6 HAL YANG DISEBABKAN OLEH SKRIPSI



Skripsi biasa mahasiswa akhir nyebutnya sebagai suatu momok yang menakutkan dan kekerenan tersendiri kepada mereka yang belum menjalaninya. Setiap mahasiswa pasti nantinya akan menemukan yang namanya skripsi (kalo kelar kuliahnya hehe). Sebenernya skripsi tak seseram yang kita bayangkan. Jika memang sudah diniati pasti selesai juga (tapi harus rajin juga). Kesulitan awal yang sering dijumpai adalah pada awal penulisan sebuah skripsi. Baik tentang pilihan skripsi yang diambil ataupun judul yang akan diteliti. Penentuan tema sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah tergantung dari sensitivitas kita dalam menemukan masalah yang ada disekitar kehidupan kita.

Penyakit yang bisa timbul karena skripsi yaitu:
1. Pusing / Sakit Kepala disertai demam
Ini merupakan penyakit yang lumrah dan ringan. Penyakit ini biasanya timbul oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu pusing karena terlalu banyak materi atau sama sekali tidak bisa nemu materi yang pas dan disetujui dosen pembimbing. Dosen pembimbing yang unmood kadang juga mempengaruhi kinerja kepala kita, Bayangin aja udah capek buat revisi eh dosennya malah kabur gak tau kemana. Berdasarkan pengalaman saya ya sob, dulu dosen pembimbing saya ilang-ilangan, di sms gak bales, telpon juga gak diangkat, gue di phpin sob. Eh pas udah ketemu mau bimbingan malah si doi gak bisa katany ada kepentingan. Nah kalo di gituin terus kan ya kesel sendiri kan lama-lama mikir juga ujungnya pusing deh.

2. Mag
Ngegarap skripsi ternyata gak semudah kita ngegarap status di pesbuk yang gampang banget ya sob, Kadang kita garapnya sampai lupa waktu dibela-belain begadang sampai malem, dibela-belain nongkrong sambil bawa leptop yang niatnya ngrevisi dan dibela-belain uang jatah bulanan ludes buat ngeprin dan beli buku, alhasil jatah makan kita berkurang dan kadang2 sampe lupa makan. 

3. Tipes
Berdasarkan pengalaman gue skripsi sob, gue amatin kebanyakan temen-temen gue mesti jatuh sakit, minim tiduran dikosan gak bisa ngapa2in udah dan yang paling parah sampe masuh RS sob kaya gue. Waktu itu karena DB padahal lagi gak musim DB eh gue kena sendiri. Waktu itu gue udah masuk bab 4 dan lagi independen 4 mata kuliah yang totalnya 7sks sob. dan itu gak murah. Gue takutnya kaprodi gue lupa gue udah independen apa aja gitu. Satu minggu berlalu di RS gue udah mulai berangsur sembuh dan setelah 2 hari dirumah, gue berangkat lagi ke kampus terus nyamperin kaprodi. Eh bener doi lupa gue udah independen 4 makul yang harusnya udah diselesein 1mgg kemaren. Terus gue coba rayu ahirnya mau juga dia. Pas ngadepin dosbing gue kan bab 4 sob eh doi juga lupa lagi dikira gue belom seminar ahirnya 3 pertemuan gue mundur lagi ke bab 1. Setelah itu gue jelasin kalo gue udah seminar dan kemudian ngelanjutin bab4 gue

4. Ngantuk
Nah ini ni, penyakitnya anak skripsi yang kerjaanya cuma revisi sampe malem abis itu kudu berangkat pagi ke kampus. Walopun mata masih sayu tapi tenang aja masih ada kopi dikantin sembari nunggu dosen dan klepas-klepus asep rokok jarum yang nikmat hehe. 

5. Stress
Jangan dianggap remeh sob, ini beneran real nyata ada banyak mahasiswa yang stress karena berbagai faktor. Bisa dari dosbing yang susah di temui sampai materi/ judul skripsinya yang susah dan ditambah lagi mentalnya kurang dan kurang berdoa. Stress ini ada dua tipe, stress ringan dan berat. yang ringan paling obatnya nongkrong bareng atau nglakuin hal-hal yang disukai seperti pelesir ke pantai, main musik, dsb. Stress yang berat ini merupakan stress yang mengganggu saraf yang bisa mempengaruhi perilaku. Nah kalo udah seperti ini udah parah sob, makanya kalo sekripsi jangan lupa solat dan berdoa ya

6. Bunuh Diri
Penelitian terahir menyebutkan, sebanyak 80% mahasiswa stress mengerjakan skrisi dan 30% diantaranya bunuh diri. Faktor ini disebabkan mental individu yang lemah sehingga dia berpikir bahwa kalao mengahiri hidup itu juga menghilangkan stres dan menghilangkan skripsi juga. Padahal gak gitu sob. Bukan hanya yang putus cinta aja yang bunuh diri, putus skripsi pun juga bisa sob. Jadi ati2 ya kalo ngegarap skripsi harus tetep Sholat dan berdoa. 




Itulah sekelumit pengalam saya mengenai nge-garap skripsi 
jadi pesan saya bagi yang lagi garap skripsi hati2 dalam melangkah ya, tetap fokus, pantang menyerah dan jangan lupa beribadah dan berdoa kepadaNya, niscaya bakal dikasih petunjuk. amin

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

Lirik Lagu BANGGA MBANGUN DESA