemari dan juga disegani oleh teman-temannya.Ia orangnya terkenal dengan rasa kesetiakawanannya. Rudi tidak suka menghina atau mengejek kepada teman-temannya.Ia senang berbagi dengan temannya dan tidak pernah perhitungan dalam segi apapun.Di mata guru Rudi juga termasuk orang yang pintar dan ia pun selalu mengerjakannya tugas-tugasnya bila diberi tugas oleh gurunya dan juga kadang-kadangsering membantu temannya yang sedang kesusahan dalam pelajaran. Rudi juga sangat mudah bergaul baik dengan teman, guru dan karyawan di sekolahnya.Ia selalu masuk dan tepat waktu karena Rudi sangat menyukai kerapihan dan kedisiplinan.

3.      Hubungan dengan teman di luar sekolah ( bermain, organisasi, kelompok kegiatan tertentu, dll)
Rudi dimata teman-teman berrmainnya  adalah anak yang enak untuk daiajak bermain dan sharing, Rudi juga adalah anak yang ceria dan selalu tersenyum. Banyak orang yang selalu mengajaknya bermain.Rudi juga anaknya senang berorganisasi apalagi yang berhubungan tentang musik. Dimana ada Rudi maka disana ada kehangatan dan kebahagiaan.KelemahanRudi adalah, ia tidak bisa mengontrol waktu saking keasikan bermain dengan teman-temannya sehingga membuat resah dan gelisah orang-orang dirumahnya


D.    Gejala yang Nampak
Rudi merasa kebingungan karena ia disuruh melanjutkan study nya untuk mengambil jurusan pertanian oleh orang tuanya. Padahal Rudi sudah berniat dan bermaksud untuk melanjutkan studinya itu masuk jurusan seni yang sudah di cita-citakan dan sudah menjadi obsesinya sejak dulu.Rudi memilih jurusan seni karena Rudi merasa yakin kalau dia memilih seni ini sesuai dengan bakat dan kemampuannya dan juga dapat mengasah dan mengembangkan potensinya di perguruan tinggi itu.Tetapi orang tuanya menyuruh Rudiuntuk mengambil jurusan pertanian karena orang tuanya menginginkan salah satu dari anaknya mengikuti jejak orang tuanya kelak.
E.     Masalah yang Sebenarnya
Rudi adalah siswa SMA kelas 3 yang baru lulus kemarin dan mau melanjutkan study ke perguruan tinggi. Rudi adalah anak ke 4 dari 4 bersaudara.Ia adalah anak dari seorang Pegawai Negeri Sipil dalam bidang pertanian. Rudiakan melanjutkan studinya itu dengan mengambil jurusan seni yang telah di cita-citakannya dan obsesinya dari dulu. Rudi mengambil jurusan seni karena Rudi merasa yakin kalau jurusan itu sangat tepat bagi dirinya karena sesuai dengan minat dan bakatnya.Ia juga sudah bulat untuk mendaftarkan dirinya di universitasnegeri terkemuka di kota Bandung. Rudi pun tidak ada ancang-ancang yang lain lagi buat ngambil jurusan yang lain karena merasa yakin akan diterima di jurusan seni ini. Rudi mempunyai bakat di bidang ini diantaranya adalah dia mempunyai suara yang bagus dan dapat memainkan alat-alat musik semuanya.Rudi baru saja lulus dan mempersiapkan untuk mengikuti test SPMB yang sebentar lagi akan dihadapinya. Pada suatu sore Rudi dipanggil oleh kedua orang tuanya untuk membicarakan sesuatu yang dianggap penting menurut orang tuanya.Ternyata Rudi disuruh orang tuanya untuk mengambil jurusan pertanian,Rudi pun kaget dan merasa sangat shock.Alasan orang tua Rudi memasukan Rudi ke jurusan pertanian adalah untuk meneruskan pekerjaan orang tuanya kelak karena orang tua Rudi menginginkan salah satu dari anaknya ada yang meneruskan pekerjaan orang tuanya itu nanti.Padahal Rudi sudah memimpikan dari dulu untuk tercatat menjadi mahasiawa seni itu.Rudi pun bingung,  Disatu sisi Rudi ingin membahagiakan orang tuanya yang sudah lanjut usia dan mau pensiun dan disisi lain Rudi juga ingin mengembangakan bakat dan potensi yang dimilikinya itu. Rudi merasa masa cita-citanya pupus sampai disina begitu saja.Sebenarnya orang tua Rudi ini tidak memaksa tetapi sangat mengharapkan sekali agar anaknya itu bisa masuk jurusan pertanian itu.Orang tuanya sangat besar menaruh harapan pada Rudi karena Rudi adalah anak terakhir yang masih harus melanjutkan studi. Kalau dulu orang tuanya tidak terlalu peduli pada kakak-kakak Rudi, maksudnya terserah mereka mau ngambil jurusan apa saja yang penting bisa berprestasi. Tetapi mungkin sekarang orang tua Rudi mulai berpikir bahwa harus ada anaknya yang harus mengikuti langkahnya.
F.     Pelaksanaan Konseling :
1.      Keterampilan konseling yang digunakan
·         Keterampilan attending adalah perilaku konselor yang menghampiri klien yang diwujudkan dalam bentuk kontak mata dengan klien, bahasa tubuh, dan bahasa lisan
·         Keterampilan mendengarkan adalah kemampuan pembimbing atau konselor menyimak atau memperhatikan penuturan klien selama proses konselor berlangsung.
·         Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan klien, merasa dan berpikir bersama dan bukanuntuk atau tentang klien.
·         Keterampilan refleksi adalah kemampuan pembimbing atau konselor untuk memantulkan kembali kepada klien tentang perasaan, pikiran, dan pengalaman klien sebagai hasil pengamatan terhadap perilaku verbal dan nonverbalnya.
·         Keterampilan eksplorasi adalah suatu ketrampilan konselor untuk menggali perasaan, pikiran, dan pengalaman klien
·         Keterampilan bertanya adalah sutau kemampuan pembimbing atau konselor mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada sesi konseling.
·         Keterampilan menangkap pesan utama (parapharasing) adalah kemampuan konselor menangkap pesan utama (ide) dari penuturan-penuturan klien selanjutnya dinyatakan secara sederhana dan disampaikan dengan bahasa sendiri oleh konselor sehingga mudah dipahami.
·         Keterampilan memberikan dorongan minimal adalah kemampuan konselor memberikan dorongan langsungdan singkat terhadap apa yang telah dikatakan oleh klien.

