SATLAN BK (10 Kiat Mengtatasi Sukses)

                 SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


  1.  
TOPIK BAHASAN
:
10 Kiat Mengatasi Masalah


  1.  
BIDANG
:
Bimbingan Pribadi


  1.  
JENIS LAYANAN
:
Informasi


  1.  
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman


  1.  
TUJUAN LAYANAN
:
Dengan pemberian layanan ini diharapkan siswa memahami 10 kiat mengatasi masalah


  1.  
SASARAN LAYANAN
:
Siswa kelas VII D


  1.  
URAIAN KEGIATAN
:



1.   STRATEGI LAYANAN
:
Klasikal


2.   METODE
:
Ceramah dan Tanya jawab


3.   MATERI LAYANAN
:
Terlampir


  1.  
TEMPAT LAYANAN
:
Ruang kelas


  1.  
ALOKASI WAKTU
:
1x 40 menit


  1.  
PELAKSANA
:
Praktikan


  1.  
PIHAK YANG BERPERAN SERTA

:

Guru pembimbing


  1.  
ALAT DAN PERLENGKAPAN

:

Whiteboard & sepidol

M.     
RENCANA PENILAIAN

  :
1.     Partisipasi siswa
2.   Keterlaksanaan program
3.   Pemahaman

  1.  
RENCANA TINDAK LANJUT
:
Mengadakan konseling individu bagi siswa- yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

O.        CATATAN KHUSUS                       :

                                                                                                Yogyakarta, 1 Mei 2009
Mengetahui,
Koordinator BK                                                                       Praktikan


Drs. Johan Mulyono                                         


NO PROBLEM
10 Kiat Mengatasi Masalah
“Setiap orang punya masalah, tapi reaksi orang terhadap masalah berbeda-beda. Ada orang yang melarikan diri dari masalah, tapi ada yang berani menantangnya. Ada yang frustasi, tapi ada yang malah berprestasi. Ada yang menganggap masalah batu sandungan, tapi ada yang menganggapnya sebagai batu loncatan. Jika anda ingin mengatasi masalah dan berani menghadapinya serta keluar sebagai pemenang, berikut tips-nya”.
v Hadapilah setiap masalah yang datang dengan penuh keberanian. Hindari kebiasaan melarikan diri dari masalah karena itu hanya mendidik anda menjadi penakut dan pengecut. Ingatlah bahwa masalah adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Hanya orang yang sudah beristirahat di balik batu nisanlah yang terbebas dari masalah kehidupan.
v Bersikaplah tenang ketika menghadapi masalah, jangan panik, emosional dan hilang kendali. Percayalah bahwa Tuhan sudah melengkapi anda dengan kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan. Sebesar apapun masalah yang datang, pasti tidak akan melebihi kemampuan anda. Ingatlah selalu bahwa dalam ketenangan terletak kekuatan anda.
v Percayalah bahwa untuk setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Tanamkan kepercayaan yang positif ini dalam-dalam, sehingga anda tidak diliputi keraguan dan kebimbingan. Sikap ini tidak membuat masalah menjadi hilang, namun bisa membuat anda lebih efektif dalam menghadapi dan menyelesaikannya.
v Lihatlah masalah secara proporsional. Jangan biarkan pikiran negative membuat masalah tampak lebih besar dan menakutkan. Anggap saja masalah itu seperti sebuah gunung yang akan anda takhlikan. Anda tidak perlu gentar pada kebesaran dan ketinggiannya. Anda melihatnya sebagai suatu obyek yang bias anda takhlukan meskipun harus melewati banyak rintangan.
v Kumpulkan sebanyak mungkin informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah anda.
v Ketika menghadapi jalan buntu dan anda merasa tidak bisa menyelesaikannya sendiri, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain. Temuilah orang yang benar-benar tepat. Mungkin anda perlu orang lain yang mau mendengarkan keluhan anda, berbagi pengalaman atau yang dapat menunjukan jalan keluar. Bila diperlukan anda bisa berkonsultasi dengan guru BK.
v Sementara masalah anda masih dalam proses menuju penyelesaian, bersabarlah. Banyak masalah yang perlu waktu cukup panjanguntuk penyelesaiannya, banyak luka hati yang perlu waktu cukup lama untuk pemulihannya. Namun anda tidak punya pilihan lain kecuali bersabar. Ingatlah bahwa kesabaran itu pahit, namun manis buahnya.
v Perhatikan diri anda. Jangan terlalu hanyut dalam masalah sehingga diri anda terabaikan. Peliharalah diri anda dan lakukanlah aktifitas yang menyenangkan. Apapun yang anda hadapi “Live still goes on” kehidupan masih berjalan terus. Dengan kondisi yang baik, anda akan lebih kuat dalam menuntaskan masalah.
v Ambillah hikmah dari setiap masalah yang anda hadapi. Meski berwajah buruk, masalah biasanya menagandung hikmah terselubung. Jangan biarkan masalah atau krisis berlalu tanpa ada pelajaran berharga yang anda petik. Banyak orang telah membuktikan bagaimanan masalah yang mereka alami telah mengubah hidup mereka menjadi lebih baik, lebih bijak dan lebih berhasil.

v Bila anda mempercayai Tuhan sebagai sumber pertolongan, ungkapkanlah masalah anda kepada-Nya sambil meminta kekuatan dan petunjuk-Nya. Seorang yang bijak pernah menulis do’a yang sangat terkenal : “Tuhan, berilah aku keberanian untuk mengubah apa yang bisa diubah. Berilah aku ketabahan untuk menerima apa yang tidak bisa diubah. Dan berilah kebijakan untuk membedakan keduanya”.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA