Skip to main content

SOAL MULTIPLE INTELLIGENCE INVENTORY

Lampiran : Soal Multiple Intelligence Inventory


MULTIPLE INTELLIGENCE INVENTORY

Dalam inventory ini ada 80 soal, setiap soal disediakan 5 kemungkinan jawaban. Pilihlah satu jawaban yang sesuai dengan diri anda yang sebenarnya, bukan yang seharusnya.
Pilihan jawaban yang disediakan adalah :
        STM    =   Sangat Tidak Menggambarkan Diri Saya
        SM       =   Sedikit Menggambarkan Diri Saya
        AM      =   Agak Menggambarkan Diri Saya
        M         =   Menggambarkan Diri Saya
        BM      =   Banyak Menggambarkan Diri Saya
Jawaban anda dinyatakan dengan menyilang ( X ) salah satu jawaban yang disediakan pada kertas lembar jawaban yang disediakan
SOAL
1
Buku sangat penting bagi saya
2
Saya dengan mudah menghitung angka di luar kepala (mencongak)
3
Saya sering melihat kesan gambar yang jelas ketika menutup mata
4
Saya terlibat paling sedikit satu kegiatan olahraga secara teratur
5
Saya menyukai berbagai jenis binatang
6
Suara saya bagus ketika menyanyi
7
Saya adalah tipe orang yang banyak dimintai nasehat baik di sekolah / tempat kerja maupun di tetangga saya
8
Saya secara teratur menghabiskan waktu untuk bermeditasi berefleksi atau berpikir tentang masalah-masalah kehidupan
9
Saya bisa mendengar kata-kata sebelum membaca membicarakan atau menuliskan kata-kata itu
10
Mata pelajaran kesukaan saya adalah matematika dan IPA
11
Saya sangat peka terhadap warna
12
Sulit bagi saya untuk duduk-duduk tanpa melakukan apa-apa selama berjam-jam
13
Saya suka mengatur dan meluruskan segala sesuatunya
14
Saya bisa merasakan apakah not-not musik itu laras atau tidak
15
Saya lebih suka ikut kelompok olah raga seperti badminton, volley atau soft ball daripada melakukan olahraga sendirian seperti renang atau lari
16
Saya telah mendatangi bagian bimbingan atau seminar tentang pertumbuhan kepribadian untuk mempelajari secara lebih banyak tentang diri saya
17
Saya mendapatkan lebih banyak masukan dari mendengar radio atau kaset ceramah daripada dari televisi atau film
18
Saya menyukai permainan atau memecahkan teka-teki yang memerlukan pemikiran logika
19
Saya sering memakai kamera atau 'recorder' untuk merekam apa yang saya lihat di sekitar saya
20
Saya menyukai pekerjaan tangan dan kegiatan nyata seperti menjahit, menganyam, mengukir, pertukangan kayu atau memmbangun model
21
Saya menyukai alam dan berada di luar gedung
22
Saya memainkan alat-alat music
23
Ketika saya punya masalah ada kecenderungan besar bagi saya untuk mencari bantuan dari orang lain daripada berusaha memecahkannya sendiri
24
Saya mampu menanggapi suatu hubungan secara luwes
25
Saya menyukai permainan seperti sceble, anagrams atau teka-teki
26
Saya suka mengadakan perubahan untuk menjawab pertanyaan "Apa yang terjadi bila (contohnya: apa yang terjadi bila saya menambahkan air dua kali pada pot bunga mawar tiap minggu)?
27
Saya menyukai jigsaw puzzle, mazes (sarang laba-laba) lain yang bisa dilihat
28
Ide terbaik saya muncul ketika saya keluar berjalan-jalan jarak jauh atau berlari-lari, atau ketika saya melakukan berbagai jenis kegiatan fisik lainnya
29
Saya suka memancing, berburu, berkebun, menanam tumbuhan atau memasak
30
Saya dapat memainkan alat musik
31
Saya setidaknya memiliki tiga orang atau lebih teman akrab
32
Saya mempunyai hobi atau minat khusus yang saya pegang teguh untuk kepentingan saya sendiri
33
Saya suka menghibur diri sendiri atau orang lain dengan cara memainkan kata atau bunyi-bunyian yang enak didengar atau kata plesetan
34
Pikiran saya mencari pola-pola, keterangan atau urutan logika dari segala sesuatunya
35
Saya bermimpi-mimpi yang indah di malam hari
36
Saya suka menghabiskan waktu senggang saya di luar rumah
37
Saya suka mengkoleksi barang-barang seperti batu-batuan, rumah kerang, serangga atau kupu-kupu, perangko, kartu telephon atau perhiasan
38
Saya merasa kehidupan saya akan lebih miskin bila tidak ada musik
39
Saya lebih suka permainan yang melibatkan banyak orang seperti monopoli atau bridge daripada permainan sendirian seperti video games dan solitaire
40
Saya memiliki tujuan yang penting dalam kehidupan saya yang saya pikirkan secara teratur
41
Orang lain kadang harus menghentikan dan meminta saya untuk menjelaskan arti dari kata yang saya gunakan untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis
42
Saya tertarik dengan perkembangan ilmu-ilmu baru
43
Saya biasanya tahu jalan dan tidak tersesat di daerah yang masih asing bagi saya
44
Saya bisaanya menggunakan bahasa tubuh dengan tangan atau organ tubuh lainnya ketika saya bicara dengan seseorang
45
Lemari, laci dan meja belajar / kerja saya bisaanya rapi dan bersih
46
Lagu-lagu di TV atau yang lain kadang terlintas dalam benak saya ketika saya berjalan-jalan
47
Saya menyukai tantangan untuk mengajari orang lain atau kelompok orang tentang bagaimana cara sesuatu yang saya ketahui
48
Saya mempunyai pandangan yang relistik tentang kekuatan dan kelemahan (asumsi/pandangan) dari masukan seseorang atau sumber lain
49
Bahasa Indonesia, IPS dan Sejarah bagi saya adalah mata pelajaran yang lebih mudah daripada Matematika dan IPA di sekolah saya
50
Saya percaya bahwa segala sesuatu bisa dijelaskan secara rasional/nalar
51
Saya suka menggambar dan corat-coret
52
Saya perlu menyentuh sesuatu untuk mempelajarinya secara lebih mendalam
53
Saya secara teratur mengecek laporan cuaca tentang perubahan kondisi
54
Saya bisa mengatur tempo musik dengan alat perkusi sederhana seperti drum atau tamborin
55
Saya menganggap diri saya sebagai pemimpin/ketua (orang lain juga berpikir demikian)
56
Saya lebih suka menghabiskan akhir pekan saya sendirian di rumah daripada tempat yang megah dan banyak orang di sekitarnya
57
Ketika saya naik kendaraan di jalan bebas hambatan (toll) saya lebih memperhatikan kata-kata yang tertulis di rambu-rambu jalan daripada melihat pemandangan
58
Saya kadang-kadang berpikir dalam konsep yang jelas, abstrak, tak bisa digambarkan dengan kata-kata
59
Geometri (matematika sinus/tangen) lebih mudah daripada aljabar di sekolah
60
Saya suka hiburan kebut-kebutan atau pengalaman fisik yang mendebarkan hati
61
Saya selalu senang memilah-milah dan mengklasifikasikan objek ke dalam kelompok yang mempunyai ciri yang sama
62
Saya tahu banyak nada-nada lagu atau musik yang berbeda-beda
63
Saya merasa nyaman ditengah-tengah khalayak ramai
64
Saya menganggap diri saya berkemauan keras dan berpikiran bebas
65
Bahan pembicaraan saya sering berkaitan dengan apa yang telah saya dengar atau baca
66
Saya menemukan kesalahan logis dalam beberapa hal yang dibicarakan orang di rumah, tempat kerja atau di sekolah
67
Saya bisa membayangkan dengan baik tentang bagaimana bentuk dari sesuatu juka di lihat secara langsung dari atas melalui kaca mata burung
68
Saya menganggap diri saya sebagai orang yang terkoordinasi dengan baik
69
Saya ingin tahu "Bagaimana cara kerja segala sesuatu"
70
Jika saya mendengar nada-nada musik sekali atau dua kali, biasanya saya bisa menyanyikan atau menyenandungkan dengan persis lagu itu
71
Saya suka terlibat dalam kegiatan sosial yang berkaitan dengan pekerjaan, sekolahan, lembaga agama atau masyarakat saya
72
Saya suka membuuat catatan harian atau jurnal untuk merekam kejadian atau pergumulan hidup dalam diri saya
73
Saya telah menulis sesuatu yang secara khusus saya banggakan dan yang diakui oleh orang lain
74
Saya merasa lebih nyaman jika sesuatu sudah terukur, terkategori, teranalisis atau terjumlah sedemikian rupa
75
Saya lebih suka melihat bahan bacaan yang ada gambarnya yang jelas
76
Saya perlu mempraktikkan keterampilan baru daripada membaca tentangnya atau melihat video yang menggambarkannya
77
Kelas kesenangan saya di sekolah adalah kelas yang ada hubungannya dengan praktik di laboratorium daripada sastra atau IPS
78
Saya sering membuat musik dengan mengetuk-ngetuk sesuatu atau bernyanyi ketika saya bekerja, belajar atau mempelajari sesuatu yang baru
79
Saya lebih suka menghabiskan malam-malam saya di tempat yang ramai (seperti: pesta yang meriah) daripada sendirian di rumah
80
Saya adalah bos untuk diri saya sendiri dan saya memikirkan dengan keras untuk memulai usaha atau bisnis sendiri
STOP DI SINI, OKEY,  TANKS