         Dan keterampilan yang digunakan dalam konseling saya ini adalah keterampilan Parapharasing atau keterampilan konselor menangkap pesan utama atau ide dari penuturan-penuturan klien yang selanjutnya dinyatakan secara sederhana dan disampaikan dengan bahasa sendiri oleh konselor sehingga mudah dipahami.

2.      Tahapan konseling
Secara menyeluruh dan umum proses layanan konseling individu terentang dari kegitan paling awal sampai kegiatan akhir, dapat dipilah dalam lima tahap, yaitu tahap-tahap :
1.      Pembinaan (intervention)
2.      Penilaian (inspection)
3.      Pengantaran (introduction)
4.      Penjajakan (investigation)
5.      Penafsiran (interpretation)
Diantara kelima tahap yang itu tidak ada batas yang jelas bahkan kelimanya cenderung sangat bertumpang tindih. Dalam keseluruhan proses layanan konseling individu konselor harus setiap kali menyadari posisi dan peran yang sedang dilakukannya. Kegiatan pengantaran dan penilaian jelas sekali posisinya, yaitu satu diawal proses sedangkan yang satu diakhir proses. Setelah proses konseling individu diawali dengan penerimaan terhadap klien, posisi duduk dan perstrukturan, konselor langsung memasuki tahap kedua, ketiga, dan keempat. Ketiga tahap ini sangat saling bertumpah tindih.Namun demikian, betapa tumpang tindihnya ketiga itu, konselor harus menyadari apakah dirinya sedang menjajaki, menginterpretasi atau menginterversi.

