Skip to main content

SATLAN BIMBINGAN KELOMPOK (Komunikasi)

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK

            Sekolah           : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
            Semester          : Gasal
            Tahun              : 2011/2012

A)    Topik Bahasanan                                           : Memahami Komunikasi Intepersonal yang baik
B)    Jenis Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar
C)    Jenis Layanan                                                : Bimbingan Kelompok
D)    Tugas Perkembangan                                :  Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman                                                                          sebaya dalam perananya sebagai pria dan                                                                                                       wanita
E)     Spesifikasi                                                     : Layanan Informasi
F)     Fungsi Layanan                                             : Pemahaman dan Pengembangan
G)    Standar Kompetensi                                      : Membantu siswa untuk mencapai tujuan dan tugas                 perkembangan pribadi sosial dalam mewujudkan                    pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab melalui                                                               komunikasi interpersonal yang efektif
H)    Indikator Pencapaian                                     : Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa                                                                                           dapat:
1.    Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari cara berkomunikasi yang baik
2.    Mensimulasikan contoh atau bentuk komunikasi interpersonal
3.    Dapat menciptakan dan menumbuhkan hubungan sosial yang baik
I)       Sasaran Layanan                                            : Siswa kelas VIIa6 & VIIa7
J)       Metode                                                          : Diskusi dan ceramah
K)    Uraian Kegiatan                                                                                                                            :

Tahap
Kegiatan
Estimasi Waktu
Pendahuluan
  • Mengucapkansalam, mengkondisikan kelas, memberikan motivasi dan mengadakan apersepsi (kepedulian terhadap siswa, menanyakan kabar siswa)
  • Penjelasan pengertian bimbingan kelompok dan menjelaskan topik bahasan
5 menit
 Kegiatan Inti
·         Siswa dibagi menjadi dua kelompok/peran
·         Siswa dengan arahan pembimbing melakukan permainan sesuai arahan pembimbing
·         Siswa bersama pembimbing mengambil pokok kajian dari permainan yang telah dilakukan
·         Siswa mendengarkan materi dari pembimbing yang berkaitan dengan permainan
30 Menit
Penutup
  • Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya
  • Bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan
  • Menutup kegiatan belajar mengajar
5 menit


L)     Waktu dan Tanggal                                                    : 1 ×30 menit
M)   Tempat Penyelenggaraan                                           : Ruang Bimbingan Kelompok
N)    Penyelenggaraan Layanan                                         : Aji Ilham Fahrurrozi
O)    Pihak yang diikutsertakan                                         : Guru Pembimbing
P)     Sumber                                                                       : Internet dan buku panduan Bimbingan dan konseling
Q)    Alat dan perlengkapan                                               : Pulpen, Spidol, dan kertas
R)    Rencana penelitian                                                     :



1.Penilaian proses : Antusias siswa terhadap materi                                                                                yang disampaikan
2.Penilaian hasil : Pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dan penerapanya
S)     Rencana Tindak Lanjut                                              : Layanan Bimbingan dan Konseling





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Yogyakarta,    September 2011
            Mengetahui                                                                                         Mahasiswa
          Guru Pamong

     
     Eko Perianto, S.Pd.                                                                         Aji Ilham Fahrurrozi


Materi Layanan

1.     Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah peristiwa sosial yang terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia yang lain. Manusia dalam kehidupannya sehari-hari akan senantiasa terlibat dalam komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal
2.     Komunikasi yang Baik dan Efektif
Komunikasi dibentuk dari adanya stimulus dan respon. Manusia belajar menjadi manusia melalui komunikasi. Manusia bukan saja dibentuk dari lingkungan tetapi oleh cara-caranya menerjemahkan pesan-pesan lingkungan yang diterimanya. Melalui komunikasi kita dapat menemukan diri kita, mengembangkan konsep diri dan membentuk hubungan sosial dengan dunia sekitar kita.
Bagaimana tanda-tanda komunikasi yang efekif? Komunikasi yang efektif menurut  Stewart Tubbs & Sylvia Moss dikriteriakan paling tidak menimbulkan lima hal yaitu:
·            Pengertian
·            Kesenangan
·            Pengaruh pada sikap
·            Hubungan yang makin baik
·            Tindakan
3.     Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal terjadi jika didalam proses komunikasi tersebut terlibat sekurang-kurangnya dua orang atau lebih, yang satu bertindak sebagai penyampai informasi dan yang satu sebagai penerima informasi. Komunikasi interpersonal yang baik akan berjalan lancar jika diantara kedua belah pihak terdapat keterkaitan emosional sebagai contoh:
”Seorang guru akan merasa tersinggung, jika ketika dia menerangkan materi pelajaran ada siswa yang tidak memperhatikannya karena mengobrol”. Dalam hal tsb di atas dapat kita simpulkan bahwa komunikasi dari contoh diatas tidak berlangsung dengan baik, karena salah satu pihak tidak mempunyai keterkaitan emosional dengan penyampai informasi.



