Laporan Kons. Indv. (Belajar)
KONSELING INDIVIDU
1. Identitas koseli
1. Nama
Lengkap :
Nurachmad Dwi Febrianto
2.
Tempat, tgl lahir : Yogyakarta, 30 April 1993
3.
Sekolah :
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
4.
Kelas :
VII A 1
5.
Jenis
kelamin :
Laki-laki
6.
Tinggi,
Berat Badan :
± 170 cm, 78 kg
7.
Agama :
Islam
8.
Anak ke :
2
9.
Status
dalam keluarga :
Anak kandung
10. Suku bangsa :
Jawa
11. Kewarganegaraan :
Indonesia
12. Alamat :
Jl Panjaitan no 35, Yogyakarta
2.
Latar belakang Konseli
a. Latar Belakang
Keluarga
AYAH
Nama
: M. Husain A R
Agama
: Islam
Pekerjaan :
Swasta
IBU
Nama
: Rumini
Agama :
Islam
Pekerjaan :
Ibu rumah tangga
b. Latar belakang
Pendidikan
Febri sekarang duduk di kelas VII di SMP Muhamadiyah 1
Yogyakarta.
c. Latar belakang
Sosial
Dalam
lingkunganya, Febri di kenal sebagai anak yang supel dan pintar bergaul. Dia
punya banyak sekali teman. Di masyarakat dia suka ikut dalam kegiatan-kegiatan
kampung seperti bersih-bersih kampung, mejadi panitia lomba 17 agustus, dsb.
Dia hidup di lingkungan keluarga dengan tingkat ekonomi yang mencukupi. Dia
tinggal bersama ayahnya dan ke 2 kakaknya. Ibunya meninggal dunia ketika dia
umur 8 tahun. Sedangkan ayahnya menjual alat-alat peraga sekolah untuk
mencukupii kebutuhan sehari-hari. Kakaknya yang ke 1 masih duduk di bangku
kuliah semester awal.
3. Gejala yang nampak
·
Prestasi menurun
·
Malas mengikuti pelajaran
·
Tidak konsentrasi
·
Di kelas ribut sendiri
4. Keluhan yang di alami
Febri merasa tidak bisa belajar pelajaran
Matematika
5. Masalah yang sebenarnya
Sebenarnya
Febri termasuk anak yang lumayan pintar. Pada waktu di SD pelajaran matematika
bisa dikatakan sebagai momok bagi febri dan nilainya pun selalu jelek, jarang
sekali dia mendapat nilai bagus, tetapi pada saat menjelang ujian dia les
privat dan tiap hari mau tidak mau dia
harus menghitung dan menghitung. Saking takutnya dia tidak lulus ujian, tiap
hari dia belajar matematika tetapi pelajaran yang lain dia abaikan, sehingga
pada saat ujian nilai mtknya bagus, tetapi pelajaran yang lain pas-pasan saja.
Setelah masuk di SMP dia merasa lupa dengan pelajaran matematika dan selama
ulangan dia tidak bisa mengerjakanya.
6.
Pendekatan yang digunakan
a. Nama pendekatan
CCT (Clien Centered Therapy)
b. Alasan penggunaan pendekatan
Karena
dalam proses konseling, konselor memberikan kesempatan luas kepada klien untuk
membuat keputusan. CCT mendasarkan pandangannya pada sifat dan hakekat manusia.
Klien diberi tanggung jawab dalam pengambilan keputusan lewat konseling,
memberikan kebebasan kepada klien untuk mengekspresikan dirinya dan menentukan
cara menyelesaikan maslahnya. Dasar dari pendekatan CCT adalah bahwa ada
kekuatan-kekuatan atau kemampuan-kemampuan tertentu dalam diri individu untuk
tumbuh dan berkembang, menyesuaikan diri dan memiliki dorongan yang kuat ke
arah kedewasaan dan kemampuan-kemampuan tersebut harus dihargai.
CCT didasari oleh suatu teori kepribadian
yang disebut self theory yang menjelaskan bahwa kepribadian manusia ada 3,
yaitu:
a.
organisme, merupakan keseluruhan dan kesatuan individu
b. lapangan fenomenal, merupakan
keseluruhan pengalaman individu yang sifatnya sadr dan tidak sadar
c.
self,
merupakan bagian yang berdiferensiasi dari lapangan fenomenal yang terdiri atas
pola-pola pengmatan yang sadar serta nilai-nilai dari aku sebagai subyek dan
obyek
c. Teknik yang digunakan
a.