3.      Peran konselor ( Ko) oleh      : Fabiansyah Pratama
4.      Peran konseling ( Ki) oleh      : Rudy Yulistian
5.      Waktu yang digunakan          : 20 Menit
6.      Proses konseling sbb              :



NO
Ko/Ki
Kegiatan
1
Ki

Ko
Mengetuk pintu ( tok, tok . . . . tok )
Assalamualaikum
(Membuka pintu sambil senyum)….(Attending)
Waalaikumsalam
2


Ko
Ki
Ko
Ki
(Ko dan Ki bersalaman dan Ko mempersilahkan duduk kepada Ki,lalu Ko dan Ki duduk berhadapan) (Attending)
Apa kabar?? Ini Rudiyang  kelas IPS 2 kan, yang ikut Eskul bola basket itu kan?
Baik Pak…..iya Pak, ini Rudi yang kelas IPS 2 itu………
Apa yang bisa saya bantu?
Begini Pak, sebenarnya kedatangan saya kesini mau meminta solusi dan saran dari bapak untuk masalah yang sedang saya hadapi sekarang ini……..Saya kan baru saja lulus SMA kemarin,niat saya itu saya akan melanjutkan studi ke Perguruan tinggi dan mau mengambil jurusan seni karena saya merasa dalam diri saya itu mempunyai bakat di bidang seni,dan itu menjadi obsesi saya dari dulu!!dan kemarin saya dipanggil oleh orang tua saya dan mereka  menyuruh saya untuk melanjutkan studinya itu  untuk mengambil jurusan pertanian saja secara orang tua saya itu bekerja sebagai PNS di bidang pertanian dan mereka menginginkan ada salah satu anaknya yang meneruskan pekerjaan orang tuanya kelak di bidang pertanian……………
3

Ko
Ki
(Ko pun langsung bertanya lagi kepada Ki)
Apakah orang tua anda memaksa anda untuk masuk ke jurusan pertanian itu?
Sebenarnya orang tua saya tidak memaksa saya untuk  masuk jurusan pertanian, tetapi setelah saya mendengarkan perkataan mereka saya dapat menyimpulkan betapa besarnya harapan mereka agar salah satu  dari anaknya ada yang mau melanjutkan pekerjaan mereka itu dikemudian hari kelak!!!
4

Ko


Ki
(dan Ko langsung bertanya lagi kepada Ki)
Bagaimana perasaan anda anda setelah mendengarkan keinginan dari orang tua anda itu???
(Ki menjawab dengan suara yang pelan)
kadang saya berpikir pak, di satu sisi saya itu sangat ingin membahagiakan orang tua saya dan di satu sisi lain saya itu ingin memperdalam bakat yang saya miliki ini dan sudah menjadi obsesi saya dari dulu dan saya merasa, mau berkembang bagaimana bakat saya ini kalau tidak diasah dan tidak disalurkan dan Cuma dipendam saja…..
5

Ko


Ki

(Ko pun melanjutkan pertanyaan yanga lainnya kepada Ki)
Anda mengatakan anda mempunyai bakat di bidang seni ini, Sebenarnya apa yang anda miliki pada bakat seni ini???
(Ki pun menjawab dengan semangat dan agak malu-malu)
Saya mempunyai bakat dalam bernyanyi dan dapat memainkan macam-macam alat musik pak,,,Sejak kecil saya itu mungkin diberi anugerah pada bakat saya ini pak, karena tidak semua orang yang pandai untuk bisa memainkan semua alat-alat musik…ditambah-tambah ditunjang dengan suara yang bagus, kata orang sich (jawab Ki dengan sedikit bercanda dan malu-malu)
6

Ko

Ki
Prestasi apa saja yang sudah anda dapatkan dari bidang seni yang anda dapatkan itu??
Saya pernah menjuarai lomba nyanyi nasional pak,,dan saya juga sekarang mempunyai group band dan sering ikut-ikut festival musik dengan teman-teman saya itu dan sebentar lagi kami akan merilis album pertama kami…..
7
Ko
Ki
Bagaimana reaksi orang tua anda terhadap prestasi yang telah anda capai??
Orang tua manapun pasti bangga melihat anaknya berprestasi dalam bidang apapun,,baik itu akademik maupun non akademik!! Begitu juga dengan orang tua saya pak yang bangga melihat anaknya berprestasi…tapi orang tua saya menganggap kalau bermain musik  itu hanya sekedar hobi saja yang dilakukan untuk iseng-seng saja!!
8