Comments

  1. Halo Mas Aji... sy sedang mengerjakan tugas akhir inventori kecerdasan majemuk juga... klo mas berkenan bolehkah saya melihat file penelitian mas yg lengkap... sy msh kekurangan referensi.... smg berkenan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

CILACAP BERCAHAYA Cilacap bercahaya, sesanti kita semua. Pembangkit semangat juang, bangun daerah kita. Bersih dan elok, rapi, ceria dan hijau, serta aman dan jaya. Pasti berkilau. Landasan pancasila,.membangun etos kerja. Berisi nur Illahi, disanubari Bangun terus daerah kita, menuju sejahtera. Untuk seluruh rakyat cilacap tercinta

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

TEMA KEARIFAN LOKAL TOPIK PERMAINAN TRADISIONAL           Kearifan lokal merupakan suatu bentuk kearifan lingkungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat berupa tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan tempat atau daerah hidupnya. Sebagai salah satu bentuk perilaku manusia, kearifan lokal bukanlah suatu hal yang statis, melainkan berubah sejalan dengan waktu atau dinamis, tergantung dari tatanan dan ikatan sosial budaya yang ada di masyarakat.           Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah 34 provinsi yang kaya dengan keberagaman budaya seperti kesenian, rumah adat, senjata perang, pakaian tradisional, hingga permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki kaitan erat dengan masyarakat. Permainan tradisional juga memiliki kandungan filosofi dan nilai-nilai sejarah tertentu tergantung masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Beragam c...