Acceptence (penerimaan)
b.
Respect (rasa hormat)
c.
Understanding (mengerti atau memahami)
d.
Encouragement (memberikan dorongan)
e.
Limited quetioning (pertanyaan terbatas)
f.
Reflection (memantulkan perasaan)
7. Tujuan Konseling
1. Mengoptimalkan kesadaran individu akan
keberadaannya,dan menerima dirinya menurut apa adanya. Saya adalah saya.
2) Memperbaiki dan merubah sikap, persepsi, cara
berpikir, keyakinan serta pandanan-pandangan individu, yang kurang atau tidak
sesuai dengandirinya, agar individu dapat mengembangkan diri dan meningkatkan self actualisation.
3) Manghilangkan hambatan-hambatan yang dirasakan dan
dihayati oleh individu dalam proses aktualisasi tersebut.
4) Membnatu individu dalam menemukan pilihan-pilihan
bebas yang mungkin dapat dijangkau menurut kodisinya.
G.
Dialog
|
Dialog
|
Keterangan
|
Keterampilan
|
|
Konseli
|
Assalamu’alaikum
|
|
|
|
Konselor
|
Wa’alaikumsalam, silahkan masuk...
|
Koselor bergegas berdiri dan membuka pintu
|
Membuka percakapan
|
|
Konseli
|
Terimakasih mas
|
Klien menganggukkan kepala
|
|
|
Konselor
|
Silahkan duduk de
|
Konselor menawarkan klien untuk duduk
|
|
|
Konseli
|
......................
|
Menganggukan kepala danlangsung duduk
|
|
|
Konselor
|
Apa kabar de?
|
|
|
|
Konseli
|
Ya gini mas
|
|
|
|
Konselor
|
Sudah makan belum? Hehe
kok keliatanya lemat gitu?
|
|
|
|
Konseli
|
Sudah mas
|
Terdiam dan menganggukkan kepala
|
|
|
Konselor
|
Baru dari mana nih de?
|
|
|
|
Konseli
|
Saya dari kelas aja mas.. baru
selesai pelajaran
|
|
|
|
Konselor
|
Kamu kelas VII ya?
|
|
|
|
Konseli
|
Iya pak
|
Klien mulai menunjukan tanda-tanda dari raut wajahnya
|
|
|
Konselor
|
VII A 1 ya?
|
|
|
|
Konseli
|
Iya pak
|
Menunjukkan wajah murung
|
|
|
Konselor
|
Kenapa kamu murung seperti itu?
|
|
|
|
Konseli
|
Aah.. tidak kok pak
|
|
|
|
Konselor
|
Tidak kok muka kamu merah begitu
|
|
Reinforcment
|
|
Konseli
|
Tidak kok pak
|
|
|
|
Konselor
|
ya.. ya.. ya
lalu bagaiman dengan pelajaran anda
saat ini?
|
|
Konfrontasi
|
|
Konseli
|
Ya begitulah pak
|
Kembali menunjukkan wajah melasnya
|
|
|
Konselor
|
Maksud kamu? Bisa tolong di jelaskan?
|
Mengarahkan permasalahan
|
Konfrontasi
|
|
Konseli
|
Iya pak. Saya merasa masih belum bisa
belajar matematika dan nilai matematika saya pasti jeblok terus pak
|
Mulai membuka permasalahannya
|
|
|
Konselor
|
Oh begitu ya
|
|
|
|
Konseli
|
Iya pak. Saya tidak bersemangat dalam
mengikuti pelajaran itu pak
|
|
|
|
Konselor
|
Kenapa bisa seperti itu?
|
|
Limited Quetioning
|
|
Konseli
|
Karena saya tidak menyukai gurunya
pak dan gak tau kenapa saya juga gak suka pelajaranya. Mungkin gara-gara
nilai saya jeblok terus pak.
|
|
|
|
Konselor
|
Oh terus apa lagi?
|
|
Reflection
|
|
Konseli
|
Ya pokoknya gitu deh pak. Saya sudah
berusaha buat belajar- beljar terus pak, tapi tetep aja nilai saya jelek pak
|
Klien mengutarakan dengan nada lemas
|
|
|
Konselor
|
Emm.. Jadi begitu ya. Intinya nilai
matematika kamu tetap jeblok walaupun anda belajar gitu?
|
|
Understanding
|
|
Konseli
|
............