Ko
Ki
(Ko pun lebih penasaran untuk bertanya kepada  kepada Ki)
Bagaimana orang tua anda menunjang terhadap bakat-bakat anda??
Orang tua saya selalu menunjang terhadap bakat yang dimilki anak-anaknya selama itu masih dalam hal yang positif pak…contohnya saja kakak saya yang selalu dibelikan alat-alat olah raga karena kakak saya itu senang dalam bidang olah raga..begitupun juga terhadap bakat  saya yang di bidang musik ini pak, pasti selalu dibei selama permintaannya masih wajar-wajar saja………..
9
Ko
Ki
Berapa bersaudara anda di Rumah, Lalu anda anak ke berapa??
Saya anak terakhir dari 4 bersaudara pak, kakak saya yang paling besar adalah perempuan dan kakak kedua dan ketiga adalah laki-laki…Dan semua telah bekerja, tinggal saya saja yang masih bersekolah!!!!
10
Ko


Ki
Bagaimana orang tua anda bisa menyuruh anda dan menganjurkan anda yang masuk jurusan pertanian? Bukan kakak anda yang disuruh untuk mengambil pertanian???
(Ki menjawab dengan sedikit kesal yang ditahan)
Justru itu pak awalnya saya juga berpikiran seperti itu,kenapa tidak kakak-kakak saya saja dulu yang disuruh untuk masuk jurusan pertanian…Tetapi(Sambil menarik nafas yang dalam) setelah saya pikir-pikir lagi, mungkin dengan umur orang tua yang semakin bertambah dan sebentar lagi akan pensiun dari pekerjaannya, ada baiknya kalau jejaknya itu diikuti oleh salah satu anaknya…dan saya pun ingin melihat orang tua saya bisa merasa senang!!! Tetapi saya juga ingin masuk seni yang sudah menjadi cita-cita saya dari dulu kalau saya masuk kuliah nanti….(Ki memegang kepalanya dan menundukan kepalanya seperti sedang kebingungan)
11
Ko

Ki
Apa yang sudah anda lakukan terhadap orang tua anda??apakah anda sudah dibicarakan baik-baik dengan orang tua anda??
Saya udah mencoba berbicara dengan baik-baik dengan orang tua saya, tetapi keinginginan orang tua saya untuk menyuruh saya masuk jurusan pertanian itu lebih besar pak,,dan saya pun telah berbicara panjang lebar dengan orang tua saya dan hasilnya buntu dan tidak ada penyelesaian yang begitu berarti,,,,,,
12
Ko

Ki
Apakah ada alasan lain orang tua anda menganjurkan anda untuk tidak memilih jurusan seni dan lebih menganjurkan lebih memilih ke pertanian???
Kata orang tua saya jurusan pertanian masih sedikit peminatnya dan peluang kerja sangat luas, dan kalau jurusan seni banyak peminatnya dan juga peluangnya masih sedikit…jadi harus bersaing lagi ketika lulus kuliah nanti!! kalau pertanian orang tua saya banyak kenalan jadi bisa dititipkan kalau sudah selesai nanti walaupun sebagai buruh honor sekalipun!!!kata orang tua saya sih jawabnya begitu pak………………
13
Ko

Ki
Dalam kata-katanya, apakah orang tua anda memaksa anda untk mengikuti anjurannya??
Kalau memaksa sih enggak pak, tapi dari kata-katanya orangtua saya itu seperti menaruh harapan yang besar kepada saya untuk bisa mewujudkan keinginannyanya orang tua saya itu….dan jujur, saya juga merasa kalau keinginan orang tua saya tidak tercapai, pasti mereka akan sedih…….
14
Ko
Ki
Bagaimana tanggapan dari kakak-kakak anda terhadap anda mengenai hal ini???
Sebenarnya kakak-kakak saya juga tidak bisa berbicara banyak tentang hal ini kepada saya, kakak-kakak saya menyerahkan dan mendukung  sepenuhnya kepada saya tentang jurusan yang mau diambil itu apa!!!!karena kakak-kakak saya juga sebenarnya ikut bingung terhadap masalah yang sedang saya alami ini…..
15
Ko

Ki
Bagaimana saudara-saudara anda bisa beranggapan seperti itu dan tidak bisa member jalan terbaik bagi anda??
Karena mungkin yang ditakutkan oleh saudara saya adalah bila nantinya disuruh memilih jurusan yang satu lalu tidak sesuai dengan hati saya maka ditakutkan nanti kuliahnya akan kacau dan tidak sepenuh hati dalam menjalankannya…masalahnya yang menjalani itu saya pak katanya!! Jadi saudara saya itu memberi kepercayaan sepenuhnya kepada saya….
16
Ko