Evaluasi

1.      Bagaimana cara anda berkomunikasi dengan teman?
2.      Bagaimana cara anda say halo dengan teman anda?

  
SUMBER :
·         Jalaluddin Rahmat, Psikologi Komunikasi
·         Petunjuk Pelaksanaan BK tahun 1994
·         Stewart Tubbs & Sylvia Moss, Body Language
·         Andreas04.WordPress.com
·         www.google.com


  
DAFTAR KELOMPOK

Pertanyaan untuk masing-masing kelompok  :
1. Tulis nama geng sesuai keinginan kalian? 
2. Apa yang kalian lakukan untuk memajukan geng kalian itu?
3. Apa yang kalian lakukan jika salah satu anggota dari geng kalian dianiaya geng lain?
4. Bagaimana jika ada anak yang ingin masuk ke geng kalian? Di seleksikah? 
5. Apa yang kalian lakukan jika dalam satu geng ada yang bercinta kemudian putus hubungan?

Kelompok 1
Anggota :
1. Fadhil Ahmad Amirulah
2. Muhammad Thariq
3. Triyono Puji Pangestu
Jawaban dari pertanyaan di atas :
1. Geng QZR
2. Berantem
3. Nggak terima
4. Tes/Seleksi
5. Di rembuk bersama

Kelompok 2
Anggota :
1. Aldo Fiotama
2. Muhammad Naufal Edrian
3. Yulian Cema Cesario
Jawaban :
1. Geng MZH
2. Berantem sama geng lain
3. Tawuran
4. Di test
5. Di rembuk bareng












Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT POPUP CARD PERMAINAN TRADISIONAL

Popup card adalah jenis kartu kreatif yang memiliki elemen atau gambar yang muncul secara tiga dimensi (3D) saat kartu dibuka. Biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, ucapan terima kasih, atau perayaan lainnya. Keunikan popup card terletak pada efek kejutan yang muncul saat kartu dibuka, membuatnya lebih menarik dibandingkan kartu biasa. Bahan yang Dibutuhkan : Setiap siswa membawa: Kertas karton atau kertas tebal 3 jenis warna bebas Gunting atau cutter. Lem atau perekat. Pensil, penghapus, penggaris Buatlah POPUP Card seperti video dibawah ini Kemudian pada setiap sisinya di beri gambar print Egrang Engklek Lompat karet Gobak sodor Bakiak Lompat bambu CATATAN ! SETIAP KELOMPOK MEMBUAT 4 MACAM POPUP CARD SEPERTI VIDEO DIATAS BOLEH MENCARI REFERENSI LAIN DI YOUTUBE  SATU ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT VIDEO PROSES PEMBUATAN POPUP CARD KEMUDIAN DI EDIT DAN DI POST DI TIKTOK MENGGUNAKAN HASHTAG #spenskes #p5kearifanlokal #p5permainantradisional

Lirik lagu Cilacap Bercahaya

CILACAP BERCAHAYA Cilacap bercahaya, sesanti kita semua. Pembangkit semangat juang, bangun daerah kita. Bersih dan elok, rapi, ceria dan hijau, serta aman dan jaya. Pasti berkilau. Landasan pancasila,.membangun etos kerja. Berisi nur Illahi, disanubari Bangun terus daerah kita, menuju sejahtera. Untuk seluruh rakyat cilacap tercinta

Sosialaisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

TEMA KEARIFAN LOKAL TOPIK PERMAINAN TRADISIONAL           Kearifan lokal merupakan suatu bentuk kearifan lingkungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat berupa tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan tempat atau daerah hidupnya. Sebagai salah satu bentuk perilaku manusia, kearifan lokal bukanlah suatu hal yang statis, melainkan berubah sejalan dengan waktu atau dinamis, tergantung dari tatanan dan ikatan sosial budaya yang ada di masyarakat.           Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah 34 provinsi yang kaya dengan keberagaman budaya seperti kesenian, rumah adat, senjata perang, pakaian tradisional, hingga permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki kaitan erat dengan masyarakat. Permainan tradisional juga memiliki kandungan filosofi dan nilai-nilai sejarah tertentu tergantung masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Beragam c...