|
Terdiam sambil mencoba memahami keadaan
|
|
|
Konselor
|
Kalau boleh tau gimana cara belajar
kamu?
|
|
Respect
|
|
Konseli
|
Saya biasanya belajar sambil nonton
tivi pak
|
|
|
|
Konselor
|
Loh kok gitu?
|
|
Limited quetioning
|
|
Konseli
|
Saya kalo belajar tanpa nonton
televisi cepet ngantuk pak
|
|
|
|
Konselor
|
Mungkin saja cara belajar kamu yang
seperti itu membuat nilai mtk kamu jelek.
|
|
|
|
Konseli
|
Gak kok pak, buktinya mata pelajaran
yang lain juga nilainya tetep bagus pak
|
|
|
|
Konselor
|
Kalau menurut bapak si itu cara
belajar yang kurang baik. Meskipun nilai-nilai mata pelajaran yang lain
terhitung baik. Kalau bisa, Khusus pelajaran mtk kamu belajar dengan
sungguh-sungguh. Artinya, kamu belajar tidak sambil nonton tivi, tetapi fokus
dan kalau bisa belajar bersama teman yang lebih pintar atau dengan guru
privat itu lebih baik
|
|
|
|
Konseli
|
Oh gitu ya pak. Saya dulu pas SD udah
pernah les privat sih pak dan hasilnya bagus,tapi kayaknya teman-taman saya
gak mau belajar dengan saya pak
|
|
|
|
Konselor
|
Lho kenapa?
|
|
|
|
Konseli
|
Gak tau kenapa pak,mungkin karena
saya tolol dalam pelajaran matematika pak
|
|
|
|
Konselor
|
Bukan begitu ..kamu belum ngomong
langsung ke teman kamu ?Coba deh ngomong dengan bahasa yang baik kalau kamu
ingin belajar bareng gitu.Aku yakin teman kamu mau juga
|
Menganggukkan kepala
|
|
|
Konseli
|
Iya mas..
|
|
|
|
Konselor
|
Aku yakin kamu pasti bisa kok.Yang
penting berusaha gigih dan jangan putus asa
|
|
Memberiakn dorongan
|
|
Konseli
|
Iya mas..
|
|
|
|
Konselor
|
Ini bagian yang paling penting .Kamu
sebaiknya belajar menyukai guru dan pelajarannya dulu .Karena itu adalah
modal yang paling utama
|
|
|
|
Konseli
|
Oh gitu ya mas
|
Diam dan termenung
|
|
|
Konselor
|
Saya merasa kamu sudah mengerti yang
saya bicarakan
|
|
|
|
Konseli
|
Sudah mas..Aku akan mencoba belajar
lebih giat lagi bersam teman-temanku dan aku akan mencoba suka dengan guru
dan mapelnya
|
Menunjukkan tanda-tanda optimis
|
|
|
Konselor
|
Oh ya bagaiman hubungan kamu dengan
teman-temanmu?
|
|
Menutup percakapan
|
|
Konseli
|
Alhamdulillah baik pak,,,
|
|
|
|
Konselor
|
Apakah ada yang ingin kamu ungkapkan lagi?
|
|
|
|
Konseli
|
Tidak mas,terima kasih ya mas atas sarannya
|
Menngelengkan kepala
|
|
|
Konselor
|
Aku juga terima kasih karena kamu sudah mau curhat sama aku
|
|
|
|
Konseli
|
….................
|
Terdiam dan menanganggukkan kepala
|
|
|
Konselor
|
Masih aad pelajaran lagi?
|
|
|
|
Konseli
|
Oh iya mas,makasih ya mas sudah ngingetin....
|
|
|
|
Konselor
|
….........
|
Terdiam dan tersenyum
|
|
|
Konseli
|
Aku permisi dulu mas...
|
Bergegas untuk bangkit dar tempat duduk
|
|
|
Konselor
|
Oh ya...Mari dek...Tapi ,kalau nantinya kamu memerlukan mas lagi
jangan sungkan-sungkan ya....
|
|
|
|
Konseli
|
Permisi mas ,Assalamu'alaikum....
|
Mengulurkan tangan
|
|
|
Konselor
|
Wa'alaikum salam, hati-hati ya de semoga berhasil
|
Menyambut tangan klien
|
|
Yogyakarta, September 2011
Praktikan Konseli Guru
Pamong
Aji
ilham fahrurrozi Nurachmad
Dwi Febrianto Eko
Perianto, S.pd
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar Anda