Ki
Apa anda benar-benar tidak tertarik terhadap jurusan yang diinginkan oleh orang tua anda itu yaitu masuk fakultas pertanian?mengapa?
Mungkin saya belum mencobanya aja kali ya pak, lagian saya sebelumnya saya tidak tertarik pada jurusan pertanian itu….jadi mungkin akan sangat susah bagi saya untuk menyerap materi yang diberikan dosennya nanti karena saya sama sekali tidak tertrik pada jurusan yang saya ambil itu!!!!
17
Ko






Ki
Baik lah,,setelah saya mendengar semua cerita Anda dari awal sampai akhir, saya dapat menyimpulkan bahwa anda itu sedang bingung dan membutuhkan masukan dari saya yang mungkin dapat berguna bagi pertimbangan anda nantinya!!!
(Ucap Ko yang berbicara sambil tenang kepada ki)
Dan saran saya adalah, coba anda berbicara baik-baik kepada orang tua anda dengan kepala yang dingin,,,yakinkan orang tua anda bahwa anda tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang telah orang tua anda berikan kepada anda,,,
Tapi setidaknya orang tua saya juga udah tau pak dengan prestasi saya pak!!!
(ucap Ki yang memotong pembicaraan Ko)
18
Ko



Ki
Ya bisa ditunjukan lagi dengan prestasi-prestasi yang lebih baik lagi,agar orang tua anda lebih percaya lagi dan mengijinkan anda untuk masuk seni yang sesuai dengan minat dan bakat anda……memang kalau orang tua anda tetap kekeh menginginkan anda masuk seni, apa yang akan anda lakukan???
 Ya kalau tidak ada pilihan lagi, kalau bisa membahagiakan orang tua saya, mau apa lagi!!!tapi yang  saya takutkan adalah saya tidak dapat mengikuti mata kuliah ini dengan baik pak karena saya tidak tertarik dan tidak berniat untuk masuk jurusan pertanian ini
19
Ko


Ki
Dengan biasa,  nantinya anda juga dapat menyesuaikan diri kok!!!ya..walaupun awal-awalnya memang terasa berat mungkin bagi anda…
(jawab Ko sambil meyakinkan Ki nya)
Iya juga sich pak,,tapi saya juga akan tetap memperjuangkan dulu keinginan saya untuk dapat berkuliah di bidang seni(jawab klien yang semangat dan Penuh optimisme)
20
Ko


Ki
Iya saya juga turut mendokan agaranda dapat berkuliah di jurusan yang anda inginkan agar nanti hasilnya mendapat hasil yang maksimal dan nantinya anda mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda…..
Iya terima kasih sebelumnya pak atas doanya!!
(jawab Ki yang terlihat agak sedikit lega dan tenang setelah mendapat saran dan masukan dari Ko)
21
Ko

Ki




Ko


Ki




Ko
Bagaimana Rudi, apakah masih ada yang bisa saya bantu lagi???
(ucap Ko yang menawarkan Bantuan Lagi Kepada Ki)
Oh tidak pak Sudah cukup,,nanti saja kalau ada masalah lagi dan membutuhkan bantuan bapak, tentunya saya akan datang lagi kepada bapak!!
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih kepada bapak karena telah mengganggu Waktu bapak!!!
(lontar Rudi yang agak sedikit malu-malu)
Oh iya saya tunggu,,tidak apa-apa kok tidak mengganggu!!Saya justru senang kalau saya bisa membantu orang…
(Jawab Ko Sambil senyum)
Baik Pak, sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya!!!!!!
(Ki dan Ko pun bersalaman, dan mereka pun berdiri bersama-sama….Dan tidak lama kemudian Ki pun meninggalkan ruang konseling itu Dan Mengucap salam)
Assalamualaikum
(dan Ko pun menjawab salam Ki)
Waalaikumsalam Wr. Wb.
(Ki pun menutup pintu dari luar)



Yogyakarta, 30 Mei 2011
Praktikan


                                                                                               (………………………..)
Fabiansyah Pratama
NIM   08001010



























Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA