Skip to main content

Bim. Klasikal Cara Mengatur Waktu dengan Baik

RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING
BIMBINGAN KLASIKAL
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA


Sekolah                                               : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Semester                                              : Gasal
Tahun Ajaran                                       : 2011/2012
  1. Topik Pembahasan                              : Kunci Kesabaran Dalam Kesuksesan Hidup           
  2. Bidang Bimbingan                              : Bimbingan Belajar
  3. Jenis Layanan                                      : Informasi
  4. Fungsi Layanan                                   : Pemahaman
  5. Tujuan Layanan                                                          : Peserta didik memahami  tentang kunci kesabaran                                                                                      dalam kesuksesan hidup
6.      Kompetensi Dasar                                                      : Peserta didik  dapat memahami  tentang kunci                                                                                               kesabaran dalam hidup dan dapat menerapkanya                                                                                          dalam kehidupan sehari-hari
7.      Materi                                      : Terlampir 
  1. Sasaran Layanan                                 : VII
  2. Waktu                                                  : 40 menit
  3. Metode                                                : Ceramah
  4. Tempat Kegiatan                                 : Ruang kelas
  5. Waktu Pelaksanaan                             : Menyesuaikan
  6. Pelaksana  Layanan                             : Aji ilham fahrurrozi
  7. Media/Instrumen                                 : Laptop, LCD, dan Power Point
  8. Rencana Penilaian                                                                              : 1. Laiseg
Menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang disampaikan.
                                                                                                                   2. Laijapen
Mengamati perubahan yang dialami oleh peserta didik  baik secara langsung maupun melalui wali kelas
  1. Rencana Tindak Lanjut                       : Konseling individual
  2. DESKRIPSI PROSES                       :
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pendahuluan
Membuka kegiatan layanan mengucapkan salam dan berdoa serta mencairkan situasi  kondisi kelas, apersepsi.  memberikan sebuah permainan psikologi dan mencocokan jawaban sesuai dengan permainan tersebut.

10 menit
Kegiatan inti
1.                 Menjelaskan materi tentang Kunci kesabaran dalam kesuksesan hidup seperti halnya : Pengertian Kesabaran, hubungan kesabaran dengan kesuksesan, kiat menjadi orang sukses dengan modal sabar.
2.                 Peserta didik  bersama praktikan mengadakan Tanya jawab dari materi yang telah dibahas

20 menit
Penutup
  1. Praktikan menyimpulkan materi yang telah disampaikan, jika ada peserta didik  yang kurang jelas dapat bertanya.
  2. Peraktikan menutup kegiatan layanan.


10 menit









Menyetujui,                                                                                             Yogyakarta,    Agustus 2011
Guru Pamong                                                                                                        Praktikan
                                                                                                                                   
Eko Periyanto                                                                                               Aji Ilham Fahrurrozi
LAMPIRAN MATERI

KUNCI KESABARAN DALAM KESUKSESAN HIDUP

Kesabaran adalah kata yang indah dan mudah diucapkan, tapi ternyata tidak banyak orang yang mampu melakukannya. Dan derajat kesabaran inilah sesungguhnya yang membedakan hidup orang sukses dengan orang gagal dalam aktivitas hidupnya. Termasuk di dalamnya berlaku juga pada dunia kerja di mana pun. Terkait dengan ini, orang bijak pernah berkata “Orang sukses adalah orang yang terus mencoba, meskipun telah mengalami banyak kegagalan”. Ia memandang kehidupan sebagai peluang untuk mencapai kesuksesan.

Dengan kata lain, di dunia ini tidak ada sesuatu kesuksesan apa pun yang tidak dapat diraih oleh orang-orang yang mampu mempersiapkan dirinya secara baik untuk mendapatkannya dengan penuh kesabaran. Hal ini dapat kita buktikan dari kisah-kisah atau perjalanan hidup orang sukses. Di sini, dapat dipastikan kita akan menemukan nilai-nilai kesabaran di dalamnya.

Langkah selanjutnya, setelah jiwa sabar itu bersemayam dalam diri dan perilaku, maka langkah sukses itu harus didukung pula dengan apa yang sebenarnya mesti mereka ketahui dan lakukan untuk menjadi sukses. Dalam suatu sumber disebutkan, ada tujuh hal yang dilakukan dalam meraih sukses.

* Mau mengambil risiko. Orang sukses berupaya untuk mencapai target, melakukan penghematan, membangun relasi dengan banyak orang, dan gesit mencoba sesuatu yang baru guna mengikuti perkembangan zaman. David C. McClelland, seorang guru besar yang mendalami perjalanan orang-orang sukses serta telah melakukan perjalanan ke banyak negara dan melatih pengusaha kecil, menyatakan cara menjadi pengusaha kecil sukses adalah dengan menjadi pengambil risiko moderat; yang mau terus mengambil risiko untuk meraih sukses.

* Percaya diri dan merasakan bahwa dirinya berbuat sesuatu untuk dunia. Orang sukses memandang sebuah dunia yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya. Mereka tetap bekerja sesuai keterampilan mereka, sambil tetap menyadari bahwa keterampilan inti memberi nilai kepada keterampilan lainnya. Mereka juga sadar, karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka.

* Menikmati apa yang sedang mereka lakukan. Orang sukses mampu melihat pekerjaan sebagai kesenangan; mereka memilih bekerja di mana mereka dapat unggul. Orang sukses menyukai tantangan; mereka menikmati pencapaian puncak permainan mereka, apakah di pekerjaan, dll.

* Menjadi pelajar seumur hidup. Orang sukses menyadari, pendidikan tak pernah berakhir tapi dimulai di setiap tingkatan kehidupan dan terus berlanjut hingga akhir kehidupan. Pendidikan tidak terbatas di ruang kelas; artinya mencoba ide baru, membaca buku, surat kabar, majalah, dan menggunakan Internet merupakan bentuk pendidikan pula. Karena itu, tetaplah mengalir sesuai perubahan ketertarikan dan kemampuan Anda, dan nikmati perubahan. Ini akan membantu Anda tumbuh dan merasakan lebih percaya diri.

* Berpandangan positif terhadap apa yang dapat dikerjakan. Orang sukses percaya gelas itu setengah penuh dan bukan setengah kosong. Mereka menanamkan semangat pada diri sendiri dan dapat membayangkan diri bagaimana mereka berhasil menyelesaikan suatu tugas sulit atau mencapai penghargaan tertinggi. Orang sukses berbuat bagaikan pelatih bagi orang lain, dengan menyuguhkan pesan-pesan positif dalam kehidupan sehari-hari. Mereka senang melihat orang lain membuat tonggak sejarah dalam kehidupan mereka.

* Memotivasi diri sendiri. Orang sukses mempunyai banyak cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga dapat terus berkarya lebih baik dari yang lain. Ada yang dengan cara melakukan beberapa pekerjaan setiap hari pada bidang berbeda. Seorang pria setengah baya memotivasi dirinya sendiri dengan mencoba mendapatkan lebih banyak uang daripada kakaknya. Seorang wanita berusia 29 tahun menjadi perawat top untuk menunjukkan kepada bekas gurunya bahwa dia memiliki keterampilan dan kecerdasan memadai untuk mencapai profesi itu.

* Tidak bekerja setengah-setengah. Orang sukses menyelesaikan tugas tidak dengan setengah-setengah. Mereka menggunakan cara kreatif dalam meraih sukses. Meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama, mereka akhirnya melampaui garis finis. Mereka manfaatkan waktu dengan baik dalam mensinergikan kemampuan fisik dan mental untuk mencapai sukses.

Akhirnya, sesungguhnya setiap orang berpeluang untuk sukses dalam bidangnya masing-masing, termasuk kita yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan atau sukses dalam usaha.




























EVALUASI

  1. Apa kesimpulan materi di atas?
  2. Apa pengertian sabar menurut peserta didik?
  3. Apakah ada hubunganya antara kesabaran dengan kesuksesan?























EVALUASI
  1. Apa kesimpulan darimateri di atas ?
  2. Bagaimana cara mengatur waktu dengan baik ?
  3. Apakah anda sudah mengatur waktu dengan baik ?













Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

CILACAP BERCAHAYA Cilacap bercahaya, sesanti kita semua. Pembangkit semangat juang, bangun daerah kita. Bersih dan elok, rapi, ceria dan hijau, serta aman dan jaya. Pasti berkilau. Landasan pancasila,.membangun etos kerja. Berisi nur Illahi, disanubari Bangun terus daerah kita, menuju sejahtera. Untuk seluruh rakyat cilacap tercinta

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

TEMA KEARIFAN LOKAL TOPIK PERMAINAN TRADISIONAL           Kearifan lokal merupakan suatu bentuk kearifan lingkungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat berupa tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan tempat atau daerah hidupnya. Sebagai salah satu bentuk perilaku manusia, kearifan lokal bukanlah suatu hal yang statis, melainkan berubah sejalan dengan waktu atau dinamis, tergantung dari tatanan dan ikatan sosial budaya yang ada di masyarakat.           Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah 34 provinsi yang kaya dengan keberagaman budaya seperti kesenian, rumah adat, senjata perang, pakaian tradisional, hingga permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki kaitan erat dengan masyarakat. Permainan tradisional juga memiliki kandungan filosofi dan nilai-nilai sejarah tertentu tergantung masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Beragam c...